Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Pertunjukan Setelah Lewat Djam Malam, Pertemukan Film dan Teater

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Revi C Rantung
Sutradara Yudi Ahmad Tajudin dan deretan pemain pertunjukan Setelah Lewat Djam Malam dalam jumpa pers di Gedung Planetarium, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2022).
|
Editor: Andi Muttya Keteng Pangerang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah film klasik karya sutradara Usmar Ismail yang berjudul Lewat Djam Malam (1954) diadaptasi menjadi pertunjukan teater yang berjudul Setelah Lewat Djam Malam.

Diketahui, Usmar Ismail merupakan sutradara yang dikenal sebagai Bapak Perfilman Indonesia.

Yang menarik, pertunjukan Setelah Lewat Djam Malam ini mempertemukan antara film dan teater dalam satu panggung.

Baca juga: Lewat Jam Malam, Peraih Emas Singapura Diperiksa

Adapun pertunjukan Setelah Lewat Djam Malam disutradarai oleh Yudi Ahmad Tajudin serta menggandeng deretan aktor, seperti Reza Rahadian, Lukman Sardi, Kelly Tandiano, Sal Priadi, Dira Sugandi, dan Josh Marcy.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yulia Evina Bhara selaku produser Setelah Lewat Djam Malam mengungkap alasan memilih film Lewat Djam Malam untuk diadaptasi ke dalam teater.

“Ini adalah film yang disutradarai oleh Usmar Ismail dan salah satu tonggak penting perfilman Indonesia. Secara estetika dan temanya sangat penting,” kata Yulia dalam jumpa pers di Gedung Planetarium, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Sinopsis Empire of Light, Kisah Teater The Empire dan Para Pegawainya

“Dilakukan dalam bentuk yang baru dan kolaborasi dengan anak muda. Itulah kenapa film Lewat Djam Malam dipilih dan kita beri judul Setelah Lewat Djam Malam,” tambah Yulia.

Yudi Ahmad Tajudin sebagai sutradara menimpali pertunjukan ini berharap karyanya nanti bisa dikenal banyak kalangan, seperti anak muda.

“Bikin pertunjukan yang mana mendialogkan medium teater dengan film. Di proyek ini dialog antar media panggung dan panggung karena temanya relevan,” tutur Yudi.

Baca juga: Selain Film dan Series, Ada Teater Musikal Cek Toko Sebelah

“Sebagai sutradara dalam bayangan saya ini akan menyenangkan kalau penonton muda bisa datang dan ikut melihat silang media ini,” tambah Yudi lagi.

Sementara Reza Rahadian dan Dira Sugandi mengaku senang dapat terlibat dalam pertunjukan ini. Terlebih dengan silang media antara film dan teater di atas panggung sama.

“Kalau waktu mendengar pertunjukan ini tentu rasanya bisa terlibat dan dibuat ke panggung, wah, apalagi film (yang diadaptasi) penanda kebangkitan film Indonesia,” ucap Reza Rahadian.

Baca juga: Jadwal Pementasan Festival Teater Jakarta 1-9 Oktober 2022

“Saya senang diajakin dan untuk Dahlia yang saya perankan, kalau di film itu lihatnya sebenarnya kayak polos, tapi enggak polos banget sih,” timpal Dira Sugandi.

Rencananya pertunjukan Setelah Lewat Djam Malam akan digelar di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki pada 2 dan 3 Desember 2022.

Sedikit informasi, untuk film Lewat Djam Malam sendiri berkisah tentang seorang pemuda mantan pejuang revolusi bernama Iskandar.

Dia mencoba beradaptasi dengan kehidupan normal di Bandung bersama kekasihnya, Norma. Dalam kondisi Indonesia yang pada saat itu baru merdeka, tentara memberlakukan jam malam di Bandung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi