Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

4 Pelajaran Hidup dari Film Noktah Merah Perkawinan

Baca di App
Lihat Foto
IMDb
Film Noktah Merah Perkawinan tayang pada 2022.
|
Editor: Dian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com- Film Noktah Merah Perkawinan karya sutradara Sabrina Rochelle saat ini masih tayang di seluruh bioskop Indonesia.

Adapun film Noktah Merah Perkawinan diadaptasi dari judul sinetron yang populer pada era 1996 silam yang dibintangi oleh Ayu Azhari sebagai Ambar dan Cok Simbara sebagai Priambodo.

Dalam filmnya menggandeng aktor top yakni Marsha Timothy sebagai Ambar dan Oka Antara sebagai Gilang.

Baca juga: Kutipan Kata-kata Bijak Film Noktah Merah Perkawinan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Noktah Merah Perkawinan berpusat pada sebuah keluarga yakni Ambar dan Gilang yang telah membina hubungan rumah tangga selama belasan tahun.

Namun sayang ada sebuah masalah kecil hingga munculnya sosok orang ketiga yang membuat rumah tangga mereka diambang kehancuran.

Kendati demikian, lewat film ini terdapat beberapa pesan moral atau pelajaran hidup yang bisa diambil.

Kompas.com merangkumnya sebagai berikut.

1. Belajar untuk saling terbuka dan komunikasi dalam hubungan

Hubungan Ambar dan Gilang sejak awal film dimulai memiliki masalah yang sepele di mana keduanya saling tak berkomunikasi.

Dari sinilah masalah dimulai, Gilang yang terkesan menghindar dan diam terhadap Ambar, sementara Ambar mencoba menyelesaikan semuanya sendiri. Namun hal itu justru membawa bumerang bagi rumah tangga mereka.

Lewat Ambar dan Gilang kita bisa belajar untuk saling berkomunikasi dalam sebuah hubungan, walaupun masalah sekecil apapun itu.

Baca juga: Ayu Azhari Unggah Adegan Ikonik Noktah Merah Perkawinan: Tampar, Mas!

Hal itupun juga disampaikan oleh Marsha Timothy.

“Kalau misalnya dilihat oleh semua, pasti semua setuju komunikasi yang baik dalam setiap hubungan itu adalah penting dan membuat komunikasi baik itu enggak mudah sama sekali,” kata Marsha Timothy.

2. Selesaikan masalah tanpa emosi

Dalam beberapa adegan dalam film Noktah Merah Perkawinan seringkali diperlihatkan bagaimana Ambar dan Gilang yang menyelesaikan masalah dengan amarah.

Sayangnya masalah tersebut bukannya selesai malah semakin runyam.

Baca juga: Oka Antara dan Karakter Menariknya dalam Film Noktah Merah Perkawinan

Inipun mengajarkan penonton agar tetap dengan ‘kepala dingin’ untuk menyelesaikan masalah agar tak terbawa emosi sesaat.

3. Hindari bertengkar di depan anak

Pertengkaran dalam sebuah rumah tangga akan memberikan dampak negatif terhadap anak. Ini juga yang terjadi saat rumah tangga Ambar dan Gilang diterpa masalah, yang membuat dua anaknya Bagas dan Ayu turut menjadi korban.


Dalam film Noktah Merah Perkawinan, Bagas dan Ayu kerap terlihat bingung ketika orangtua mereka bertengkar atau saling berbeda pendapat.

Namun tidak hanya itu, adapula adegan Ambar dan Gilang yang menyembunyikan pertengakaran mereka di hadapan anak-anak langsung.

4. Jangan menyakiti perasaan satu sama lain

Dalam sebuah kesempatan, Oka Antara juga membeberkan pesan moral yang bisa diambil dalam film karya sutradara Sabrina Rochelle ini.

“Kita akan secara enggak sadar berkaca terhadap diri sendiri banyak melakukan tindakan-tindakan tak sengaja yang nyakitin perempuan,” kata Oka Antara.

“Bukan kita yang mau ya, kita bisa defensif kita enggak mau nyakitin perempuan tapi kadang-kadang lupa secara refleks kita punya kerjaan tujuan tertentu yang ingin kita capai. Tapi dalam prosesnya itu kita mencederai perasaan seorang perempuan,” tambah Oka.

Demikian sederet pesan moral maupun pelajaran hidup yang bisa diambil dari film Noktah Merah Perkawinan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi