Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

7 Rekomendasi Drakor Bertemakan Romansa-Kuliner, Cocok untuk Pasangan yang Doyan Makan

Baca di App
Lihat Foto
dok. Disney+
Drama Korea Link: Eat, Love, Kill yang dibintangi oleh Yeo Jin Goo dan Moon Ga Young
|
Editor: Amalia Purnama Sari

KOMPAS.com – Drama Korea (drakor) selalu hadir dengan berbagai genre yang menarik perhatian para penonton. Salah satu genre populer di drakor adalah kuliner.

Selain menampilkan berbagai hidangan menggoda pada setiap episodenya, drakor bertemakan kuliner juga mengangkat kisah romansa menarik antara tokoh-tokohnya.

Penasaran dengan perjalanan kisah cinta aktor dan aktris sekaligus menikmati kuliner khas Korea Selatan? Berikut rekomendasi drakor dengan genre kuliner yang telah dirangkum oleh Kompas.com dari beberapa sumber.

1. Link: Eat, Love, Kill (2022)

Link: Eat, Love, Kill merupakan salah satu serial drakor terbaru yang mengusung genre kuliner, romantis, dan fantasi. Drakor yang tayang di Disney+ Hotstar ini diperankan langsung oleh aktor ternama Moon Ga Young dan Yeo Jin Goo.

Drakor ini menceritakan kisah koki terkenal peraih Michelin Star bernama Eun Gye Hoon (Yeo Jin Goo) yang secara tiba-tiba bisa merasakan emosi orang lain yang tak dikenalnya. Ia bahkan seringkali meneteskan air mata secara mendadak di depan pengunjung restoran.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Fakta Menarik di Balik Drakor LINK: Eat, Love, Kill yang Dibintangi Moon Ga Young

Merasa terganggu dengan gejala yang dialaminya, Gye Hoon memutuskan untuk mencari tahu mengenai masa lalunya, termasuk mengenai hilangnya saudara kembar perempuannya.

Penggalian masa lalunya ini menuntun Eun Gye Hoon kembali pada peristiwa tidak terlupakan  18 tahun lalu. Dalam proses pencariannya, Gye Hoon juga bertemu dengan seorang perempuan misterius bernama Da Hyun (Moon Ga Young).

Perlahan, Gye Hoon jatuh hati kepada Da Hyun. Namun, ketika bersama Da Hyun, dia merasakan emosi yang sama dengan saudara kembarnya yang hilang.

Ia pun dihadapkan pada dua pilihan, tetap meneruskan rasa sukanya pada Da Hyun atau fokus mencari kebenaran di balik hilangnya sang saudara kembar.

Baca juga: Drakor Eve Semakin Panas, Seo Ye Ji dan Park Byung Eun Hancurkan Bisnis hingga Keluarga

2. Sweet Munchies (2020)

Drakor Sweet Munchies ini mengisahkan tentang kisah cinta segitiga antara Jung Il Woo, Kang Ji Youn, dan Lee Hak Joo.

Kisah mula diawali dengan kebohongan seorang koki muda bernama Park Jin Sung (Jong Il Woo) yang bekerja di restoran kecil miliknya sendiri.

Memulai restoran untuk membayar biaya pengobatan sang Ayah, Park Jin Sung harus bekerja ekstra keras untuk menyelamatkan restorannya yang terancam tutup.

Di sisi lain, Kim Ah Jin (Kang Ji Young) harus bekerja lebih keras sebagai produser di tengah kariernya yang tidak stabil.

Seiring berjalannya waktu, Ah Jin menjadi lebih sering menghabiskan waktu di restoran Jin Sung. Ah Jin mengaku tengah menggarap sebuah program televisi yang diberi judul “Sweet Munchies”.

Baca juga: Sinopsis Dear X Who Doesnt Love Me, Drakor Terbaru Doyoung NCT

Dalam program itu, Ah Jin membutuhkan peran seorang koki penyuka sesama jenis untuk mengisi sebuah acara.

Merasa membutuhkan uang lebih, Jin Sung pun menawarkan diri untuk bekerja sama dengan Ah Jin. Ia berpura-pura untuk menjadi penyuka sesama jenis demi bisa tampil di acara tersebut.

Tak terduga, datanglah Kang Tae Wan (Lee Hak Joo), seorang desainer terkenal yang terlihat lesu dengan permasalahan misterius yang mengganggunya.

Kebohongan besar Jin Sung ini kemudian menempatkannya dalam posisi sulit dan menghadirkan cinta segitiga antara Ah jin dan Tae Wan yang memperebutkan Jin Sung.

Tae Wan khawatir Ah Jin akan menyukai Jin Sung. Tanpa diketahui Tae Wan, Ah Jin rupanya juga menyimpan rasa terhadap Jin Sung.

Ah Jin pun dihadapkan pada dua pilihan, yakni menunjukkan perasaannya atau menghilang dari Jin Sung dan Tae Wan.

Baca juga: 10 Drakor dengan Plot Twist yang Bikin Patah Hati

3. Chocolate (2019)

Salah satu drakor wajib untuk para pecinta kuliner adalah Chocolate. Drakor ini berkisah tentang seorang dokter bedah saraf dan koki yang kembali bertemu setelah berpisah cukup lama.

Kisahnya bermula ketika Moon Cha Young kecil (Ha Ji Won) sedang berlibur di kampung halaman neneknya. Ia tak sengaja mampir ke kedai milik nenek Lee Kang kecil (Yoo Kye Sang). Keduanya bertemu dan menjadi teman dekat.

Sayangnya, mereka berdua harus berpisah karena Lee Kang pindah ke Seoul dan Cha Young harus kembali ke kota setelah berlibur.

Lee Kang pun harus menjalani kehidupan yang berat lantaran ibunya adalah anak pembantu yang menikah dengan ayahnya, seorang dokter kaya.

Suatu hari, kejadian nahas menimpa ibu Lee Kang. Ia tertimpa reruntuhan gedung mall saat sedang membeli cokelat kesukaan Lee Kang.

Baca juga: 3 Rekomendasi Drakor yang Tayang Juli 2022 di Netflix

Pada saat yang bersamaan, ada seorang anak kecil yang juga menjadi korban dan terjebak di reruntuhan gedung. Anak kecil ini adalah Cha Young.

Berada di tempat kejadian yang sama, Ibu Lee Kang menyelamatkan Cha Young dengan memintanya untuk memakan cokelat untuk bisa bertahan hidup.

Sepeninggal sang Ibu, Lee Kang tumbuh dewasa menjadi seorang dokter bedah syaraf yang kompeten.

Sementara itu, Cha Young tumbuh menjadi seorang koki karena terinspirasi dari cokelat pemberian Ibu Lee Kang dan ingin menyajikan masakan enak agar membawa kebahagian bagi setiap orang yang memakannya.

Suatu hari, mereka kembali bertemu di sebuah rumah sakit. Cha Young langsung mengenali bahwa pria di hadapannya itu adalah Lee Kang, cinta masa kecilnya. Berbeda dengan Lee Kang, ia tidak mengenali Cha Young dan justru membencinya.

Keduanya pun harus melewati kisah berliku-liku hingga akhirnya tersadar bahwa mereka pun dapat kembali saling mengenal dan mencintai satu sama lain.

Baca juga: Niat Balikan dengan Mantan? Ini Rekomendasi 8 Drakor tentang CLBK 

4. Pasta (2010)

Drakor yang mengusung genre komedi, romantis, dan kuliner ini memiliki review cukup memuaskan. Dikutip dari IMDb, Pasta memiliki Raihan skor 7.7 dari total 10 angka.

Ceritanya berfokus pada Seo Yoo Kyung (Gong Hyo Jin), wanita yang memulai kariernya sebagai seorang koki dari nol. Ia mulai bekerja di sebuah restoran bernama La Sfera sebagai asisten juru masak.

Di restoran itu, Yoo Kyung memiliki seorang atasan bernama Choi Hyun Wook (Lee Sun Kyun). Ia adalah seorang senior yang gagah dan berwibawa.

Suatu hari, Choi Hyun memecahkan piring di hadapan semua koki karena melihat tampilan makanan di restoran yang begitu jelek.

Sejak saat itu, sifat asli Choi Hyun yang terkenal perfeksionis, ambisius, dan menyebalkan semakin terlihat. Bahkan, Seo Yoo selalu dibuat jengkel karena sikap atasannya itu. Choi Hyun bahkan tega memecat hampir semua koki wanita dan hanya menyisakan satu, yaitu Seo Yoo.

Karena terus ingin meraih impiannya menjadi koki masakan Italia yang profesional, Seo Yoo terus berjuang lebih keras untuk meraih mimpinya.

Usahanya meraih mimpinya itu akhirnya membuahkan hasil. Ia berhasil menjadi koki profesional.

Tak hanya mimpinya yang berhasil, Seo Yoo dan Choi Hyun pun terlibat cinta satu sama lain dan saling menyimpan rasa yang mendalam.

Baca juga: 3 Fakta Menarik Drakor Extraordinary Attorney Woo, Tayang di Netflix

5. Wok of Love (2018)

Wok of Love atau dikenal juga sebagai Greasy Melo merupakan drakor bergenre komedi, romantis, serta kuliner yang ditayangkan pada 2018 di salah satu televisi di Korea Selatan, SBS.

Drakor yang diperankan oleh Junho 2PM ini mengasah kemampuan beraktingnya dalam memerankan karakter koki bernama Seo Poong. Bahkan, untuk memerankan tokoh koki ini, Junho rela berlatih memasak agar terlihat sebagai koki profesional.

Wok of Love menceritakan kisah Seo Poong, koki spesialis masakan China yang bekerja di Giant Hotel. Seo Poong bekerja sebagai koki utama di restoran tersebut.

Sayangnya, Seo Poong harus melalui perjalanan yang rumit. Hal itu berawal dari sang kekasih, Seok Dal Hee (Cha Joo Young) yang berselingkuh dengan CEO Hotel tempatnya bekerja.

Tak hanya itu, sang CEO hotel sengaja menjebak Seo Poong dan membuat ia dipecat dari pekerjaannya.

Baca juga: 5 Drakor Remake dari Drama Seri Barat, Pilih Mana?

Merasa tak terima dengan perlakuan yang diterimanya, Seo Poong pun mencoba untuk membalas dendam dengan membangun restoran baru.

Akhirnya, Seo Poong memilih untuk menjadi koki sekaligus co-owner Hungry Wok, restoran China sederhana, tanpa pelanggan, dan hampir bangkrut milik Doo Chil Seong (Jang Hyuk).

Segala upaya dan kerja keras dilakukan oleh Seo Poong sehingga berhasil membawa restoran tersebut sukses dan mempekerjakan Dan Sae Woo (Jung Ryeo Won) sebagai server.

Tak disangka, Chil Seong justru jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Sae Woo. Namun, kisah cintanya tak berjalan mulus karena Seo Poong juga menyimpan rasa pada Sae Woo.

Ketiganya terlibat dalam cinta segitiga yang rumit di tengah kerja keras mereka dalam membangkitkan Hungry Wok kembali.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drakor Lee Min Ho dalam 1 Dekade Terakhir

6. Oh My Ghost (2015)

Drakor yang satu ini mengkolaborasikan sisi komedi-romantis, fantasi, dan kuliner menjadi satu.

Oh My Ghost besutan sutradara Yoo Je Won ini mengisahkan tentang seorang asisten dapur bernama Na Bong Sun (Park Bo Young) yang bekerja di restoran terkenal milik Kang Sun Woo (Jo Jung Suk).

Di balik sifatnya yang pendiam dan pemalu, Bong Sun rupanya memiliki kekuatan untuk bisa melihat makhluk dari dunia lain karena dirinya memiliki keturunan cenayang.

Bakat anehnya itu membuat Bong Sun kesulitan tidur saat malam hari. Alhasil, ia menjadi sering ketiduran saat tengah bekerja.

Sementara itu, Sun Woo yang bekerja sebagai atasan dari Bong Sun itu memiliki paras yang tampan, sehingga menarik perhatian banyak wanita.

Meski tampan, Sun Woo memiliki karakter yang tegas dan dingin. Ia kerap merasa sebal dengan Bong Sun yang sering tertidur ketika bekerja.

Karena kinerjanya yang tidak baik, Bong Sun kerap mendapatkan teguran dari Sun Woo. Hal ini lantas membuat Bong Sun dilema. Ia bingung harus mengundurkan diri atau bertahan, karena ternyata dia diam-diam menyimpan rasa terhadap Sun Woo.

Perasaan bimbang itu akhirnya membuat sosok hantu penggoda yang merasuki tubuh Bong Sun, yaitu Shin Soon Ae (Kim Seul Gi).

Arwah Soon Ae lantas membuat perubahan total pada kepribadian Bong Sun. Ia menjadi sosok yang lebih percaya diri, ceria, centil, cerdas, dan tegas.

Perubahan kepribadian inilah yang membuat Sun Woo akhirnya jatuh hati kepada Bong Sun.

Baca juga: Suka Drakor? 3 Serial Berikut Wajib Ditonton untuk Mengisi Waktu Senggang

7. Let’s Eat Season 1-3 (2013)

Let’s Eat adalah drakor dengan tema kuliner yang menyajikan berbagai makanan khas Korea Selatan pada setiap episodenya.

Drama yang tayang pada 2013 ini diperankan oleh Yoo Doo Joon yang bermain selama tiga season sekaligus.

Secara keseluruhan, Let’s Eat menceritakan Goo Dae Young (Yoo Doo Joon) yang memiliki bakat dalam mengekspresikan rasa makanan dengan cara yang berbeda.

Ia mengekspresikan kegemarannya dalam menyantap makanan dengan mengunggah foto piring sisa makan ke dalam blog-nya. Unggahan foto berupa piring itu menandakan bahwa makanan yang disantap begitu enak dan nikmat.

Rupanya, ulasannya dalam menyantap makanan di blog itu menarik perhatian banyak orang, salah satunya Lee Soo Kyung yang gemar menyantap berbagai makanan khas Korea Selatan.

Tak hanya soal makanan, Let’s Eat turut menyijikan kisah romansa apik. Tokoh utama Dae Young diceritakan memiliki hubungan cinta dengan setiap tokoh wanita pada setiap musimnya, yakni Lee Soo Kyung, Baek Soo Ji (Seo Hyun Jin), dan Lee Ji Woo (Baek Jin Hee).

Baca juga: Profil Pemain Drakor Link: Eat, Love, Kill, Bertabur Bintang

Itulah tujuh drakor dengan genre kuliner yang tentunya menghadirkan nikmatnya makanan khas Korea Selatan yang dipadukan dengan kisah percintaan yang bersemi dari makanan. Drakor mana yang menjadi pilihan Anda?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi