Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ragam Kolaborasi Kreatif dan Unik Ramaikan Perilisan Film Thor: Love and Thunder di Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
DOK Disney Indonesia
Ragam kolaborasi kreatif dan unik dari Disney Indonesia bersama para seniman untuk sambut film Thor: Love and Thunder di Tanah Air
Penulis: Firda Janati
|
Editor: Tri Susanto Setiawan

KOMPAS.com - Disney Indonesia punya cara spesial untuk merayakan perilisan film Thor: Love and Thunder di Tanah Air.

Disney Indonesia mempersembahkan rangkaian kolaborasi bersama talenta-talenta terbaik untuk menghadirkan persembahan seni.

Apa saja kolaborasi tersebut? Simak berikut ini:

Mural Jakarta Hajatan

Salah satu kolaborasi spesial untuk menyambut hadirnya dilm Thor: Love and Thunder adalah kolaborasi bersama Jakarta Xperience Board (JXB).

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Ngobrol Bareng Chris Hemsworth dan Taika Waititi, Bahas Sisi Thor yang Humanis dan Rentan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi ini menampilkan karya #MuralJakartaHajatan yang terinspirasi dari Thor: Love and Thunder dengan unsur-unsur khas Jakarta dalam rangka merayakan HUT Jakarta ke-495 dengan tema Jakarta Hajatan.

Ini juga menjadi wujud dukungan Jakarta kepada para seniman untuk berpartisipasi dalam upaya beautifikasi kota.

Dalam hal ini, Disney Indonesia melibatkan Kita Art Friends, sebuah projek kolaborasi seni yang dinaungi oleh KITASATUBALI.

Kita Art Friends menggandeng dua seniman berbakat Indonesia, Ismanto Wahyudi dan Nano Warsono untuk membuat karya berupa instalasi lukisan mural dengan teknologi Augmented Reality (AR).

Ditampilkan di sepanjang Terowongan Kendal dan juga tempat-tempat ikonik yang ada di Jakarta dengan unsur elemen dari Thor: Love and Thunder.

Ismanto Wahyudi juga melukiskan Asgard, kapal Thor, jembatan bifrost dan pemandangan sekitar Asgard yang indah.

Baca juga: Profil Christian Bale, Pemeran Gorr the God Butcher di Film Thor: Love and Thunder

Namun hal yang unik dari karya Ismanto Wahyudi adalah terdapat banyak tempat ikonik khas Jakarta, seperti Tugu Monas dan Tugu Selamat Datang.

Lain halnya dengan Nano Warsono yang mengambil salah satu momen ikonik ketika Thor bersama dengan Mighty Thor, bertempur dengan musuh baru, Gorr the God Butcher.

Terdapat juga ikon tradisi masyarakat Jakarta, Ondel Ondel, di karya Nano Warsono.

Kedua lukisan ini, apabila dilihat menggunakan teknologi AR melalui aplikasi dari KITA ART FRIENDS, akan mengalami perubahan-perubahan seperti kapal yang bergerak dan lainnya.

Lihat Foto
DOK Disney Indonesia
Ragam kolaborasi kreatif dan unik dari Disney Indonesia bersama para seniman untuk ramaikan perilisan film Thor: Love and Thunder di Indonesia
Olahraga ala Thor

Empire Fit Club mengajak para pecinta olahraga dan komunitas pecinta Thor untuk berolahraga bersama-sama dalam rangkaian acara Workout Tingkat Dewa.

Kegiatan Workout Tingkat Dewa diawali dengan workout challenge pada akun Tik Tok Empire Fit Club.

Baca juga: Teaser Perdana Film Sri Asih Tayang di Bioskop, Muncul Sebelum Thor: Love and Thunder

Olahraga ini mengajak semua dan Marvel fans untuk turut serta mencoba gerakan-gerakan olahraga yang sudah dirancang oleh Empire Fit Club.

Setelah itu, Empire Fit Club bersama Disney Indonesia mengadakan Train Like Thor Bootcamp Event yang dilaksanakan pada 9 Juli 2022.

Lewat kegiatan ini, peserta diminta melakukan aktivitas fisik yang terinspirasi dari film tersebut bersama para pelatih dari Empire Fit Club.

Para penggemar yang masih ingin berolahraga seperti Thor, masih bisa mengikuti kelas spesial Train Like Thor yang akan diadakan selama satu bulan di Empire Fit Club mulai dari tanggal 12 Juli sampai 12 Agustus 2022 secara gratis.

Lihat Foto
DOK Disney Indonesia
Ragam kolaborasi kreatif dan unik dari Disney Indonesia bersama para seniman untuk ramaikan perilisan film Thor: Love and Thunder di Indonesia
Mjolnir dari bahan dasar sampah di pantai Bali

Kembalinya Thor di Thor: Love and Thunder juga diikuti dengan kembalinya Jane Foster, mantan kekasihnya, yang menjadi Mighty Thor.

Hal ini menjadi sebuah inspirasi bagi eCollabo8, organisasi yang bergerak dalam mendaur ulang sampah di Bali.

Baca juga: Review Film Thor: Love and Thunder, Saat Sang Dewa Petir Bertemu Gorr the God Butcher...

eCollabo8 menciptakan ulang Mjolnir yang memang terlihat sangat mirip dengan yang biasa para fans Marvel lihat.

Namun Mjolnir ini memiliki cerita yang berbeda karena dibuat melalui komponen-komponen bahan yang seperti plastik daur ulang, jaring ikan, dan kayu daur ulang.

Selain hal itu, terdapat juga ukiran-ukiran yang terinspirasi dari ukiran kayu Bali di sekeliling palu dan kotaknya.

Kevin Groeiz dari eCollabo8 mengaku senang bisa berkolaborasi untuk menciptakan kreasi yang berbeda dari Mjolnir yang ikonik ini.

"Kami berharap para penggemar dapat melihat bahwa sampah bisa menjadi sesuatu yang luar biasa dan dapat menginspirasi masyarakat agar lebih ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Lihat Foto
Dok. Disney Indonesia
Lukisan Thor karya Vina Candrawati
Vina Candrawati tampilkan perjalanan Thor melalui lukisan pasir

Disney Indonesia bekerja sama dengan Vina Candrawati untuk menampilkan kisah Thor melalui media pasir.

Sebagai satu-satunya superhero dari Marvel Cinematic Universe yang memiliki empat film, Vina Candrawati terinspirasi untuk menampilkan petualangan unik Thor dalam melalui lukisan pasir yang merupakan keahliannya.

Vina Candrawati menuturkan, suaru kebanggan tersendiri baginya dapat menciptakan karya yang terinspirasi dari perjalanan ikonik salah satu superhero favorit banyak orang.

"Kisah Thor yang banyak memberikan kita pelajaran moral seperti pentingnya keluarga dan mencari siapa diri kita sebenarnya, sangat cocok untuk dituangkan melalui lukisan pasir," tuturnya.

Lihat Foto
Dok. Disney Indonesia
Instalasi Thor berbahan bambu
Kapal Ikonik Thor dengan bahan dasar bambu

Banyak elemen baru yang hadir di Thor: Love and Thunder salah satu hal yang belum pernah terlihat sebelumnya adalah kendaraan baru Thor, yaitu sebuah kapal.

Hal baru ini menjadi inspirasi untuk kolaborasi Disney Indonesia bersama Kita Art Friends membawakan karya seni unik yang mengambil unsur kapal milik Thor.

Kita Art Friends bekerja sama dengan seniman bambu asal Indonesia, Teguh Paino, untuk menciptakan kapal menggunakan material bambu.

Bambu sendiri merupakan ciri khas dari Teguh Paino, yang sudah membuat ragam karya instalasi berbahan dasar bambu di Indonesia.

"Tentu saya sangat senang diberi kesempatan untuk membuat kapal yang terinspirasi dari kapal Thor ini," ucap Teguh Paino.

Lukisan mural dengan AR karya Kita Art Friends bersama Ismanto Wahyudi dan Nano Warsono dapat dilihat di Terowongan Kendal, mulai dari tanggal 6 Juli 2022.

Sedangkan karya palu Thor dari eCollabo8, lukisan pasir Vina Candrawati dan kapal bambu karya Teguh Paino dapat dinikmati di Marvel Studios Thor: Love and Thunder Exhibition di Mall Taman Anggrek mulai tanggal 1 Juli hingga 1 Agustus 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi