Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Film-film yang Disutradarai Joko Anwar

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/FIRDA JANATI
Sutradara Joko Anwar saat ditemui dalam peluncuran trailer film Pengabdi Setan 2: Communion di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022).
|
Editor: Fitri Nursaniyah

JAKARTA, KOMPAS.com - Joko Anwar adalah salah satu sutradara Indonesia dengan segudang karya yang melegenda.

Selain menjadi sutradara, Joko Anwar juga merupakan penulis skenario, produser, dan beberapa kali membintangi film.

Sebelum membuat film panjang yang tayang di layar lebar, Joko Anwar getol menciptakan film pendek dan berperan sebagai sutradara.

Joko Anwar pun mantap merilis film panjang pertamanya berjudul Janji Joni pada 2005. Berikut daftar film layar lebar yang disutradarai Joko Anwar.

Baca juga: Penjelasan Joko Anwar soal Poster Pengabdi Setan 2: Communion

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janji Joni adalah film panjang pertama yang disutradarai Joko Anwar. Film komedi romantis Janji Joni dibintangi oleh Nicholas Saputra, Maria Renata, Surya Saputra, dan Rachel Maryam.

Mengisahkan toko Joni yang bekerja sebagai pengantar roll film turun-temurun. Ia dihadapkan dengan rintangan mengantarkan roll film hingg akhirnya dipertemukan dengan seorang wanita idaman.

Film debut Joko Anwar sebagai sutradara film panjang ini memperoleh banyak penghargaan. Salah satunya Film Terbaik dari MTV Indonesian Movie Awards 2005.

Baca juga: Fans Joko Anwar, Ratu Felisha Hampir Menangis Saat Dapat Peran dalam Pengabdi Setan 2

Proyek film panjang kedua Joko Anwar adalah Kala. Tayang di bioskop pada 2007 silam. Film ini dibitangi oleh Fachri Albar dan Ario Bayu. Kala menandai film bergaya noir pertama di Indonesia.

Mengisahkan seorang wartawan bernama Janus yang memiliki penyakit narkolepsi. Janus adalah Sang Penidur yang tertulis dalam ramalan Jayabaya. Ia mencari dirinya sendiri sepanjang perjalanan film.

Film Kala mendapatkan respons positif dari penonton dan kritikus film. Kala mendapatkan enam nominasi di Festival Film Indonesia 2007 dan sukses membawa pulang dua Piala Citra untuk kategori Sinematografi Terbaik dan Tata Artistik Terbaik.

Baca juga: Joko Anwar Sebut Ada 400 Shoot CGI di Pengabdi Setan 2: Communion

Joko Anwar kembali menggaet Fachri Albar dan Ario Bayu dalam proyek film selanjutnya. Film Pintu Terlarang turut dibintangi oleh Marsha Timothy.

Film ini menjadi karya Joko Anwar yang lagi-lagi mendapatkan respons positif. Pintu Terlarang diputar di beberapa festival film internasional sampai memenangi penghargaan Best of Puchon di festival Korea Selatan pada 2009.

Film ini menandai kerja sama perdana Joko Anwar dengan Tara Basro. Aktris itu kini jadi bintang langganan Joko Anwar dalam berbagai filmnya.

A Copy of My Mind dibintangi oleh Tara Basro dan Chicco Jerikho. Mengisahkan seorang gadis bernama Sari yang berpacaran dengan Alex, penerjemah DVD bajakan.

Hubungan dua sejoli itu berjalan lancar sampai Sari terjebak dalam sebuah kasus hingga keselamatannya terancam.

A Copy of My Mind berhasil menyabet tiga Piala Citra di Festival Film Indonesia 2015. Film ini juga memberikan penghargaan kepada Joko Anwar sebagai Sutradara Terbaik.

Baca juga: Titipan Joko Anwar, Tara Basro Sebut Ada Perubahan Emosi dari Perannya di Pengabdi Setan 2: Communion

  • Pengabdi Setan (2017)

Berbeda dengan film-film sebelumnya, Joko Anwar hadirkan genre horor dalam karyanya yang dirilis pada tahun 2017 ini.

Pengabdi Setan mengisahkan sebuah keluarga di mana salah satu anggotanya mengikat perjanjian dengan iblis. Ibu di keluarga tersebut meninggal setelah sakit-sakitan selama 3,5 tahun tanpa tahu apa penyebabnya.

Sejak saat itu teror mulai menghantui keluarga tersebut, hingga diketahui bahwa semasa hidup, ibu pernah mengikat perjanjian hitam dengan setan.

Pengabdi Setan sempat menjadi film horor Indonesia terlaris sepanjang masa sebelum disusul oleh KKN di Desa Penari. Film ini memenangi 7 penghargaan di Festival Film Indonesia 2017.

Baca juga: Joko Anwar Ungkap Penyebab Rilis Pengabdi Setan 1 dan 2 Berjarak Cukup Lama

  • Gundala (2019)

Film tentang pahlawan super yang dibintangi oleh Tara Basro, Ario Bayu, Abimana Aryasatya, hingga Marissa Anita.

Mengawali Jagat Sinema Bumilangit (JSB), Gundala mengisahkan seorang bernama Sancaka yang mendapatkan kekuatan super setelah tersambar petir di tengah kondisi kritisnya.

Kekuatan itu dimanfaatkan Sancaka untuk membantu mereka pada situasi sulit.

  • Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Perempuan Tanah Jahanam dirilis di tiga negara yaitu di Indonesia, Malaysia, dan Amerika Serikat. Film ini dibintangi oleh Tara Basron dan Marissa Anita.

Perempuan Tanah Jahanam mengisahkan Maya, seorang penjaga pintu tol, yang mencari rumah orangtuanya di sebuah desa. Pencarian itu berujung teror tentang masa lalu kelam Maya yang membuat desa tersebut mendapatkan kutukan.

Baca juga: Berkat Bantuan Netizen, Joko Anwar Temukan Rusun untuk Syuting Pengabdi Setan 2: Communion

  • Pengabdi Setan: Communion (2022)

Film ini adalah sekuel dari Pengabdi Setan yang akan ditayangkan pada 4 Agustus 2022 di seluruh bioskop Indonesia.

Dari trailer dan poster film yang telah dirilis Joko Anwar, penampakan pocong akan meneror penonton di film Pengabdi Setan 2: Communion.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi