Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

10 Anime Tema Detektif, Spy X Family hingga Terror in Resonance

Baca di App
Lihat Foto
Trailer Netflix
Foto keluarga SPY X FAMILY
|
Editor: Fitri Nursaniyah

KOMPAS.com - Anime menjadi tontonan yang cukup diminati masyarakat Indonesia.

Apalagi saat ini akses penonton terhadap anime lebih luas, tak hanya melalui televisi nasional tapi juga dari OTT seperti Netflix, Crunchyroll, dan WeTV.

Demikian juga dengan genre. Penonton bebas memilih anime apa pun yang sesuai dengan selera mereka.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi anime tema detektif seperti Detektif Conan, berikut 10 anime tentang detektif yang bisa ditonton.

Baca juga: Sinopsis Vampire in the Garden, Anime Netflix tentang Manusia & Vampir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdiri dari 25 episode dan masih on-going di Netflix, anime ini hadir dengan genre komedi aksi dan bertema detektif. Spy X Family menceritakan Loid Fodger yang harus menyelesaikan misi dengan membuat identitas baru sebagai keluarga.

Fodger bertugas masuk ke perkumpulan politisi untuk membidik targetnya yaitu Donoval Desmon. Fodger menjadikan Yor Briar, yang rupanya seorang pembunuh andal, sebagai istrinya dan Anya, seorang yatim piatu berkemampuan telepati, sebagai anaknya.

Genrenya adalah detektif komedi yang terdiri dari 11 episode dan bisa disaksikan di Netflix. Anime ini mengisahkan pasangan Daisuki Kanbe dan Haru Katou yang bekerja sama dalam penyelidikan meskipun karakter keduanya berseberangan.

Daisuke tukang pamer harta dan memaanfaatkan koneksinya untuk memperoleh informasi di tengah investigasi, sementara Haru adalah perwira yang jujur dan memecahkan misteri sesuai protokol yang berlaku. Meskipun berbeda cara, keduanya akan menyelesaikan kasus dengan cara masing-masing.

Baca juga: Sinopsis Aoashi, Anime Sepak Bola Tayang di Disney+Hotstar

Menceritakan Atsushi Nakajima yang bergabung dengan agen detektif di mana anggotanya punya kemampuan supernatural. Para detektif memecahkan masalah rumit yang tidak bisa dipecahkan orang lain. Anime ini terdiri dari 3 musim dan 13 episode yang bisa ditonton di Netflix.

Anime ini mengisahkan tokoh protagonis bernama Keith Flick yang merupakan seorang detektif ahli yang memiliki aib. Dia mencoba mengungkap misteri dan memutuskan kepada siapa akan berpihak. Anime ini terdiri dari 12 episode yang bisa ditonton di Netflix.

Baca juga: Sinopsis Fruits Basket The Final, Anime yang Tayang di Netflix

Menceritakan dua remaja laki-laki yakni "Sembilan" dan "Dua belas". Mereka adalah anak yatim piatu yang dijadikan subjek percobaan di masa lalu.

Dua anak itu yang berada di bawah kelompok teroris Sphinx, memerintahkan polisi memecahkan teka-teki mereka tentang bom nuklir agar tidak meledak dan merugikan masyarakat.

Anime ini mengisahkan teror resonansi dari sudut pandang si teroris itu sendiri. Keduanya merasa telah dikecewakan oleh kekejaman dunia. Anime ini terdiri dari 11 episode dan bisa disaksikan di Netflix.

Hyouka menceritakan empat siswa sekolah menengah yaitu Houtaro Oreki, Eru Chitanda, Satoshi Fukube, dan Mayaka Ibara, di mana keempatnya tergabung dalam klub sastra klasik.

Baca juga: Sinopsis Anime Komi Can’t Communicate, Kisah Gadis Cantik yang Aneh

Rupanya mereka terlibat dalam misteri di sekolah gara-gara sejarah panjang klub tersebut. Anime ini terdiri dari 22 episode dan bisa ditonton di Crunchyroll.

  • Gosick (2011)

Berkisah tentang Kazuya Kujo, seorang siswa pindahan Jepang, dan Victorique de Blois, seorang gadis Eropa, keduanya menjalani kehidupan baru setelah bertemu di perpustakaan Akademi Saint Marguerite.

Dua gadis itu terjerat dalam jaringan misteri dan bahaya. Kazuya dan Victorique harus menggunakan kecerdasan dan kepercayaan mereka untuk bertahan hidup dan memecahkan misteri kejahatan di depan mereka. Anime ini terdiri dari 24 episode dan tersedia di Netflix.

  • UN-GO (2011)

Terdiri dari 11 episode dan tersedia di Crunchyroll, UN-GO menceritakan Shinjuurou Yuuki, seorang detektif yang sangat menghargai kebenaran. Dia berteman dengan iblis bernama Inga yang memiliki kemampuan bisa membuat orang lain berbicara kebenaran.

Baca juga: Sinopsis Anime Love All Play, Cocok untuk Penggemar Badminton

Shinjuurou bertekad mengungkap kejahatan di tengah banyaknya kegiatan ilegal yang dilakukan manusia untuk menutupi kejahatan mereka.

Tapi upaya Shinjuurou tak berjalan mulus, ada Rinroku Kaishou, pria licik yang memegang kendali penuh atas informasi di Jepang, dia menghalanginya mengungkap kebenaran.

  • Heaven's Memo Pad (2011)

Terdiri dari 12 episode, menceritakan gadis bernama Alice yang sangat cerdas dan memahami soal teknologi. Alice adalah seorang agen detektif yang memiliki staf NEET.

Di sisi lain ada Fujishima yang tiba-tiba masuk jadi anggota NEET setelah mengalami peristiwa mengejutkan. Di sana Fujishima menangani banyak kasus dan menyadari ada banyak sisi gelap di tengah masyarakat.

Baca juga: 7 Rekomendasi Anime Sihir Terbaik, Seru dan Menegangkan!

  • Psychic Detective Yakumo (2010)

Terdiri dari 13 episode, anime ini berpusat pada tokoh Yakumo Saitou dan Haruka Ozawa di mana keduanya hidup di tengah fenomena supernatural dan peristiwa misterius yang melibatkan orang lain dan mengancam keselamatan mereka.

Yakumo yang cerdas memiliki bakat berkomunikasi dengan dunia supranatural, dia juga dibantu oleh Haruka saat melakukan penyelidikan berbahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi