Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Joko Anwar Ungkap Rahasia Bikin Pengabdi Setan 2: Communion Lebih Seram

Lihat Foto
KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI
Sutradara Joko Anwar saat ditemui usai screening film Pengabdi Setan 2: Communion di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/8/2022). Joko Anwar mengungkap lokasi syuting Pengabdi Setan 2 di sebuah rusun tak berpenghuni selama 15 tahun.
|
Editor: Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar mengungkapkan rahasia yang ia terapkan saat membuat Pengabdi Setan 2: Communion terasa lebih menyeramkan.

Satu hal yang dilakukan Joko Anwar adalah membuat penonton peduli pada setiap karakter di Pengabdi Setan 2: Communion.

“Sebenarnya, rahasia untuk membuat film horor yang mengerikan itu, yang menakutkan itu, satu, membuat penonton peduli dengan karakternya. Ini sering dilupakan oleh pembuat film horor,” ucap Joko Anwar dalam jumpa pers di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Joko Anwar Persiapkan Pengabdi Setan 2: Communion Selama 3 Tahun

“Kita akan merasa takut kalau misalnya karakter tersebut kenapa-kenapa. Kalau kita enggak khawatir, karakternya tidak akan terkena bahaya, itu enggak akan menakutkan. Kita mungkin akan kaget jump scare, itu kaget saja, itu akan berakhir selama 3 detik,” ujar Joko Anwar melanjutkan.

Sebaliknya, jika penonton peduli pada karakter Tari, Dino, Rini, Boni, Ian, dan lain-lain, perasaan takut akan muncul.

“Jadi, yang saya lakukan adalah membuat penonton peduli dengan karakternya dengan cara mendesain skenario karakter dengan membuat orang peduli sama karakter,” tutur Joko Anwar.

Baca juga: Joko Anwar Beri Sinyal untuk Produksi Pengabdi Setan 3

Hal lain yang ia terapkan dalam sekuel Pengabdi Setan ini adalah memberikan peran kepada aktris serta aktor berbakat.

“Dan, memberikannya karakternya tersebut kepada pemain film yang skillfull dan talented. Makanya, saya membutuhkan para pemain yang berbakat dan mereka yang ada di sini adalah orang yang terbaik di Indonesia untuk tampil di depan kamera,” kata Joko Anwar.

Pengabdi Setan 2: Communion ditayangkan di IMAX pada tanggal 30 Juli 2022.

Sekuel film Pengabdi Setan itu dirilis ke bioskop-bioskop umum pada 4 Agustus.

Baca juga: Joko Anwar Ungkap Lokasi Rumah Susun yang Dijadikan Tempat Syuting Pengabdi Setan 2: Communion

Itu menjadikan Pengabdi Setan 2: Communion film pertama dari Indonesia sekaligus Asia Tenggara yang menjalani DMR (Digital Remastering) dengan teknologi IMAX.

Pemain-pemain lama yang sudah muncul pada film pertama seperti Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egy Fedly, dan Ayu Laksmi, akan kembali memerankan karakter mereka.

Para pemain baru di film Pengabdi Setan 2: Communion itu adalah Muzzaki Ramdhan (Wishu), Fatih Unru (Ari), Ratu Felisha (Tari), Jourdy Pranata (Dino), Kiki Narendra (Ustaz Mahmud), Iqbal Sulaiman (Darto), dan Nazifa Fatiah Rani (Wina).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua

Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi