Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

5 Film tentang Pembunuh Berantai, Didasarkan pada Sosok Psikopat Dunia Nyata!

Baca di App
Lihat Foto
Twentieth Century Fox
Anthonyn Hopkins sebagai Hannibal Lecter dan Jodie Foster sebagai Clarice Starling dalam film The Silence of the Lambs (1991).
|
Editor: Mikhael Gewati

KOMPAS.com – Serial Dahmer (2022) mendapatkan perhatian cukup besar dari penonton pada masa penayangannya.

Melansir Comic Book, Kamis (20/10/2022), Dahmer berhasil menempati urutan kedua sebagai series berbahasa Inggris kedua terbaik yang tayang di Netflix.

Kesuksesan Dahmer itu membuktikan bahwa kisah sadis pembunuh berantai digemari para penonton. Terlebih ketika kisahnya didasarkan pada cerita dan karakter nyata.

Sebelum Dahmer, industri perfilman Hollywood sudah beberapa kali merilis film tentang pembunuh berantai yang karakternya didasarkan pada kisah nyata.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah-kisahnya pun sangat seru untuk ditonton karena menampilkan banyak adegan mencekam dengan karakter pembunuh psikopat yang berbahaya.

Baca juga: Menilik Rekam Jejak Wowon, Pembunuh Berantai Bekasi dan Cianjur yang Hilangkan 9 Nyawa

Merangkum Movie Web, Senin (5/12/2023), berikut lima rekomendasi film mengenai pembunuh berantai yang didasarkan pada karakter di dunia nyata.

1. Psycho (1960)

Film klasik garapan sutradara kondang Alfred Hitchcock ini mengisahkan tentang Marion Crane (Janet Leigh), sekretaris di sebuah perusahaan yang kabur setelah menggelapkan dana sebesar 40.000 dollar Amerika Serikat (AS).

Di tengah perjalanan , ia memutuskan untuk menginap di Bates Motel. Pemilik motel ini adalah Norman Bates (Anthony Perkins, lelaki pendiam yang tinggal bersama ibunya.

Selama menginap di Bates Motel, Marion merasakan banyak kejanggalan pada diri Norman dan lingkungan motel.

Meski cerita fiksi, karakter Norman Bates didasarkan pada sosok pembunuh berantai populer, Ed Gein. Ed merupakan pembunuh sadis yang hobi mengoleksi potongan tubuh manusia untuk dijadikan sebagai furnitur rumah.

Baca juga: Pemilik Kontrakan Ungkap Pembunuh Berantai di Bekasi Beli Cangkul Miliknya Rp 50.000

Psycho sendiri telah memenangkan banyak penghargaan pada ajang film, mulai dari Best Supporting Actress pada Golden Globes hingga Best Motion Picture pada Edgar Allan Poe Awards.

Beberapa adegan yang ada dalam film ini bahkan menjadi rujukan sejumlah film thriller atau horor masa kini.

2. The Texas Chainsaw Massacre (1974)

Sama seperti Psycho, The Texas Chainsaw Massacre terinspirasi dari cerita hidup pembunuh berantai Ed Gein.

Film yang disutradarai oleh Tobe Hooper ini bercerita tentang kisah lima anak muda, Sally Hardesty, Franklin Hadesty, Jerry, Pam, dan Kirk yang melakukan perjalanan ke sebuah wisma tua di daerah Newt, Muerto County, Texas.

Di tengah perjalanan, kelima anak muda ini bertemu dengan seorang pria di pinggir jalan. Mereka pun memberinya tumpangan.

Baca juga: Wowon Si Pembunuh Berantai Diusir Warga Desa Saat Pulang ke Cianjur 2 Hari Usai Bunuh Keluarganya di Bekasi

Namun, sebuah insiden terjadi yang mengakibatkan pria penerima tumpangan marah dan menyerang Franklin. Kelima pemuda itu pun mendepak pria tersebut dari mobil.

Perjalanan panjang mereka berlanjut. Tanpa sadar, mobil yang ditumpangi kelima anak muda ini kehabisan gas. Mereka pun mampir ke sebuah pom bensin tua di tengah jalan.

Namun, sang pemilik pom bensin mengaku kehabisan gas. Kelimanya pun memutuskan untuk pergi ke sebuah rumah terbengkalai untuk mencari gas.

Tiba-tiba, mereka bertemu dengan pemuda aneh dengan gergaji mesin dan masker wajah yang terbuat dari kulit manusia. Pemuda dengan julukan Leatherface itu tinggal di sebuah rumah mengerikan yang berisi mayat-mayat dan potongan tubuh manusia.

Kelima anak muda ini pun mencari berbagai cara untuk bisa bebas dari kejaran Leatherface.

Baca juga: Pembunuh Berantai yang Racuni Satu Keluarga di Bantargebang Lakukan Penipuan Berkedok Supranatural, Ini Perannya

3. Zodiac (2007)

Zodiac merupakan film besutan sutradara ternama asal AS, David Fincher. Film ini dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr, dan Mark Ruffalo.

Kisahnya berfokus pada kartunis bernama Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) yang bekerja di San Francisco Chronicle.

Pada kurun waktu itu, AS sedang dikejutkan dengan aksi pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Zodiac Killer. Robert pun memutuskan bekerja sama dengan Paul Avery (Robert Downey Jr) untuk mengungkap sosok Zodiac Killer.

Aksi pengungkapan identitas Zodiac Killer tidaklah mudah, karena ia selalu memberikan kode-kode misterius mengenai aksi pembunuhan selanjutnya.

Baik Robert dan Paul berusaha keras agar pembunuhan yang dilakukan Zodiac Killer bisa berhenti.

Baca juga: Peran 3 Pembunuh Berantai yang Racuni Satu Keluarga di Bekasi, Didalangi dan Didanai Wowon

Di sisi lain, seorang detektif bernama David Toschi (Mark Ruffalo) tengah menyelidiki kasus pembunuhan berantai ini. Ia memiliki keinginan untuk mengungkap identitas asli Zodiac Killer.

Kisah film Zodiac didasarkan pada cerita nyata Zodiac Killer yang menghantui masyarakat California bagian utara pada 1960-an.

Zodiac Killer diketahui telah membunuh total 37 orang. Namun, hanya lima korban yang berhasil dikonfirmasi oleh polisi.

Sampai saat ini, identitas asli Zodiac Killer masih belum terungkap. Kasus pembunuhan Zodiac Killer masih menjadi misteri tak terpecahkan yang populer di tengah masyarakat.

4. Monster (2003)

Monster adalah film yang didasarkan pada kisah nyata pembunuh berantai bernama Aileen Wuornos yang telah membunuh tujuh orang. Aileen dieksekusi mati pada 9 Oktober 2002.

Baca juga: Sosok Wowon, Pembunuh Berantai Bekasi, Cianjur, dan Garut, Menurut Istri Keempat

Aileen merupakan wanita penghibur yang mencari rezeki dari para pengendara mobil.

Ia berteman dengan seorang gadis kesepian bernama Selby Wall (Christina Ricci). Keduanya kemudian menjadi sepasang kekasih.

Suatu malam, Aileen mengaku disiksa dan hampir diperkosa oleh salah satu pelanggannya. Ia pun memberontak dan langsung menembak pelanggan itu dengan pistol.

Peristiwa tersebut mengubah Aileen. Dia menjadi sosok pembunuh yang kerap merampok dan membunuh korbannya. Uang hasil rampokan itu digunakan untuk memenuhi kebutuhannya dan Selby.

Lambat laun, Selby merasa curiga kepada Aileen. Ia memutuskan untuk mencari tahu dari mana Aileen mendapatkan banyak uang.

Setelah mengetahui aksi mengerikan Aileen, Selby memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Ohio.

Baca juga: Misteri Keluarga Keracunan di Bantargebang Mulai Tersingkap, 3 Orang Ditangkap

Di sisi lain, terdapat dua pembunuh bayaran yang mengincar Aileen. Keduanya ingin mendapatkan bayaran tinggi dengan menyerahkan Aileen kepada polisi.

Meski berkisah tentang pembunuh berantai yang sadis, Monster juga menceritakan kehidupan Aileen yang tumbuh dalam kemiskinan dengan masa kecil yang suram dan terbuang.

5. The Silence of the Lambs (1991)

The Silence of the Lambs merupakan film garapan Jonathan Demme. Film ini berhasil membawa pulang lima piala Oscar pada 1992, yakni Best Picture, Best Actor, Best Actress, Best Director, dan Best Adapted Screenplay.

Kisahnya menceritakan tentang sosok Clarice Starling (Jodie Foster), siswa unggulan di akademi pelatihan Federal Bureau of Investigation (FBI).

Suatu hari, Clarice ditugaskan untuk mewawancarai Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins), psikiater sekaligus pembunuh berantai yang sadis. Ia mendekap di balik jeruji besi atas kasus pembunuhan dan kanibalisme.

Baca juga: Penyebab Kematian Keluarga di Bantar Gebang Masih Misteri, Keracunan atau Diracun?

Tugas Clarice adalah mencari tahu tentang sosok Buffalo Bill, pembunuh berantai incaran polisi. Ia adalah pembunuh kejam yang kerap menguliti para korbannya.

Hannibal dipercaya memiliki informasi penting mengenai sosok Buffalo Bill. Namun, proses wawancara dengan Hannibal tidaklah mudah.

Sebab, Hannibal merupakan sosok misterius yang pandai memanipulasi perasaan dan pikiran orang-orang. Clarice pun diminta untuk tidak menceritakan persoalan pribadinya kepada Hannibal.

Clarice sendiri merupakan sosok yang tangguh dan cerdas. Ia memiliki kemampuan brilian dalam bidang psikologi dan kriminologi.

Meski demikian, Clarice memiliki masa lalu yang kelam dan menyakitkan. Ia ditinggalkan sosok ayah yang bertugas sebagai polisi.

Sosok Buffalo Bill pada The Silence of the Lambs didasarkan pada sosok pembunuh berantai asal AS, Gary Heidnik.

Baca juga: Kapolres Baru Depok Janji Tuntaskan Misteri Kematian Akseyna di Danau UI

Gary merupakan pembunuh berantai yang menculik, menyiksa, dan memperkosa enam perempuan di sebuah ruang bawah tanah di Philadelphia, Pennsylvania, AS.

Sementara itu, karakter Dr Hannibal Lecter terinspirasi dari pembunuh sadis asal Meksiko, Alfredo Ballí Treviño. Ia adalah mantan dokter asal Monterrey yang dihukum mati karena membunuh dan memutilasi pacarnya, Jesus Castillo Rangel.

Alfredo juga dituduh melakukan pembunuhan terhadap beberapa penumpang mobil pada akhir 1950 dan awal 1960-an.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: movieweb.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi