Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Niat Balikan dengan Mantan? Ini Rekomendasi 8 Drakor tentang CLBK 

Baca di App
Lihat Foto
alchetron.com
Drama Korea berjudul Angle Eyes yang dibintangi Lee Sang Yoon dan Goo Hye Sun.
|
Editor: Amalia Purnama Sari

KOMPAS.com – Putus cinta memang tidak enak. Lebih tidak enak lagi jika susah membuka diri untuk menerima cinta dari orang lain alias gagal move on.

Kamu tidak perlu cemas ketika mengalami hal itu. Susah move on adalah hal yang wajar. Bahkan, sains menyebutkan, ketika kamu berusaha melupakan, otak justru akan menstimulasi dengan semakin mengingat kenangan-kenangan tersebut. 

Jika kamu putus karena masalah emosi sesaat atau salah paham dan masih menyayangi satu sama lain, tidak ada salahnya untuk menjalin hubungan kembali dengan mantan.

Melansir Kompas.com, Senin (29/1/2018), hasil penelitian Social Psychological and Personality Science menemukan, 50 persen pasangan yang sudah memutuskan hubungan akan kembali lagi bersama alias balikan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psikolog menyebutkan, hal yang terpenting adalah alasan putus dan tujuan balikan. Jika putus didasari alasan sepele, balikan sah-sah saja dilakukan agar hubungan kembali membaik.

Baca juga: Fenomena Balikan dengan Mantan Jadi Bahan Penelitian, Hasilnya?

Nah, tema cinta lama bersemi kembali (CLBK) seperti di atas juga sering diangkat dalam serial drama Korea (drakor). Drakor-drakor ini mengajak penonton menyelami kembali kisah cinta yang pahit, lalu menyentuh dengan jatuh cinta kembali.

Tema balikan dengan mantan seakan memberi harapan untuk menjalani hubungan lebih baik dan memaknai arti “berjodoh” dari sudut pandang yang lain.

Melansir Soompi.com, Sabtu (25/6/2022), berikut delapan drakor bertema balikan sebagai referensi jika kamu terus kepikiran mantan dan masih saling menyayangi satu sama lain.

1. When Love Blooms

When Love Blooms menyajikan kisah cinta pada pandangan pertama antara Yoon Ji Soo (Jeon So Nee) dengan Han Jae Hyun (Jinyoung GOT7) ketika mereka bertemu saat berusia 20-an.

Baca juga: 10 Pasangan K-drama Terbaik yang Berhasil Curi Hati Penonton

Ketika itu, Jae Hyun, seorang yang aktif dalam pergerakan mahasiswa, menyelamatkan Ji Soo yang terjebak di tengah aksi protes. Sejak saat itu, keduanya berhasil menjalin cinta. Namun, mereka terpaksa putus karena situasi tidak menguntungkan.

Setelah 20 tahun kemudian, mereka bertemu lagi dengan kondisi masing-masing yang sangat berbeda. Jae Hyun (Yoo Ji Tae) adalah pebisnis sukses yang mengejar kekayaan, sedangkan Ji Soo adalah (Lee Bo Young) adalah ibu yang bekerja kontrak dengan hidup yang tidak mudah.

Bagi Ji Soo, Jae Hyun adalah cinta pertamanya. Ketika bertemu kembali, mereka sadar perasaan terhadap satu sama lain belum pudar dan tidak ingin lagi berpisah. Keduanya pun bersiap mengalami momen terindah dalam hidup mereka untuk kedua kali.

2. Our Blues

Our Blues menceritakan asam manis kehidupan orang-orang di Pulau Jeju, salah satunya adalah Mi Sun Ah (Shin Min Ah) dan Lee Dong Suk (Lee Byung Hun) yang sudah saling kenal sejak SMA.

Baca juga: 5 Alasan Wajib Nonton Our Blues, Drakor Comeback Kim Woo Bin Setelah 6 Tahun

Namun sayang, Dong Suk sudah lama mencintai Sun Ah malah mengkhianatinya sehingga mereka berpisah. Setelah bertahun-tahun berpisah, Sun Ah kembali ke kampung halamannya dan keduanya bertemu kembali.

Keduanya seperti selalu tertarik satu sama lain sehingga pertemuan keduanya pun membuat mereka bersatu kembali.

Dong Suk yang sangat terbuka dengan perasaannya kepada Sun Ah, menunjukkan bahwa tidak ada yang berubah untuknya. Bahkan setelah terluka setelah bertahun-tahun, dia masih mencintainya dan tidak bisa melepaskannya.

3. Angel Eyes

Angel Eyes menceritakan kisah cinta pertama Park Dong Joo (Lee Sang Yoon) dan Yoon Soo Wan (Goo Hye Sun). Dong Joo jatuh cinta kepada Soo Wan meski dia mengalami kebutaan akibat kecelakaan.

Baca juga: 10 Drama Korea Netflix yang Sedang Populer di Korea Bulan Mei 2022

Namun, Soo Wan berhasil menjalani operasi transplantasi mata sehingga mengembalikan kemampuan melihatnya. Dalam kondisi masih dioperasi, Dong Joo justru harus meninggalkan Soo Wan karena masalah keluarga.

Dua belas tahun kemudian, Soo Wan bekerja sebagai petugas pelayanan medis darurat dan Dong-joo bekerja sebagai dokter bedah dengan nama Dylan Park.

Mereka pun bertemu kembali dengan kondisi Soo Wan telah bertunangan dengan seorang dokter bernama Kang Ji-won dan tidak mengenali Dylan Park adalah Dong Joo.

Sementara itu, Dong Joo memutuskan tidak memberitahu identitasnya kepada Soo Wan dan menjauhinya karena tidak ingin mengganggu Soo Wan yang telah bertunangan.

Namun, fakta-fakta di masa lalu tentang keluarga keduanya tidak bisa menahan persinggungan mereka. Tak cuma itu, mereka juga dihadapkan fakta lain, yaitu mereka masih menyimpan rasa.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drama Musikal Korea yang Bikin Hati Ikut Bernyanyi

4. Winter Sonata

Drakor legendaris yang dibintangi Bae Yong Joon (Joon Sang) dan Choi Ji Woo (Jung Yoo Jin) ini menyajikan kisah cinta yang menyakitkan tentang dua siswa sekolah menengah yang tengah jatuh cinta.

Setelah kecelakaan malang yang melibatkan Joon Sang, keduanya terpaksa berpisah.

Winter Sonata memiliki plot klasi yang menarik, yakni aktor utama mengalami amnesia sehingga menghalangi hubungan Joon Sang dengan cinta pertamanya, Jung Yoo Jin.

Karena Joon Sang tidak bisa mengingat betapa dia mencintai Jung Yoo Jin, akhirnya keduanya pun berpisah. Namun, saat mereka bersatu kembali di kemudian hari, cinta yang dimiliki Yoo Jin untuk Joon Sang membantu mengembalikan ingatannya.

Baca juga: Sinopsis Winter Sonata, Upaya Memulihkan Kembali Ingatan Sang Kekasih

Keduanya pun mampu menyalakan kembali perasaan satu sama lain, sehingga berkesempatan meraih cinta sejati.

5. Twenty Again

Drakor ini mengisahkan Ha No Ra (Choi Ji Woo), seorang penari yang bercita-cita tinggi, tetapi hamil pada usia 19 tahun. Dia menyerah pada mimpinya dan putus sekolah untuk membesarkan putranya.

Setelah 20 tahun lalu, No Ra bertemu teman SMA-nya Cha Hyun Suk (Lee Sang Yoon). Meski keduanya berteman baik di sekolah menengah atas, terungkap bahwa Hyun Suk sedikit naksir pada No Ra saat masih bersekolah.

Meski sempat putus sekolah, No Ra kembali ke perguruan tinggi, bergabung dengan klub dansa, hingga memberi kesempatan Hyun Suk hadir di hidupnya.

Penonton yang menyaksikan No Ra berdamai dengan masa lalunya dan membukakan hati untuk Hyun Suk akan merasakan sensasi healing.

Baca juga: Sinopsis Second 20s, Upaya Menikmati Hidup Sebelum Ajal Menjemput

Serial ini memberikan banyak kehangatan dan kenyamanan bagi mereka yang mungkin berpikir sudah terlambat dalam hidup untuk mencoba hal baru.

6. Was It Love? 

Was It Love? adalah serial rom-com tentang seorang ibu tunggal bernama Ae Jung (Song Ji Hyo) yang mencoba menyeimbangkan pekerjaan dan menjadi seorang ibu.

Ae Jung adalah seorang produser film yang berjuang untuk mempertahankan perusahaannya tetap bertahan. Dia juga seorang ibu yang telah menyerah pada asmara.

Namun, empat pria datang ke dalam hidup Ae Jung berharap untuk bersamanya. Tepat ketika dia hampir menyerah pada cinta sepenuhnya, Ae Jung justru mendapatkan berbagai kesempatan jatuh cinta dari orang yang berbeda.  

Seseorang yang sulit ditolaknya adalah Oh Dae Oh (Son Ho Jun), yang merupakan cinta masa lalunya dan merupakan ayah dari putrinya.

Baca juga: Sinopsis Was It Love?, Ketika Song Ji Hyo Diperebutkan Empat Pria

Keduanya berbagi hubungan dan ikatan khusus sebagai akibat dari fakta tersebut. Dae Oh juga menganggap dirinya sebagai ayah dan kekasih yang baik bagi Ae Jung. 

Was It Love? merupakan kisah manis tentang cinta pertama, kesempatan kedua, dan pentingnya keluarga.

7. Come and Hug Me

Come and Hug Me menceritakan Chae Do Jin (Jang Ki Yong) dan Han Jae Yi (Jin Ki Joo) yang saling jatuh cinta di sekolah menengah. Mereka adalah cinta pertama bagi satu sama lain.

Sayangnya, ayah Do Jin menggila dan akhirnya membunuh seluruh keluarga Jae Yi. Dia tidak bisa membunuh Jae Yi, tetapi kejadian itu membuat Do Jin dan Jae Yi terpisah.

Setelah tumbuh orang dewasa, keduanya menemukan jalan ke kehidupan masing-masing lagi. Namun, ayah pembunuh Do Jin keluar dari penjara dan ingin menyelesaikan pekerjaan yang dimulainya dengan membunuh Jae Yi.

Baca juga: Sinopsis Come and Hug Me, Cinta Pertama di Kesempatan Kedua

Serial ini pun menunjukkan betapa besarnya cinta yang dimiliki Do Jin dan Jae Yi, meski ayah Do Jin justru membunuh keluarga Jae Yi.

8. Emergency Couple

Serial ini mengisahkan Oh Jin Hee (Song Ji Hyo) yang bertemu Oh Chang Min (Choi Jin Hyuk) di sekolah kedokteran. Meskipun keluarga Chang Min sangat menentangnya, keduanya memutuskan untuk menikah.

Setelah banyak kesulitan dan perjuangan dalam pernikahan, mereka memutuskan untuk bercerai. Jin Hee kembali menjadi mahasiswa kedokteran. Ia juga magang di rumah sakit tempatnya bertemu dengan mantan suaminya, Chang Min.

Keduanya harus mencari cara untuk bekerja sama sambil mengesampingkan perbedaan dan emosi mereka. Meski memiliki plot yang cukup berat, serial ini dikemas sangat menghibur.

Penonton akan susah menahan senyum ketika Choi Jin Hyuk jatuh cinta dan cemburu kepada Song Ji Hyo, lalu memohon kepadanya untuk bersama kembali.

Baca juga: Sinopsis Emergency Couple, Kemelut Kisah Cinta Dua Dokter 

Itulah delapan rekomendasi drama Korea tentang CLBK. Semoga dengan menonton salah satunya bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin balikan dengan mantan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi