Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Kalah dari Johnny Depp, Kenapa Amber Heard Tetap Dapat Kompensasi Rp 29 Miliar?

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Umbrella Live
Pengacara Amber Heard dan pengacaranya, Elaine Bredehoft.
|
Editor: Rintan Puspita Sari

KOMPAS.com- Amber Heard tetap menerima kompensasi sebesar 2 juta dolar AS atau sekitar Rp 29 miliar meskipun kalah di persidangan melawan mantan suaminya, Johnny Depp.

Walaupun mengajukan gugatan awal 50 juta dolar AS (sekitar 730 miliar) nilai yang akhirnya diputuskan untuk dibayar Amber adalah 10,35 juta dolar AS atau sekitar Rp 150 miliar.

Dengan rincian 10 juta dolar AS (Rp 145 miliar) sebagai compensatory damages atau kompensasi kerusakan.

Dan 350.000 dolar AS (sekitar Rp 5 miliar) sebagai punitive damages atau ganti rugi. Nilai ini awalnya ditetapkan sebesar 5 juta dolar AS oleh juri.

Baca juga: Ini yang Terjadi jika Amber Heard Tidak Sanggup Membayar Rp 150 Miliar pada Johnny Depp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tapi hukum di Virginia memiliki batasan tentang nominal yang ditetapkan untuk punitive damages yaitu sebesar 350.000 dolar AS.

Di sisi lain, meskipun dinyatakan bersalah atas gugatan Johnny Depp, Amber ditetapkan mendapat compensatory damages sebesar 2 juta dolar AS atau sekitar Rp 29 miliar dibanding dalam gugatan baliknya 100 juta dolar AS (sekitar Rp 1,4 triliun).

Lantas kenapa Amber berhak mendapat 2 juta dolar disaat juri memenangkan kasus ini untuk Depp?

Perlu diketahui, nominal ini adalah kemenangan kecil dalam gugatan baliknya senilai 100 juta dolar AS.

Juri menemukan bahwa tim kuasa hukum Amber Heard membuktikan, sebagian, tapi tidak seutuhnya tentang klaim pencemaran nama baik dalam gugatannya.

Pernyataan yang dibuat oleh pengacara Depp, Adam Waldman, yang diterbitkan oleh London's Daily Mail, menjadi subjek klaim pencemaran nama baik yang diajukan Amber.

Juri meneliti tiga pernyataan yang dijadikan subjek klaim dan memutuskan bahwa Heard tidak membuktikan semua unsur pencemaran nama baik untuk pernyataan itu.

Dari tiga pernyataan, hanya satu pernyataan Waldman yang kemudian diputuskan oleh juri sebagai fitnah, sehingga memutuskan untuk memberikan Heard 2 juta dolar AS sebagai kompensasi.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Amber Heard jika Johnny Depp Menang di Pengadilan?

"Cukup sederhana ini adalah penyergapan, tipuan," kata Waldman kepada artikel Daily Mail pada tahun 2020.

"Mereka menjebak Depp dengan memanggil polisi, tetapi upaya pertama tidak berhasil. Para petugas datang ke penthouse, digeledah dan diwawancarai secara menyeluruh, dan pergi setelah melihat tidak ada kerusakan pada wajah atau properti," sambung Waldman.

Sebagai informasi, punitive damages atau ganti rugi biasanya diberikan atas kebijaksanaan pengadilan ketika perilaku terdakwa (dalam hal ini Amber) terbukti sangat berbahaya.

Jika ganti rugi diperintahkan oleh pengadilan, mereka pada dasarnya menghukum terdakwa dengan harus membayar sejumlah uang yang telah ditentukan dan memberikannya kepada penggugat (dalam hal ini Depp).

Baca juga: Kasus Apa yang Dihadapi Johnny Depp dan Amber Heard?

Sementara kompensasi kerusakan atau Compensatory Damages dirancang untuk mengompensasi penggugat atas kerugian aktual yang mereka alami, seperti adanya tekanan emosional, rasa sakit dan penderitaan, PTSD.

Besarnya nominal yang harus dibayar Amber Heard pada Depp sempat membuat orang bertanya-tanya tentang kemampuan finansial bintang Aquaman itu. 

Menurut Sandra Spurgeon dari Spurgeon Law Group di Lexington, Kentucky, seandainya tidak sanggup membayar, Heard bisa memilih mengajukan kebangkrutan, yang akan menghilangkan kompensasi kerusakan 10 juta dolar AS (sekitar Rp 145 miliar).

Tapi dia masih harus membayar ganti rugi sebesar 350.000 dolar AS (sekitar Rp 510 juta), yang umumnya tidak bisa dibebaskan dalam kebangkrutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi