Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Batal Nikah gara-gara Sertifikat Rumah, Ini Kronologi Kisah Viral Ryan Dono dan Yessy

Baca di App
Lihat Foto
YouTube Curhat Bang Denny Sumargo
Yessy yang viral karena disebut minta mahar rumah
|
Editor: Rintan Puspita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com- Cerita gagal menikah Ryan Dono dan Yessy gara-gara meminta sertifikat rumah sebagai mahar, mendadak viral di media sosial.

Gagalnya pernikahan mereka bahkan membuat keduanya banyak diundang ke berbagai acara untuk menceritakan kisah yang dialami.

Seperti apa kronologi cerita viral batal nikah Yessy dan Ryan Dono? Berikut kisah lengkapnya.

Unggahan di TikTok

Kehebohan kisah batal nikah antara Yessy dan Ryan Dono menjadi ramai dan diketahui publik karena Yessy mengunggah cerita versi dirinya ke TikTok.

Di akun @kayeeesss_ itu Yessy mengunggah video perjalanan hubungannya dengan seorang pria yang belakangan diketahui identitasnya bernama Ryan Dono.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Viral Video Kontestan Ratu Kecantikan Tersetrum di Panggung

Mulai dari prewedding, menyiapkan seragam bridesmaid, bridal shower. Tapi dari semua persiapan itu, Yessy menceritakan H-3 sebelum pernikahan tiba-tiba saja diberitahu bahwa calon pengantin wanita bukan dirinya melainkan wanita lain.

Yessy kemudian memperlihatkan undangan serta foto-foto prewedding yang dibakar.

Video tersebut ditonton lebih dari 20 juta kali dan akhirnya viral.

Muncul balasan dari Ryan Dono

Setelah ramai unggahan dari Yessy, Ryan kemudian membuat unggahan sebagai balasan cerita versi dirinya.

Ryan mengutarakan bahwa yang membatalkan pernikahan bukan dari pihaknya, melainkan dari pihak wanita.

"Bilangnya kalau mau nikah sama aku harus ada sertifikat rumah, kalau enggak ada sertifikat rumah, kita lebih baik batal nikah, aku lebih memilih orang tua," ujar Ryan di akun @hokcay22.

Baca juga: Dijuluki Dilan KW hingga Viral di TikTok, Siapa Alif Cepmek?

Ryan membantah menikah dengan wanita lain

Muncul memberikan klarifikasi, Ryan juga membantah tuduhan Yessy yang menyebut dirinya menikah dengan wanita lain.

"Enggak bener, ya mudah-mudahan aku nikah sama orang lain mendapatkan lebih baik dari dia, hati mah enggak bisa dibohongin, sakit," kata Ryan.

Ryan mengunggah pesan WhatsApp

Semakin ramai tentang kisah keduanya membuat Ryan akhirnya mengunggah percakapan antara dirinya dengan Yessy.

Dalam pesan WhatsApp tersebut terlihat Yessy mempertanyakan tentang mahar rumah dengan alasan mas kawin harus ditulis untuk di buku pernikahan.

Dari percakapan tersebut, Yessy yang kemudian menyimpulkan untuk membatalkan pernikahan.

"Pokoknya mulai sekarang aku enggak bisa lanjut. Aku mending malu sekarang daripada nyesel nanti," tulis Yessy dalam salah satu pesan yang diunggah Ryan Dono.

Atas kejadian tersebut yang ramai dibicarakan netizen, keduanya kemudian diundang di berbagai program acara televisi dan podcast.

 

Klarifikasi Yessy

Dalam salah satu program acara televisi, Yessy mengaku pesan WhatsApp yang diunggah Ryan sebenarnya adalah pertanyaan dari dia tentang jadi tidaknya sertifikat rumah dijadikan sebagai mahar pernikahan. Yessy merasa perlu bertanya untuk kepentingan keterangan yang tertulis di buku nikah. 

"Sempat ada bahasa dari beliau ke Yessy bahwa maharnya tersebut adalah sebuah rumah dan dimana Yessy di salah satu pesan yang dia posting, Yessy konteksnya sekedar menanyakan, 'jadi tidak rumah dijadikan mahar,'" kata Yessy dikutip dari Rumpi Trans tv. 

"Ternyata jawaban dia kan bingung. Setahu Yessy yang namanya mahar pasti harus tertulis, disebutkan juga di ijab kabul, akhirnya kita kesalahpahaman dan terjadilah seperti ini, yang disebut orang-orang Yessy meminta sertifikat," lanjutnya. 

Pernyataan Yessy ini juga akhirnya dibantah oleh Ryan yang mengatakan bahwa tidak pernah ada pembicaraan tentang mahar berupa rumah. 

"Belum pernah (bilang dijadikan mahar), cuma aku pernah bilang kalau udah nikah itu rumah ada, tapi bukan untuk dituangkan di buku nikah ya, untuk disiapkan buat udah nikah, kata dia 'iya'," kata Ryan Dono di Rumpi Trans tv. 

"Kenapa tiba-tiba dia mau menuangkan di buku nikah si sertifikat, mahar yang sebelumnya suruh diganti kata dia, ada chat-nya, aku bingung, kenapa sih sih maharnya enggak minta dari dua bulan yang akan datang, kenapa pas hari H," sambungnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi