Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

5 Rekomendasi Film Bertema Hacker

Baca di App
Lihat Foto
IMDb
Poster film Citizenfour
|
Editor: Rintan Puspita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com- Beberapa hari ini nama hacker Bjorka ramai diperbincangkan di media sosial setelah mengunggah sejumlah dokumen penting.

Tak hanya ada di dunia nyata, dunia hacking tak kalah menarik sampai akhirnya menjadi inspirasi beberapa judul film.

Dari kisah nyata hingga fiktif, berikut beberapa film bertema hacker yang bisa dinikmati.

Citizenfour (2014).

Merupakan film dokumenter yang disutradarai oleh Laura Poitras.

Sutradara Laura Poitras mengedit film di Jerman setelah terbang langsung ke sana dari Hong Kong dengan rekaman Snowden, untuk mencegah FBI muncul dengan surat perintah penggeledahan untuk hard drive-nya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Poitras dengan Snowden terjadi di tahun 2013, di sebuah hotel di mana Citizenfour yang mengirimkan email saat itu akhirnya mengaku bernama Edward Snowden.

Baca juga: Sinopsis Snowden, Bocornya Rahasia Pemerintah

Sepanjang, film ini menawarkan sketsa kecil yang mendahului dan mengikuti wawancara Snowden, termasuk William Binney berbicara tentang program NSA, dan akhirnya bersaksi di depan Parlemen Jerman mengenai mata-mata NSA di Jerman.

Film dokumentar ini dibintangi oleh Edward Snowden sebagai dirinya sendiri.

Snowden (2016)

Film thriller biografi politik ini disutradarai oleh Oliver Stone dan naskahnya ditulis oleh Oliver Stone dan Kieran Fitzgerald berdasar buku The Snowden Files dan Time of the Octopus.

Bercerita tentang Edward Snowden, profesional komputer yang membocorkan informasi rahasia dan NSA pada The Guardian tahun 2013.

Baca juga: Rekomendasi Situs Nonton Drama Korea

Dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt sebagai Snowden, film ini sempat sukses dan meraih box office keempat di tahun 2016.

Blackhat (2015)

Berawal dari sebuah sistem pembangkit nuklir di Hong Kong dan sistem sebuah grup bernama Mercentile Trade Exchange di Chicago diretas oleh seorang hacker.

Melihat situasi ini, Carol Barret (Viola Davis), seorang agen federal, menyarankan agar FBI bekerja sama dengan China untuk mengusut tuntas masalah ini.

Pemimpin dari tim China, Chen Da Wai (Leehom Wang), menyarankan agar Nick Hathaway (Chris Hemsworth) dibebaskan dari masa tahanannya untuk membantu mereka dalam misi ini.

Bukan karena tanpa alasan dirinya ingin merekrut Nick kedalam tim mereka. Melainkan karena mereka menyadari bahwa pelaku dibalik serangan ini menggunakan sebuah malware yang diciptakan oleh Chen dan Nick ketika mereka masih berkuliah di MIT.

Die Hard 4.0 (2007)

Sekuel keempat dari film Die Hard ini dibintangi oleh Bruce Willis sebagai John McClane.

Film ini dibuat berdasar artikel tahun 1997 berjudul A Farewell to Arms.

Berkisah tentang tanggapan FBI atas pemadaman komputer di Divisi Keamanan Cyber. FBI lantas meminta detektif John McClane (Bruce Willis) untuk mendatangkan peretas bernama Matthew Farrel atau Matt (justin Long).

The Hacker Wars (2014)

The Hacker Wars adalah sebuah film tentang penargetan hacktivis, aktivis, dan jurnalis oleh pemerintah Amerika.

Film ini mengikuti pejuang informasi yang melawan, dan menggambarkan pertempuran berbahaya di mana hacktivis berjuang untuk kebebasan informasi.

Hacktivist memengaruhi dunia dengan cara baru dengan menggunakan informasi pemerintah melawan sendiri untuk memanggil mereka yang berkuasa.

Temui para hacker yang mencoba mengubah dunia dan terkadang mereka masuk penjara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: IMDb
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi