Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ketika Dian Sastro Pakai Kebaya Rp 55.000 hingga Bicara Fenomena Citayam Fashion Week…

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Revi C Rantung
Dian Sastro saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022).
|
Editor: Dian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com- Artis peran Dian Sastrowardoyo membahas serta mengajak perempuan di Indonesia untuk mulai mengenakan kebaya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingat pakaian kebaya sendiri menjadi saah satu pakaian nasional yang perlu untuk diperkenalkan lagi.

Saat ini, Dian Sastro juga mendukung gerakan Kebaya Goes to UNESCO.

Selain itu, Dian Sastro juga memberikan komentarnya tentang fenomena Citayam Fashion Week.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Dian Sastro Ungkap Harga Kebaya yang Dipakainya, Hanya Rp 55.000

Dukung kebaya Goes to UNESCO

Dian Sastro mendukung adanya gerakan Kebaya Goes to UNESCO, yang mana gerakan ini bertujuan untuk memperkenalkan kebaya sebagai warisan asal Indonesia.

Saat ini kebaya akan didaftarkan sebagai warisan budaya takbenda ke UNESCO. Adapun dari dukungan Dian Sastro serta kerjasama dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) merilis laman tradisikebaya.id.

Melalui laman itu, bintang AADC itu mengajak perempuan Indonesia mengenakan kebaya dan mengunggahnya lewat laman tersebut.

"Kenapa saya mau ikut ini karena saya suka kebaya dan jujur saya enggak sendiri. Saya tahu banyak yang suka kebaya, teman-teman artis influencer banyak," tutur Dian Sastrowardoyo di kawasan Thamrin Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2022).

Baca juga: Dian Sastro Akui Kagum dengan Fenomena Citayam Fashion Week

Dian berujar beberapa artis juga sudah diajaknya untuk mulai mengenakan kebaya, mulai dari Andien hingga Raisa.

"Dan saya ajakin bareng-bareng secara perosnal, saya teleponin kayak Andien yuk pakai kebaya barengan, terus ngopi pakai kebaya. Raisa aku ajakin juga jadi saya ajak temen-temen saya dan bersyukurnya banyak yang mau," tutur Dian Sastro menambahkan.

Pede pakai kebaya seharga Rp 55.000

Bagi Dian Sastro untuk bergaya mengenakan kebaya tak melulu dengan harga mahal.

Dian Sastro justru percaya diri mengenakan kebaya dengan harga yang relatif murah. Bahkan ia juga membeberkan harga kebaya yang dikenakan.

Baca juga: Dukungan Dian Sastro untuk Kebaya Goes to UNESCO

“Kebaya tuh enggak usah yang mahal-mahal, enggak usah. Kebaya yang aku pakai sekarang, jujur ya, aku kasih tahu, aku buka harganya, harganya Rp 55.000 saja dan saya beli online di market place,” ungkap Dian.

“Tidak ada lagi alasan kalau kebaya itu sesuatu yang menguras dompet. Kita enggak harus nunggu acara khusus untuk wah harus mewah banget, jangan sampai kita terjebak kalau kebaya itu untuk ajang pamer-pameran, karena sebenarnya bukan itu intinya,” ucap Dian Sastro.

 Kagum dengan Fenomena Citayam Fashion Week

Dalam kesempatan yang sama, Dian Sastro juga memberikan komentar terkait fenomena Citayam Fashion Week yang sedang menjadi bahan perbincangan publik.

Baca juga: Tantangan Dian Sastro untuk Anak Muda Citayam Fashion Week

Menurut Dian, Citayam Fashion Week memunculkan kreativitas anak muda dalam berpenampilan. Meski Dian tak menampik ada pro dan kontra dengan fenomen tersebut.

“Kagum juga sama fenomena tersebut karena saya kagum sama kreativitas mereka dan keberanian berekspresi dengan pro dan kontra, ada bagusnya, ada jeleknya, macam-macamlah ya,” kata Dian Sastrowardoyo.

Melihat antusias anak muda adu fashion dalam Citayam Fashion Week, justru membuat Dian Sastro ingin memberikan tantangan.

Dia berujar agar para anak muda Citayam Fashion Week bisa mengenakan pakaian nasional, salah satunya kebaya.

“Kalau misalnya teman-teman dari Citayam Fashion Week itu bisa mulai mengekspresikan diri pakai kebaya juga pakai boots, kayak pakai sneakers, itu sih salut aku,” tutur Dian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi