Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Para Raksasa Kpop Siap Comeback, Ada Girls' Generation hingga Super Junior

Baca di App
Lihat Foto
Pabian
Girls' Generation atau SNSD di MBC Radio DJ Concert pada 6 September 2015.
|
Editor: Mikhael Gewati

KOMPAS.com – Bagi penggemar musik Korean Pop (K-pop), 2022 merupakan tahun yang sibuk. Pasalnya, pada tahun ini Big Bang, Suho EXO, Onew SHINee, hingga Nayeon TWICE comeback dengan album baru atau meluncurkan debut single.

Dalam beberapa bulan ke depan, penggemar K-pop juga harus bersiap menyambut comeback artis-artis pujaan yang sudah lama dinantikan.

Melansir The Korean Herald, Senin (20/6/2022), berikut para artis solo atau grup K-pop kenamaan yang segera comeback dalam waktu dekat ini.

1. Girls' Generation

Girls' Generation aka SNSD mengonfirmasi akan tampil kembali pada 2022. SM Entertainment mengatakan, SNSD akan mengeluarkan album baru pada Agustus mendatang untuk memperingati 15 tahun berdirinya girlband veteran ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Profil SNSD atau Girls Generation, Grup Kpop Generasi 2 yang Taklukan Pasar Jepang

Semua anggota SNSD juga dipastikan akan berkontribusi dalam pembuatan album, pertama kali sejak mengeluarkan album Holiday Night pada 2017.

SNSD juga dijadwalkan akan tampil di program-program televisi untuk mempromosikan album baru mereka.

Pada April lalu, salah satu member SNSD, Tiffany Young membenarkan bahwa ada rencana perilisan album tersebut. Ini sekaligus mengonfirmasi perkataan Taeyeon yang menyebutkan akan ada kemungkinan SNSD melakukan comeback.

2. Super Junior

Salah satu grup K-pop terlama Super Junior akan membuat comeback besar dengan meluncurkan album penuh ke-11, yakni Vol 1 The Road: Keep on Going pada 12 Juli mendatang.

Baca juga: Super Junior Akan Comeback dengan The Road: Keep On Going

Album tersebut merupakan lanjutan dari single The Road: Winter for Spring yang dirilis yang Februari lalu. Setelah merilis “The Road: Keep on Going”, Super Junior juga akan mengeluarkan volume keduanya pada akhir 2022 nanti.

Agensi Super Junior, Label SJ menyebutkan, album The Road: Keep on Going akan menghadirkan lima lagu yang berisi pendewasaan anggota Super Junior.

Setelah perilisan album berjalan, Super Junior akan memulai tur dengan konser di Seoul pada 15-17 Juli mendatang. Pada puncak acara 17 Juli, konser tersebut akan disiarkan langsung secara global.

3. Blackpink

Girl group populer Blackpink dikabarkan akan merilis album baru pada Agustus mendatang. Hal ini dikonfirmasi oleh Jennie Blackpink yang meminta penggemar untuk sabar menunggu.

Baca juga: Blackpink di Cover Rolling Stone, Naomi Campbell Beri Dukungan

Album terbaru ini menandai comeback Blackpink setelah hiatus selama dua tahun. Album terakhir mereka, The Album (2020) sebelumnya berhasil mencatatkan rekor 1 juta pre-order dan berhasil menjadi salah satu album Blackpink terlaris.

Untuk diketahui, para anggota Blackpink, yakni Jisoo, Rosé, Lisa, dan Jennie tengah sibuk dengan proyek solo masing-masing.

Mereka juga memilih rehat sejenak dari aktivitas bermusik untuk recharging tenaga mereka sambil menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

4. Aespa

Girl group Aespa akan merilis single berbahasa Inggris pertamanya Life's Too Short pada Jumat (24/6/2022).

Baca juga: Aespa Rilis Umumkan Jadwal Comeback

Kuartet yang beranggotakan Karina, Giselle, Winter, dan Ningning itu sebelumnya membawakan Life’s Too Short untuk pertama kalinya di Coachella Valley Music and Arts Festival, California pada April 2022.

Setelah perilisan lagu tersebut, girlband bentukan SM Management itu menggaet Warner Records untuk meluncurkan EP keduanya "Girls" pada 8 Juli.

Lewat kerja sama dengan Warner Records, Aespa pun dijadwalkan akan masuk dalam Apple Music UpNext Artist hingga tampil dalam acara Jimmy Kimmel Live.

5. Hyolyn SISTAR

Mantan pentolan girl grup SISTAR Hyolyn diberitakan akan meluncurkan album baru pada musim panas tahun ini.

Baca juga: Reunian, SISTAR Kumpul di Konser The Live: Night untuk Dukung Soyou

Perempuan yang dijuluki Ratu Musim Panas itu pun tengah mempersiapkan comeback-nya meski belum mengumumkan konsep dan tajuk dari album terbarunya.

Album terbaru Hyolyn akan menjadi yang pertama setelah merilis album solo Love & Hate pada 2013. Sebelumnya, perempuan asal Incheon itu juga telah merilis Summer or Summer pada 2021 dengan berduet bersama mantan rekannya di SISTAR, Dasom.

6. Itzy

Itzy akan meluncurkan mini album ke-5 bertajuk Checkmate pada 15 Juli mendatang.

Girl group bentukan JYP Entertainment pada 2019 ini akan memulai tur Amerika Serikat (AS) pertamanya yang dimulai di Seoul pada Agustus 2022. 

Mini album tersebut akan menandai rilisan pertama mereka dalam waktu sekitar 10 bulan sejak album full-length pertama Crazy in Love September lalu.

Baca juga: ITZY Umumkan Comeback dan Konser Tur Dunia Perdana

Memulai debutnya pada 2019, girl group beranggotakan Yeji, Lia, Ryujin, Chaeryeong, dan Yuna itu aktif mempromosikan karyanya di Korea dan Jepang.

Itzy pun sukses merilis lagu-lagu hit, termasuk Dalla Dalla, Icy, Wannabe, Not Shy, dan In the Morning. Album Crazy in Love juga berhasil menempati posisi ke-11 di chart album utama Billboard 200 dengan LP pertamanya.

7. Youngjae GOT7

Youngjae dari boy group GOT7 juga mengumumkan akan comeback dengan mini album bertajuk Sugar pada Selasa (21/6/2022).

Album tersebut akan terasa spesial karena Youngjae sendiri yang mengerjakannya, mulai dari menulis, produksi, hingga aransemen.

Baca juga: GOT7 Sukses Puncaki Tangga Lagu iTunes di Seluruh Dunia Lewat EP Terbaru

Sejak Juni, Youngjae telah aktif mengeluarkan teaser music video dan mood samplers untuk mengantisipasi peluncuran lima lagu dalam album Sugar.

Pada Mei 2022, GOT7 membuat comeback resmi mereka dengan mini album Self-Titled. Youngjae pun melakukan promosi dengan grup dan sekarang akan mempersiapkan perilisan solonya.

8. Kep1er, LOONA, WJSN

Para girl group yang tengah berkompetisi di Queendom 2 juga tengah menyiapkan comeback mereka, di antaranya Kep1er, LOONA, dan WJSN.

Kep1er baru-baru ini memecahkan rekor penjualan pada hari pertama peluncuran debut mini album First Impact pada Januari lalu.

Mereka pun siap memecahkan rekor baru lagu dalam comeback album bertajuk DOUBLEBLAST pada Senin (20/6/2022).

Baca juga: 5 Drakor yang Dibintangi Bona WJSN Selain Twenty-Five Twenty-One

Pada hari yang sama, LOONA juga meluncurkan mini album Flip That yang dibarengi dengan beberapa music video.

Album baru LOONA bertema musim panas dengan musik yang enerjik dan catchy.

Sementara itu, juara Queendom 2, WJSN akan melanjutkan pesta pencinta K-pop dengan peluncuran album Sequence. Album ini akan berisi lagu-lagu bertajuk Last Sequence, Done,  AURA, dan Stronger.

Itulah daftar girl group, boy group, serta penyanyi solo K-pop yang melangsungkan comeback dalam waktu dekat ini. Comeback manakah yang paling kamu tunggu?

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi