Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

5 Rekomendasi Film tentang Guru

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Disney+ Hotstar
Film Sokola Rimba
|
Editor: Andi Muttya Keteng Pangerang

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi seorang guru tidaklah mudah seperti yang dibayangkan karena cukup banyak rintangan yang harus dihadapi.

Hingga banyak sineas yang mengadaptasi perjuangan para guru dalam sebuah karya film yang tentunya dapat menginspirasi para penonton.

Seperti lima rekomendasi film tentang guru berikut ini, baik dalam negeri maupun mancanegara, yang dapat membuat Anda terinspirasi.

Baca juga: Deretan Film Animasi yang Dibuat dengan Teknik Stop Motion, Bikin Terpukau!

1. Front of the Class (2008)

Film tentang guru selanjutnya ini dibintangi oleh aktor dan aktris kenamaan Amerika seperti Jimmy Wolk, Treat Williams, dan Patricia Heaton.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film ini menceritakan tentang seorang guru bernama Brad Cohen yang memiliki penyakit Tourette Syndrome, di mana si penderita sering mengeluarkan kata-kata aneh secara spontan.

Cohen bertekad untuk menjadi guru karena masa lalu yang dilaluinya ketika masih kecil.

Meskipun ditolak berkali-kali, akhirnya ada sekolah yang bersedia mempekerjakan dirinya sehingga Cohen berhasil menjadi salah satu guru berprestasi di sekolahnya.

Baca juga: Sinopsis Film Incendies, Rahasia Kelam Si Kembar

Front of the Class sejatinya merupakan film adaptasi kisah nyata yang dapat menginspirasi siapa saja yang menontonnya.

2. Teacher’s Diary (2014)

Teacher’s Diary merupakan film Thailand yang menceritakan tentang perjuangan dua orang guru di daerah yang sangat terpencil.

Mereka berjuang untuk mengajari para anak-anak nelayan yang sudah lama tidak terjamah pendidikan.

Selain menginspirasi, film ini juga dihiasi dengan hal-hal kocak hingga kisah romantis di antara kedua guru yang mulai menunjukkan rasa ketertarikan.

Baca juga: Artis-artis Berperan Jadi Guru dalam Film Indonesia

3. Sokola Rimba (2015)

Sokola Rimba adalah film tentang guru yang diadaptasi dari kisah nyata Butet Manurung, seorang aktivis sosial dan antropolog kelahiran Jakarta.

Kisahnya mengikuti perjuangan Butet Manurung (Prisa Nasution) dalam mencerdaskan anak-anak Suku Anak Dalam seorang diri di kedalaman hutan Jambi.

Di tengah perjuangannya tersebut, masyarakat setempat tidak sepenuhnya menerima karena mereka percaya bahwa ilmu pengetahuan justru dapat membawa mala petaka bagi mereka.

Meskipun begitu, Butet sama sekali tidak menyerah, bahkan ia memperluas daerah ajarnya.

Baca juga: 3 Rekomendasi Film dan Drama yang Dibintangi Lee Seung-gi

4. Alangkah Lucunya (Negeri Ini) (2010)

Alangkah Lucunya (Negeri Ini) merupakan film drama Indonesia karya Deddy Mizwar yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan Asrul Dahlan.

Kisahnya mengikuti seorang sarjana bernama Muluk (Reza Rahadian) yang telah menganggur selama dua tahun.

Hingga suatu waktu ia bertemu dengan kawanan pencopet yang masih berusia anak sekolah yang dipimpin oleh Jarot (Tio Pakusadewo).

Muluk berusaha untuk meyakinkan Jarot agar ia dapat bekerja dengannya untuk mengelola keuangan hasil copet.

Baca juga: Pertunjukan Setelah Lewat Djam Malam, Pertemukan Film dan Teater

Usaha Muluk pun berbuah manis, tetapi di sisi lain ia ingin memberikan pendidikan gratis bagi para pencopet tersebut hingga Muluk pun mengajak temannya seorang sarjana pendidikan, Samsul.

5. The Great Debaters (2007)

Karya dari Denzel Washington ini mengisahkan tentang tim debat Wiley College di Texas yang mengambil latar pada tahun 1935.

Saat itu, isu mengenai rasis terhadap orang-orang berkulit hitam masih marak terjadi dan seperti sudah menjadi hal yang biasa.

Namun, seorang dosen bernama Melvin B. Tolson memberanikan diri untuk membentuk tim debat yang bertempat di wilayah yang kuat dengan isu tindakan rasismenya.

Hingga ketika mereka berhasil meraih kemenangan dalam kejuaraan debat nasional, menjadi inspirasi bagi banyak orang di sekitarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi