Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Diramal Sukses, 5 Film Ini Justru Gagal Tembus Box Office

Baca di App
Lihat Foto
Dokumentasi Disney
Brad Pitt mengambil peran utama sebagai Roy McBride dalam film Ad Astra.
|
Editor: Rintan Puspita Sari

KOMPAS.com- Nama besar sutradara, para aktor dan aktris terkadang tak bisa menjadi jaminan kesuksesan sebuah film

Steven Spielberg, Guillermo del Toro del Toro, Paul Thomas Anderson, Ridley Scott, dan Denis Villeneuve, semua pembuat film papan atas ini memiliki setidaknya satu kekecewaan box office.

Tapi jangan menilai film dari box office-nya saja. Berikut beberapa film hebat yang gagal di box office.

The Suicide Squad

Akankah Suicide Squad James Gunn akan menjadi blockbuster yang lebih besar jika bukan karena pandemi dan keputusan Warner Bros? Tidak ada yang tahu jawaban pastinya. 

Satu hal yang pasti, film ini mendapatkan pendapatan kotor lebih dari 55 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 786 miliar di Amerika Serikat dan 167 juta dollar Amerika atau Rp 2,3 triliun di seluruh dunia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghitungan akhir itu sangat rendah untuk buku komik, terutama yang membawa anggaran produksi 185 juta dollar Amerika atau Rp 2,6 triliun.

Ad Astra

Dibintangi Brad Pitt, Ad Astra nyaris mencapai titik impas di box office dengan pendapatan kotor 127 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 1,8 triliun di seluruh dunia dengan anggaran di bawah 100 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Baca juga: Sinopsis Film Ad Astra, Misi Brad Pitt ke Luar Angkasa untuk Selamatkan Peradaban Bumi

Tetapi film ini sebagian besar diabaikan di Amerika dengan pendapatan domestik 50 juta dollar Amerika atau Rp 714 miliar.

Jauh dari film aksi standar, Ad Astra memproyeksikan kisah seorang pria yang bergulat dengan warisan ayahnya di atas kanvas seluas tata surya.

Ad Astra adalah hal terjauh yang dapat dibayangkan dari seorang pria luar angkasa.

Tetapi dalam mengambil proyek sci-fi blockbuster pertamanya, Gray menangani tantangan logistik yang luas dalam melakukan petualangan luar angkasa.

Gray membuktikan tanpa batas bahwa dia punya kemampuan untuk membuat film seperti ini.

Steve Jobs

Orang akan berpikir bahwa drama biografi Steve Jobs dari pemenang Oscar Danny Boyle dan Aaron Sorkin akan menerangi box office, tetapi itu tidak terjadi.

Baca juga: Sinopsis Film Jobs, Aksi Aston Kutcher Jadi Sosok Jenius Steve Jobs

Film ini hanya menghasilkan keuntungan kotor 17 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 242 miliar di box office domestik dan 34 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 485 miliar di seluruh dunia.

Sebuah kegagalan untuk film dengan biaya produksi 30 juta dollar atau sekitar Rp 428 miliar.

Michael Fassbender dan Kate Winslet dinominasikan Oscar untuk penampilan mereka sebagai Steve Jobs dan Joanna Hoffman.

In The Heights

Adaptasi sensasional Jon M. Chu dari pemenang Tony Lin-Manuel Miranda In the Heights menemui nasib buruk di box office pada musim panas 2021.

Film ini hanya menghasilkan 29 juta dollar di Amerika atau Rp 414 miliar dan di bawah 45 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 643 miliar di seluruh dunia.

Nightmare Alley

Film noir Guillermo del Toro Nightmare Alley berjuang begitu keras di box office.

Dengan anggaran produksi 60 juta dollar Amerika atau Rp 857 miliar, film tersebut hanya menghasilkan 37 juta dollar Amerika atau Rp 528 miliar di seluruh dunia.

Sehingga Martin Scorsese menulis sebuah op-ed (halaman opini dan editorial) di Los Angeles Times yang mendesak orang-orang untuk menonton film tersebut di bioskop.

Scorsese mengatakan itu 'menyedihkan' bagaimana penonton bioskop tidak menonton 'Nightmare Alley,' yang dibintangi Bradley Cooper sebagai penipu yang naik pangkat dari pekerja karnaval menjadi ilusionis terkenal di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: imdb, Variety
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi