Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Nasihati Baim Wong, Ridwan Kamil: Tidak Semua Urusan di Dunia Ini Harus Selalu Dilihat dari Sisi Komersial

Baca di App
Lihat Foto
Instagram @ridwankamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak mau melewatkan kesempatan untuk ikut catwalk di lokasi penyeberangan yang berada di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, pada Rabu (20/7/2022).
|
Editor: Rintan Puspita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com- Pendaftaran merek Citayam Fashion Week ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen HKI) oleh Baim Wong, mendapat tanggapan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Orang nomor satu di daerah Jawa Barat itu menyarankan pada Baim untuk mencabut pendaftaran merek Citayam Fashion Week.

"Dear Baim Wong dkk. Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial," tulis Ridwan Kamil di Instagram @ridwankamil.

Baca juga: Sebelum Daftarkan Merek Citayam Fashion Week, Baim Wong Sebut Sudah Hubungi Bonge Dkk

"Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula," lanjutnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih lanjut Ridwan Kamil mengatakan bahwa fenomena seperti Citayam Fashion Week harus dibiarkan tetap apa adanya tanpa harus mengubahnya menjadi sesuatu yang terlihat lebih megah, mewah.

Karena menurutnya, ada masa di mana orang hanya membutuhkan ruang untuk berekspresi tanpa ada campur tangan orang lain.

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional," tulis Ridwan Kamil.

"Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," lanjutnya.

Baca juga: Mengenal 4 Remaja Citayam Fashion Week yang Mendadak Populer

Dalam unggahannya itu Ridwan Kamil juga menyarankan agar Baim mencabut pendaftaran HAKI atas merek Citayam Fashion Week.

"Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda," tulis Ridwan Kamil.

Diberitakan sebelumnya, Baim Wong membenarkan tentang perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week.

PT Tiger Wong Entertainment tercatat mengajukan permohonan kekayaan intelektual untuk merek "Citayam Fashion Week" pada 20 Juli 2022 dengan nomor pendaftaran JID2022052181.

Sempat mendapat cibiran atas tindakannya tersebut, Baim kemudian memberikan penjelasan tentang maksud dan tujuannya mendaftarkan merek Citayam Fashion Week.

"Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal dan enggak musiman. Dan yang paling penting, bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," tulis Baim di akun @baimwong.

"Tujuan besarnya lebih untuk kalian, lebih untuk Indonesia. Saya peduli dengan negara saya," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi