Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

5 Rekomendasi Film Seru untuk Menyambut Imlek 2023

Baca di App
Lihat Foto
Screenrant
Stephen Chow disebut hanya akan jadi cameo di Kung Fu Hustle 2
|
Editor: Mikhael Gewati

KOMPAS.com – Tahun Baru China atau Imlek merupakan perayaan yang dilakukan masyarakat Tionghoa di seluruh dunia sebagai ucapan rasa syukur dan harapan akan rezeki pada masa depan.

Menurut kalender Georgian atau kalender yang dipakai di dunia saat ini, Imlek jatuh di tanggal berbeda setiap tahunnya, yakni antara 21 Januari hingga 20 Februari. Tahun ini, Imlek jatuh pada 22 Januari 2023.

Banyak hal yang bisa dilakukan selama Imlek, mulai dari berbagi angpau, jalan-jalan ke festival khas Imlek, hingga makan dan berkumpul bersama keluarga.

Jika Anda biasa menghabiskan momen Imlek dengan berkumpul dengan keluarga, tidak ada salahnya untuk menonton film bersama. Terlebih, kini telah banyak jenis film yang bisa ditonton, mulai dari animasi, drama, hingga action atau laga.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Libur Panjang Imlek, Waspadai Cuaca Ekstrem

Dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber, berikut lima rekomendasi film yang bisa ditonton bersama keluarga atau orang-orang tercinta selama Imlek.

1. Wish Dragon (2021)

Wish Dragon menceritakan kisah Din (Jimmy Wong), mahasiswa yang bekerja sampingan sebagai pengantar paket.

Ia memiliki harapan untuk bisa bertemu dengan Li Na (Natasha Liu Bordizzo), tetangga masa kecilnya yang telah pindah jauh.

Suatu hari, Din mendapatkan teko antik dari seorang pria tua. Ketika digosok, teko ini mengeluarkan naga ajaib bernama Long (John Cho).

Long merupakan naga yang ditugaskan para dewa untuk melayani dan mengabulkan tiga permintaan para pemegang teko ajaib.

Baca juga: Apakah Ada Cuti Bersama Imlek 2023?

Perjalanan Din dengan teko ajaib bukanlah tanpa rintangan. Ia berkali-kali harus menghindari kejaran para preman yang ingin mendapatkan teko ajaibnya.

Ketika menonton Wish Dragon, penonton akan diajak menyelami kisah persahabatan seru antara Din dan Long.

Wish Dragon bisa disaksikan melalui platform menonton online Netflix.

2. Kung Fu Hustle (2004)

Kung Fu Hustle mungkin menjadi salah satu film klasik yang popularitasnya tidak lekang oleh waktu. Film ini tidak pernah membosankan untuk ditonton meski telah diputar berkali-kali di layar kaca.

Selain aksi laga yang memukau, film yang disutradarai Stephen Chow ini menyajikan berbagai adegan komedi yang sangat menghibur penonton.

Baca juga: Resep Ayam Jahe, Menu Makan Pilihan Sambut Imlek

Film ini menceritakan sosok Sing (Stephen Chow), pria jalanan yang ingin bergabung dengan Geng Kapak. Geng populer ini diketuai oleh pembunuh berdarah dingin bernama Brother Sum.

Dalam perjalanannya bergabung dengan Geng Kapak, Sing tanpa sengaja bertemu dengan komunitas yang anggotanya jago kung fu.

Komunitas ini memiliki sejumlah anggota dengan kemampuan bertarung yang luar biasa. Beberapa di antaranya adalah wanita pemilik pondokan (Yuen Qiu) dan pria pemilik pondokan (Yuen Wah).

Sing pun terjebak di antara pertarungan sengit dua kubu. Mampukah Sing memenuhi keinginannya untuk bergabung menjadi anggota Geng Kapak?

Kung Fu Hustle bisa disaksikan lewat platform Prime Video.

Baca juga: 5 Cara Membuat Kue Keranjang Fu ala Taiwan, Sajian untuk Tahun Baru Imlek

3. Crazy Rich Asians (2018)

Crazy Rich Asians merupakan film drama-romantis asal Amerika Serikat (AS) yang disutradarai Jon M Chu. Jon merupakan sutradara yang populer berkat film In The Heights (2021), Now You See Me 2 (2016), Step Up 3D (2011), dan Step Up 2: The Streets (2008).

Film ini dibintangi sejumlah nama-nama populer Hollywood, mulai dari Constance Wu, Henry Golding, Awkwafina, Michelle Yeoh, dan Gemma Chan.

Ceritanya berfokus pada Rachel Chu (Constance Wu), seorang profesor ekonomi asal AS yang menjalin hubungan dengan Nick Young (Henry Golding).

Nick mengajak Rachel untuk menghadiri pesta pernikahan sahabatnya di Singapura, sekaligus ingin memperkenalkan Rachel kepada keluarga besarnya.

Rachel pun menyambut antusias ajakan itu. Saat tiba di Singapura, Rachel kaget dengan kondisi Nick yang sesungguhnya. Sebab, Nick merupakan anak dari keluarga kaya raya dan berpengaruh di Singapura.

Baca juga: Kelenteng Tertua di Yogyakarta Siap Gelar Ibadah Imlek, Tak Ada Pembatasan

Ia merasa minder saat bersama keluarga Nick. Terlebih, sang ibu, Eleanor Sung-Young (Michelle Yeoh) secara terang-terangan menunjukkan ketidaksukaannya pada Rachel. Eleanor ingin memiliki menantu yang memiliki status sosial sama dengan dirinya.

Lantas, akankah Rachel berhasil meluluhkan hati Eleanor? Akankah cinta Rachel dan Nick bertahan hingga akhir?

Crazy Rich Asians bisa disaksikan melalui platform streaming online Netflix.

4. All’s Well, Ends Well (1992)

Film komedi yang disutradarai oleh Clifton Ko ini berkisah tentang perjalanan cinta tiga bersaudara, Shang Moon (Raymond Pak-Ming Wong), Shang Foon (Stephen Chow), dan Shang So (Leslie Cheung).

Shang Moon merupakan seorang pebisnis yang hobi berselingkuh. Ia memperlakukan istrinya dengan tidak baik.

Baca juga: Mengenal Ciam Si, Tradisi Ramal Khas China Kuno Jelang Imlek

Shang Foon adalah seorang disc-jockey (DJ) dan playboy kelas kakap yang senang bermain-main dengan banyak wanita.

Sementara, si bungsu Shang So merasa bingung dengan identitasnya karena tidak tertarik menjalin hubungan romantis dengan pria.

Ketiganya pun berjuang menghadapi kehidupan dan kisah cinta masing-masing yang rumit dan membingungkan.

All’s Well, Ends Well bisa disaksikan melalui platform iQIYI.

5. Last Train Home (2009)

Last Train Home merupakan film dokumenter yang cocok disaksikan bersama keluarga selama Imlek.

Baca juga: Resep Bihun ala Singapur, Sajian Nikmat Saat Imlek

Film yang digawangi Lixin Fan ini mengisahkan perjalanan Changhua Zhang dan Squin Chen, pasangan suami istri asal China yang bekerja sebagai buruh migran di luar negeri.

Perjalanan hidup Zhang dan Chen merupakan salah satu dari 130 juta kisah pekerja migran asal China yang bekerja di negeri asing.

Keduanya hanya bisa pulang ke kampung halaman saat Imlek. Zhang dan Chen memutuskan untuk pergi merantau agar bisa keluar dari jerat kemiskinan.

Last Train Home merupakan film dokumenter yang menyentuh karena menceritakan perjalanan hidup para pekerja migran asal China untuk menyambung hidup keluarga.

Film ini cocok ditonton bersama keluarga karena menceritakan kehangatan dan makna penting Imlek bagi para pekerja migran di luar negeri yang merindukan orang-orang terkasih di kampung halaman.

Baca juga: Apakah Ada Cuti Bersama Imlek 2023?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi