Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Kontennya Dikritik Tak Mendidik Lagi, Jerome Polin: Aku Berusaha Menaruh Value di Setiap Video

Baca di App
Lihat Foto
Instagram @jeromepolin
Jerome Polin diduga komentari kasus Gaga Muhammad.
|
Editor: Rintan Puspita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com- Nama YouTuber Jerome Polin ikut terseret pro kontra Alshad Ahmad yang ramai karena komentar tentang satwa liar.

Jerome yang sempat membuat konten dengan Alshad bersama Waseda Boys, disebut tak lagi membuat konten mendidik seperti awal kontennya dibuat.

Nama Jerome sampai masuk trending topic Twitter Kamis (28/4/2022) karena kritik pedas netizen.

"Jadi kangen video yt Jerome jaman ngajarin huruf katakana," tulis @dontstalking_.

"Konten Jerome masih bagus sampai akhir 2018," tulis @matchacrushed.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jerome 4 tahun lalu: edu 90 persen entertainment 10 persen. Jerome sekarang: edu 10 persen entertainment 90 persen. Dia tidak sempurna, tapi sekarang banyak membuat blunder," tulis @scipio_rai.

Baca juga: Dulu Merasa Gagal karena Tak Masuk Tokyo University, Jerome Polin Kini Justru Bersyukur

Seolah ingin menjawab berbagai tudingan negatif atas konten YouTube-nya, Jerome mendadak membuat unggahan di Instagram Story, membahas kontennya yang dinilai tak mengedukasi. 

"Mau share pemikiranku dikit. Awal-awal mulai YouTube, aku bikin konten belajar bahasa Jepang," tulis Jerome di akun @jeromepolin.

Setelah selesai membagikan ilmu tentang belajar bahasa Jepang, Jerome mulai mencoba memperluas kontennya menjadi vlog.

Ini dilakukan karena Jerome tidak ingin membuat konten yang sama dengan sebelum-sebelumnya.

Baca juga: Sukses di Usia Muda, Penghasilan Jerome Polin Disebut Mencapai Rp 5 Miliar

"Tapi tetep aku berusaha sisipin edukasi bahasa Jepang. Ada yang mulai nanya 'yah kontennya vlog doang nih? Mana konten belajar bahasa Jepang?," tulis Jerome.

"Aku mulai bikin konten matematika. Awalnya aku ngerjain soal doang, terus penonton bosen, aku ganti formatnya ke battle," lanjutnya.

Tak ingin kontennya membosankan, Jerome memutar otak untuk membuat konten lain tapi tetap memasukkan unsur edukasi di dalamnya.

Jerome kemudian membuat konten memesan makanan, traveling, tes matematika untuk YouTuber, dan semuanya tetap disisipi unsur edukasi.

Menurutnya bentuk edukasi sangat luas, bisa soal mengenalkan kosakata baru, budaya baru, restoran di Jepang, atau sekedar informasi ringan.

"Aku berusaha buat selalu masukin value, informasi baru, dll. Kalau cuma lihat dari thumbnail dan sebagian isi vlog ya mungkin kelihatan cuma 'seru-seruan'," tulisnya.

Meskipun telah berusaha memberikan konten-konten yang menarik dan tidak membosankan, Jerome sadar bahwa dirinya tidak bisa selalu memenuhi harapan semua orang.

Akan selalu ada kekurangan dari dirinya di mata orang lain.

"Aku enggak bisa memenuhi ekspektasi semua orang, kalau ada dari kalian yang merasa konten-kontenku yang sekarang kurang edukatif lagi kayak dulu, maaf ya," tulis Jerome.

"Aku enggak bisa bikin konten yang sama 2x. Tapi aku akan selalu berusaha menaruh value di setiap video yang aku buat, dan berusaha bikin konten edukasi seru yang bisa dinikmati banyak orang," sambungnya.

Di akhir unggahannya Jerome kembali meminta maaf seandainya kontennya sekarang dinilai tak memberikan edukasi.

"Sekali lagi maaf kalau enggak bisa memenuhi ekspektasi dari semua kalian. But I'll try my best to do what I could do," kata Jerome dalam unggahan Instagram Story.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi