Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Deretan Member Termuda Grup K-Pop yang Jadi Leader, Ada Jungwon ENHYPEN

Baca di App
Lihat Foto
DOK. Kpop.fandom
Jungwon - ENHYPEN.
|
Editor: Amalia Purnama Sari

KOMPAS.com - Sejumlah grup Korean pop (K-pop) biasanya memilih leader atau pemimpin dengan usia tertua. Member dengan usia tertua dianggap memiliki wibawa, sehingga bisa bersikap adil, bertanggung jawab, tegas, serta berkomunikasi dengan baik.

Namun, saat ini usia tampaknya tidak lagi menjadi patokan dalam memilih leader. Kini telah banyak grup K-pop yang memilih member dengan usia muda sebagai leader.

Penasaran siapa saja member muda dipercaya menjadi leader? Simak ulasan yang telah dirangkum dari Sportskeeda.com berikut.

Baca juga: Lirik Lagu Lemonade - Lee Eun Sang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Lee Eun Sang - Younite (26 Oktober 2002)

Eun Sang merupakan co-leader Younite, boy group asal Korea Selatan yang bernaung di agensi Brand New Music.

Sebelum debut bersama Younite, dia dikenal sebagai eks member X1 yang dibentuk oleh CJ E&M melalui acara survival show Mnet Produce X 101. Setelah Younite bubar, Eun Sang debut sebagai solois dengan merilis album tunggal Beautiful Scar pada 31 Agustus 2020.

2. Taehun - TNX (19 November 2002)

Taehun adalah leader dari boy group Korea Selatan TNX yang baru saja debut di bawah naungan agensi P NATION.

TNX dibentuk melalui survival show LOUD yang diselenggarakan oleh P NATION. Pada 17 Mei 2022, grup ini debut dengan merilis album mini Way Up.

Baca juga: Ada Masalah Pribadi, Jinni Keluar dari NMIXX dan JYP Entertainment

3. Haewon - NMIXX (25 Februari 2003)

Haewon adalah leader dari girl group NMIXX. Dia merupakan salah satu leader K-pop termuda di antara girl group populer di industri K-pop.

Pada 5 November 2021, Haewon dikonfirmasi sebagai member keenam dari NMIXX. Grup ini debut dengan single album AD Mare pada 22 Februari 2022.

4. Yujin - IVE (1 September 2003)

Yujin adalah leader dari girl group populer IVE yang debut di bawah agensi Starship Entertainment pada 1 Desember 2021. Ia merupakan eks member IZ*ONE bersama Jang Wonyoung yang kini juga menjadi member IVE.

IVE merupakan girl group pertama yang debut di agensi Starship Entertainment setelah WJSN pada 2016 lalu. Grup ini pernah masuk dalam chart tangga lagu Billboard lewat lagu Love Dive.

Baca juga: IVE Buat Rekor Baru di Chart Billboard Global 200

5. Jungwon - ENHYPEN (9 Februari 2004)

Jungwon adalah leader dari boy group generasi keempat ENHYPEN bentukan Hybe Corporation, agensi yang juga menangungi grup populer, seperti BTS, TXT, dan SEVENTEEN.

ENHYPEN merupakan grup yang dibentuk dari acara survival show I-Land. Grup ini debut pada 30 November 2020 dengan merilis mini album berjudul Border: Day One. Saat debut, Jungwon masih berusia 16 tahun.

6. Juhyeon - Lightsum (8 April 2004)

Juhyeon adalah leader dari girl group Lightsum yang bernaung di bawah agensi Cube Entertainment, satu label dengan (G)I-DLE. Lightsum debut pada 10 Juni 2021 dengan merilis lagu single berjudul Vanilla.

Baca juga: Siapa Best Leader Kpop 2022?

Sebelum menjadi member Lightsum, Juhyeon sudah lebih dulu aktif sebagai salah satu peserta survival show The Unit: Idol Rebooting Project pada 2017.

Setahun kemudian, ia berpartisipasi sebagai peserta survival show Dancing High yang tayang di stasiun TV KBS2.

Itulah enam daftar member muda yang dipilih menjadi leader grup. Siapakah leader grup K-pop muda yang menjadi idolamu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi