Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Human Race, Lagu Kolaborasi Once Mekel dengan Dream Team Project Hadir dalam Bentuk NFT

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA
Penyanyi Once Mekel saat ditemui dalam jumpa pers di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).
|
Editor: Novianti Setuningsih

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Elfonda Mekel atau biasa dikenal Once Mekel belum lama ini merilis lagu yang berjudul “Human Race”.

Dalam lagu tersebut, Once berkolaborasi dengan Indra Putra, Edo Widiz atau DREAM Team Project serta musisi International Derek Sherinian, Ron 'Bumblefoot' Thal, Simon Phillips, Jeff Scott Soto, dan Billy Sheehan.

“Human Race” telah dirilis pada Januari 2022 lalu, yang mana lagu tersebut merupakan bentuk kampanye terhadap perubahan iklim.

Lagu ini dinyanyikan Once bersama Derek Sherinian, Ron 'Bumblefoot' Thal, Simon Phillips, Jeff Scott Soto, dan Billy Sheehan.

Baca juga: Once Mengaku Tidak Selera Nyanyi Lagu Separuh Nafas, Kenapa?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbaru, lagu ini bakal hadir dalam bentuk NFT (Non-fungible Token) yang bekerja sama dengan WiseArt, sebuah perusahaan yang berbasis NFT Green di Geneva, Swiss.

"Kami sangat bersyukur bahwa lagu 'Human Race’ telah hadir dalam bentuk NFT yang di dukung oleh WiseArt," kata Once dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Penyanyi berusia 51 tahun ini juga menyebut bahwa lewat teknologi itu, dalam waktu dekat DREAM Team Project akan merilis program baru lewat lagu “Human Race” yang bernama Music Collaboration Program.

Dalam program ini, pihaknya secara terbuka menerima kolaborasi musik dengan siapa saja baik penyanyi, pemain gitar, drum, bass bahkan alat musik tradisional dengan versi berbeda-beda.

"Caranya sangat mudah yaitu dengan membeli track dari lagu 'Human Race' melalui NFT. Nanti bisa berkreasi dengan menambahkan rekaman track baru, lalu kirim balik kepada kami," tutur Once lagi.

Baca juga: Once Mekel Berkolaborasi dengan Jeff Scott Soto dan Dino Jelusic dalam Human Race

Selain itu, DREAM Team Project tengah mempersiapkan track lagu terbaik dari album Intrinsik milik Once yang juga bakal dihadirkan dalam bentuk NFT.

Konsepnya nanti akan sama dengan "Human Race", yaitu Music Collaboration Program.

"Dengan kata lain kami berharap program ini dapat menjadi pionir terhadap peluang baru dalam hal kolaborasi musik dengan skala international termasuk distribusi musik secara worldwide," ucap Once lagi.

Sementara itu, pendapatan lagu "Human Race" juga akan digunakan untuk program Human Race Forest kerja sama dengan ForestNation untuk mencegah pemanasan global.

Baca juga: Once Mekel: Kok Musisi seperti Anak Tiri di Negeri Ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi