Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Tayang Hari Ini, Intip Timeline Fantastic Beasts 3 hingga Harry Potter

Baca di App
Lihat Foto
IMDb
Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore tayang di bioskop, 13 April 2022.
|
Editor: Rintan Puspita Sari

KOMPAS.com- Mulai tayang hari ini, film Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore merupakan seri ketiga dari Fantastic Beasts yang merupakan cerita jauh sebelum adanya Harry Potter.

Di film terbaru ini yang merupakan bagian ketiga dalam seri prekuel Harry Potter, disebut akan mengungkap lebih banyak rahasia dari Albus Dumbledore. 

Film ini akan mengisahkan tentang petualangan Newt Scamander (Eddie Redmayne) yang terjebak dalam perang antara Albus Dumbledore (Jude Law) dan seorang penyihir jahat, Gellert Grindelwald (Mad Mikkelsen).

Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore diadaptasi dari skenario yang ditulis oleh JK Rowling dan Steve Kloves sebagai sekuel dari Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald yang tayang pada 2018 lalu.

Dunia sihir Harry Potter adalah yang sangat imersif, dan garis waktu Harry Potter/Fantastic Beasts adalah mahakarya penceritaan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seri terbarunya, Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore, terjadi pada tahun 1937 dalam peristiwa menjelang Perang Dunia 2.

Pengenalan dua dunia yang berbeda dari Fantastic Beasts hingga Harry Potter namun terhubung ini meninggalkan banyak pertanyaan tentang garis waktu keduanya.

Baca juga: Akhirnya Diumumkan, Fantastic Beasts 3 Berjudul The Secrets of Dumbledore

Terlebih dunia sihir ini dikenalkan pertama kali lewat serial Harry Potter kemudian mundur menjadi seri Fantastic Beasts.

Berikut rangkuman timeline dunia sihir tersebut agar tak bingung sebelum menonton: 

Fantastic Beasts and Where to Find Them berlatar tahun 1926, film ini dikeluarkan tahun 2016 dan dibintangi Eddie Redmayne sebagai Newt Scamander, penulis masa depan sekolah Hogwarts.

Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald berlatar tahun 1927. Film ini dirilis tahun 2018. Disusul Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore berlatar tahun 1937 yang mulai tayang hari ini, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Gantikan Johnny Depp di Fantastic Beasts, Mads Mikkelsen: Saya Belum Bicara dengan Dia

Timeline berikutnya adalah masuk ke seri Harry Potter and the Philosopher's Stone berlatar kejadian tahun 1991-1992. Film ini pertama rilis tanggal 19 Desember 2001.

Cerita selanjutnya, Harry Potter and the Chamber of Secrets berlatar kejadian tahun 1992-1993. Film ini dirilis 3 November 2002.

Harry Potter and the Prisoner of Azkaban berlatar tahun 1993-1994
dirilis filmnya tahun 16 Juni 2004.

Harry Potter and the Goblet of Fire yang dirilis di bioskop November 2005 berlatar kejadian tahun 1994-1995.

Dirilis 11 Juli 2007, film Harry Potter and the Order of the Phoenix berlatar kejadian pada tahun 1995-1996.

Harry Potter and the Half-Blood Prince yang merupakan seri keenam dari Harry Potter berlatar kejadian tahun 1996-1997 yang filmnya dirilis pada Juli 2009.

Seri film ketujuh Harry Potter yaitu and the Deathly Hallows, Part I and II berlatar kejadian tahun 1997-1998. Film ini dirilis pada tahun 2011.

Terakhir yaitu Harry Potter and the Cursed Child yang dirilis di bioskop Juli 2016 berlatar kejadian tahun 2017-2021.

Meskipun buku-buku Harry Potter pada awalnya tidak memberikan tanggal pasti, petunjuk seperti Hari Kematian ke-500 Nick Si Kepala Nyaris Putus dan batu nisan keluarga Potter menempatkannya pada 1990-an, dari 1991 hingga 1998.

Mengingat bahwa buku Harry Potter pertama diterbitkan pada tahun 1997, ini mungkin merupakan jaminan cerita untuk Rowling, memastikan tidak ada peristiwa nyata yang dapat memengaruhi plot novelnya.

Sementara film dibuat pada tahun 2000-an dan mencerminkan dekade itu, petunjuk menunjukkan bahwa itu juga terjadi pada 1990-an.

Harry Potter and the Cursed Child mengambil dari epilog The Deathly Hallows, berlatar 19 tahun kemudian.

Sementara itu, film Fantastic Beasts dimulai di New York City pada tahun 1926, tetapi akan berlangsung hingga beberapa dekade berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: ScreenRant
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi