Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Kondisi Rumah Tiko dan Ibu Eny Setelah Dibersihkan, Tak Lagi Menyeramkan

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Cynthia Lova
Kondisi terkini rumah Tiko dan Ibu Eny di kawasan Klender, Jakarta Timur, Jumat (6/1/2023).
Penulis: Cynthia Lova
|
Editor: Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Tiko dan Ibu Eny sudah dibersihkan oleh para YouTuber, warga sekitar, petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) hingga Damkar (pemadam kebakaran) setempat pada Selasa, 2 Januari 2023 lalu.

Rumah yang berlokasi di Klender, Jakarta Timur, tersebut sebelumnya tak terawat, kotor, penuh debu, dan nyaris tertutup tanaman.

Kini dari sisi depan, rumah Tiko terlihat lebih terang dan megah karena pepohonan di depan rumahnya sudah ditebang.

Baca juga: Tak Ada Niat Jual Rumahnya, Tiko: Karena Peninggalan Papa

Hal itu diakui oleh Ketua RT 006 RW 002, Klender, Jakarta Timur, Noves Haristedja.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Perubahannya jauh, enggak seram lagi. Bahkan sekarang ramai ya kayak tempat wisata, kan banyak warga pada ke sini,” ujar Noves di Klender, Jakarta Timur, Jumat (6/1/2023).

Bagian dalam rumah juga menjadi jauh lebih bersih dan terang. Lantai rumah tak lagi penuh debu seperti penampakan ketika awal viral.

Hanya ada beberapa sampah yang masih terlihat di belakang rumahnya.

Baca juga: Tiko Ungkap Kondisi Ibu Eny di Rumah Sakit

Rumah Ibu Eny dan Tiko tampak kosong karena tidak ada barang atau perabotan di dalamnya. Bahkan, di tujuh kamar itu tidak terlihat perabotan seperti rumah yang ditinggali.

Hanya tersisa kitchen set, meja makan, dan sofa panjang yang sudah usang.

Noves mengatakan, para YouTuber hingga warga akan kembali gotong royong membersihkan rumah Tiko dan Ibu Eny pada Sabtu (7/1/2023) besok.

Bahkan, menurut Noves teman-teman YouTuber juga bakal membantu untuk memasang kembali listrik rumah Tiko dan Ibu Eng. Dengan begitu, rumah Tiko dan Ibu Eny bisa kembali terawat.

“Besok, kita akan lanjutkan bersih-bersih. Kemarin sebenarnya udah dicuci ya, tapi diinjak-injak lagi ya sama pengunjung sehingga kotor lagi. Besok kita niatkan untuk dipel lagi,” ucap Noves.

Baca juga: Puji Sosok Tiko yang Rawat Ibunya di Rumah Tanpa Listrik dan Air Selama 11 Tahun, Nafa Urbach: Cintamu Tanpa Syarat

“Tadi udah ketemu sama petugas Dankar tadinya rencana hari ini tapi saya bilang "jangan Pak soalnya banyak orang, takutnya udah bersih kotor lagi. Udah bersih pada masuk lagi, besok kita semprot lagi. Insya Allah besok,” tutur Noves.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi