Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Akhirnya Bisa Manggung di Luar Kota Setelah 2 Tahun, Kunto Aji: Penonton Enggak Bisa Digantikan

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI
Penyanyi Kunto Aji saat ditemui usai tampil dalam pagelaran Joyland Festival di Taman Bhagawan, Nusa Dua, Bali, Sabtu (26/3/2022).
|
Editor: Andi Muttya Keteng Pangerang

NUSA DUA, KOMPAS.com - Penyanyi Kunto Aji tampil sebagai pembuka Joyland Festival hari kedua di Taman Bhagawan, Nusa Dua, Bali, pada Sabtu (26/3/2022).

Karena itulah, ia akhirnya bisa merasakan manggung di luar kota dengan penonton berskala besar setelah dua tahun rehat akibat pandemi Covid-19.

"Aduh, memang beda ya, memang rasanya beda banget sih. Mau kita konser virtual dengan konsep segala macam, tapi keberadaan penonton itu enggak bisa digantikan," ucap Kunto Aji saat ditemui usai penampilannya, Sabtu.

Baca juga: Konser di Luar Kota Lagi Setelah Dua Tahun, Kunto Aji Linglung

"Mereka menjadi sebuah show yang lengkap. Merasakan tadi pun, walau masih terbatas penontonnya, tapi sudah terasa banget energinya," kata Kunto Aji.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanyi yang sempat mengadu nasib lewat ajang pencarian Indonesian Idol itu mengakui ini bukan merupakan festival pertama yang tatap muka saat pandemi.

Namun, Joyland Bali 2022 menjadi festival pertama Kunto Aji di luar kota dengan penonton berskala besar.

Baca juga: Buka Joyland Festival Hari ke-2, Kunto Aji: Semoga Tahun Ini Terakhir Pandemi Covid-19

"Tadi aja ketika turun pesawat di bandara masih kayak yang, 'ini beneran enggak sih?'. Masih kayak lihat anak-anak (tim) bawa alat-alat, karena dua tahun. Dua tahun itu terasa banget ya," kata Kunto Aji.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengizinkan konser berskala besar digelar.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat hadir dalam talkshow G20 Indonesia yang diselenggarakan di sela-sela perhelatan Joyland Festival pada Jumat (25/3/2022).

Baca juga: Arawinda Kirana Dengarkan Lagu Rehat Milik Kunto Aji Selama Syuting Film Yuni, Kenapa?

Pernyataan ini merupakan jawaban Jokowi dari pertanyaan komedian Cak Lontong ketika diminta tanggapan soal penyelenggaraan festival berskala besar seperti Joyland Festival.

"Pertunjukan seperti ini (Joyland Festival) sudah diperbolehkan," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan penonton Joyland Bali 2022.

Meski begitu, orang nomor satu di Indonesia itu menyampaikan beberapa syarat untuk menyelenggarakan acara berskala besar.

"Tetapi, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan dan sudah divaksin dua kali, minimal. Kalau ada tambahan booster, vaksin penguat akan lebih bagus," ucap Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi