Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Berhadapan di Pengadilan, Ini yang Terjadi Antara Johnny Depp dan Amber Heard

Baca di App
Lihat Foto
Repro bidik layar via IMDB
Johnny Depp dan Amber Heard terlibat sengketa setelah menjalani pernikahan singkat pada 2015 lalu.
|
Editor: Rintan Puspita Sari

KOMPAS.com- Persidangan antara aktor Johnny Depp dan Amber Heard, sudah berjalan selama beberapa minggu dan telah menjadi medan pertempuran sengit atas kebenaran tentang hubungan mereka.

Kedua belah pihak saling menuduh melakukan kekerasan dalam rumah tangga berulang selama pernikahan.

Depp menggugat mantan istrinya, Amber Heard atas pencemaran nama baik setelah dia menulis op-ed untuk The Washington Post.

Setelah lebih dari satu tahun perdebatan hukum, Heard kemudian menggugat balik Depp, menuduh bahwa Depp mencemarkan nama baiknya ketika mantan pengacara Depp merilis pernyataan yang mengatakan bahwa tuduhan Heard tentang kekerasan adalah tipuan.

Baca juga: Pengacara Johnny Depp Tampak Bahagia Saat Amber Heard Sebut Nama Kate Moss di Persidangan, Kenapa?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas apa yang sebenarnya terjadi antara mantan suami istri itu hingga kini persidangan mereka masih menjadi sorotan dan perhatian? Berikut penjelasan singkatnya.

Alasan Depp menggugat Heard

Gugatan Depp, diajukan pada 2019, berkisar pada op-ed 2018 yang ditulis oleh Heard berjudul, “Saya berbicara menentang kekerasan seksual — dan menghadapi kemarahan budaya kita. Itu harus berubah."

Memang, Op-ed tidak menyebut nama Depp, tetapi di dalamnya, Heard menulis bahwa dua tahun sebelum artikel tersebut diterbitkan, dia menjadi 'figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga.'

Pada tahun 2016, Heard diberikan perintah penahanan sementara setelah muncul ke pengadilan California dengan wajah memar, menulis permohonan untuk perintah bahwa Depp telah melemparkan telepon ke wajahnya dari jarak dekat yang dibantah Depp.

Dalam permohonan itu Heard menulis bahwa Depp telah melakukan kekerasan verbal dan fisik kepadanya selama hubungan mereka, merinci insiden baru-baru ini di mana dia mengatakan bahwa Depp menjambak rambutnya dan dengan kasar mendorongnya ke tanah.

Baca juga: Jennifer Grey Mengaku Hampir Tak Mengenali Johnny Depp, Mantan Tunangannya di Persidangan

Depp menulis di surat-surat pengadilan bahwa ini bohong dan bahwa justru Heard yang meninju wajahnya malam itu.

Gugatan Depp menegaskan bahwa tuduhan kekerasan Heard adalah "hoax yang rumit" yang merugikan karir dan reputasi aktor tersebut.

"Depp membawa tindakan pencemaran nama baik ini untuk membersihkan namanya," kata gugatan aktor itu.

Isi op-ed Amber Heard yang jadi persoalan

Op-ed mengatakan bahwa setelah dia menjadi "figur publik yang mewakili kekerasan dalam rumah tangga," dia mulai mengalami reaksi negatif terhadap karirnya.

"Teman dan penasihat mengatakan kepada saya bahwa saya tidak akan pernah lagi bekerja sebagai aktris - bahwa saya akan masuk daftar hitam," tulisnya.

Baca juga: Johnny Depp Mendadak Sebut Peran Amber Heard di Aquaman dalam Persidangan

"Sebuah film yang saya terikat untuk menyusun kembali peran saya. Saya baru saja melakukan kampanye selama dua tahun sebagai wajah merek fashion global, dan perusahaan itu menjatuhkan saya," tulis Heard lagi.

Dia menulis bahwa dia melihat "secara nyata, bagaimana institusi melindungi pria yang dituduh melakukan pelecehan."

Heard diidentifikasi dalam op-ed sebagai duta hak-hak perempuan untuk American Civil Liberties Union, dan dalam dokumen pengadilan, Heard mengatakan A.C.L.U. menyarankan agar dia menulis artikel dan mengirimkannya.

Meskipun persidangan telah menjadi penyelidikan luas ke dalam pernikahan pasangan, salah satu pengacara Heard, Ben Rottenborn, mencoba untuk mengesankan juri dalam argumen terbuka gagasan bahwa, pada akhirnya, kasus ini bertumpu pada "satu lembar kertas" (op-ed).

Alasan Heard menggugat Depp

Juri secara bersamaan mempertimbangkan gugatan balik Heard terhadap Depp, yang diajukan pada tahun 2020.

Klaim pencemaran nama baik Ms. Heard bertentangan dengan Mr. Depp, tetapi pernyataan yang dipusatkan berasal dari mantan pengacaranya, Adam Waldman, yang mengatakan kepada tabloid Inggris The Daily Mail bahwa tuduhan aktris itu adalah “hoax penyalahgunaan.”

Gugatannya mengklaim bahwa Depp telah "mengizinkan dan bersekongkol" dengan Adam Waldman (pengacara Depp), yang bertindak atas nama aktor tersebut, untuk "berusaha menghancurkan dan mencemarkan nama baik Heard di media."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi