Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Drakor Terbaik tentang Time Travel, dari Zaman Kerajaan hingga Masa Depan

Baca di App
Lihat Foto
IMDb
Still foto Mr Queen, Chicago Typewriter, dan Sisyphus: The Myth.
|
Editor: Amalia Purnama Sari

KOMPAS.com – Drama Korea (drakor) terkenal memiliki berbagai kisah dengan tema unik dan beragam. Salah satu tema populer adalah time travel atau perjalanan waktu.

Tema time travel drakor pun tidak membosankan, karena dibumbui dengan berbagai unsur lain, seperti percintaan, thriller, politik, hingga aksi laga mendebarkan.

Melansir Screen Rant, Rabu (6/7/2022), berikut drama Korea bertema time travel terbaik dari zaman kerajaan, masa kini, hingga masa depan.

1. Mr. Queen (2020)

Mr Queen adalah drama yang disutradarai Yoon Sung-sik dan dibintangi Shin Hye-sun sebagai Ratu Cheorin serta Kim Jung-hyun sebagai Raja Cheoljong pada era Joseon.

Drakor ini menceritakan tentang kisah Ratu Cheorin yang kerasukan jiwa manusia modern. Sosok manusia modern yang merasukinya adalah chef laki-laki bernama Jang Bong Hwan (Choi Jin-Hyuk).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Berlatar Kantor

Bong Hwan pun terlibat dalam intrik dan kekacauan politik kerajaan. Terlebih ketika ia mengetahui misteri gelap Raja Cheoljong yang ternyata bukan raja sungguhan.

Di sisi lain, Raja Cheoljong yang tampak lembut dan baik hati ternyata licik. Ia berusaha untuk melengserkan orang-orang di istana, termasuk salah satunya Ratu Cheorin atau Bong Hwan.

Meski berbalut intrik politik dan pembunuhan, drama adaptasi dari serial web Go Princess Go ini bergenre komedi sehingga akan membuat semua penonton tertawa dari awal hingga akhir.

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo merupakan salah satu drakor populer karena memiliki tema cerita yang luas, mulai dari perjalanan waktu dan romansa, drama dan intrik politik, serta adegan-adegan yang menyayat hati.

Sama dengan Mr. Queen yang bertemakan kerajaan, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo berkisah mengenai perempuan abad ke-21 bernama Go Ha Jin (IU) yang terseret ke masa lalu saat terjadi gerhana matahari total.

Baca juga: 5 Aktris Drama Korea yang Sukses di Usia 30-an, Ada Park Min Young hingga Shin Min Ah

Ha Jin terbangun di tubuh wanita bernama Hae Soo pada tahun 941 atau era Dinasti Goryeo. Kondisi itu membuat Ha Jin terlibat dalam konflik keluarga kerajaan Wang yang berkuasa pada masa pemerintahan Raja Taejo.

Hae Soo awalnya jatuh cinta dengan Pangeran ke-8 Wang Wook (Kang Ha-neul) yang lembut dan ramah, tetapi kemudian menjalin hubungan dengan Wang So (Lee Joon-gi), Pangeran ke-4 yang menakutkan dan menyembunyikan wajahnya di balik topeng.

Seiring berkembangnya kisah cinta yang dialami Hae Soo atau Go Ha Jin, tanpa sadar dia terjebak dalam politik istana dan persaingan di antara para pangeran saat mereka memperebutkan tahta.

3. Chicago Typewriter (2017)

Cerita perjalanan waktu Chicago Typewriter mengusung konsep reinkarnasi yang menggambarkan persahabatan tiga orang pada era pendudukan Jepang di Korea Selatan pada 1930-an yang melintas ke zaman sekarang.

Baca juga: Rekomendasi Drama Korea yang Ceritanya Mirip The Glory

Orang pertama adalah Han Se Joo, seorang penulis pada masa lampau yang pada zaman sekarang menjadi penulis yang karyanya laris manis. Namun, Se Joo tertekan menghadapi writer’s block (kebuntuan menulis) sehingga tidak bisa menulis buku berikutnya.

Kemudian, ada Yu Jin Oh yang memiliki sebuah bar di kehidupan sebelumnya. Pada 2017, dia adalah ghostwriter (pengarang untuk orang lain) yang dapat menyelamatkan Se Joo dari kesulitannya.

Namun, sosok Yu Jin Oh yang misterius memiliki syarat tertentu untuk menggunakan jasanya, Syarat ini membuat Se Joo kesulitan untuk memenuhinya.

Tokoh selanjutnya adalah Jeon Seol yang merupakan seorang penembak jitu pada masa lampau. Sekarang, dia memiliki keahlian yang sangat bervariasi, yakni mantan calon atlet olimpiade, dokter hewan, dan pecinta buku yang menjalankan layanan pengirimannya sendiri.

Jeon Seol juga terombang-ambing antara menjadi fandom ekstrem dan anti-fandom Se Joo.

Baca juga: Sinopsis Chicago Typewriter, Masa Lalu yang Terhubung Lewat Mesin Tik Tua

Kisah antara penulis, ghostwriter, dan penggemar ini bertambah menarik ketika mereka mulai menggali kebenaran pada masa lampau dan mempengaruhi hubungan mereka pada masa sekarang.

4. Tunnel (2017)

Tunnel menceritakan sosok detektif bernama Park Gwang Ho (Choi Jin Hyuk) pada 1986. Ia berambisi untuk menangkap seorang pembunuh berantai.

Saat sedang mengejar tersangka melewati sebuah terowongan, Gwang Ho tanpa sengaja terseret masuk ke masa depan. Pembunuh berantai incarannya pun berhasil kabur.

Gwang Ho lantas menganggap hidupnya mungkin akan hancur jika tidak menangkap pembunuh berantai tersebut. Dia lantas percaya bahwa menangkap si pelaku akan mengirimnya kembali ke waktunya sendiri.

Pada dunia masa depan, Gwang Ho menemukan banyak kejutan. Dia bahkan bertemu dengan beberapa karakter yang familier pada masa lampau.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Drakor Crash Course in Romance

Drama Korea ini tidak hanya menggambarkan serunya aksi detektif mengungkap penjahat, tetapi juga menyelami sudut pandang psikopat yang hidup di tengah-tengah masyarakat.

5. Sisyphus: The Myth (2021)

Sisyphus: The Myth adalah drama thriller fiksi ilmiah yang menyoroti kisah Han Tae-Sul (Cho Seung-woo), seorang insinyur jenius dan penemu yang mendapati dirinya terjebak dalam konspirasi tentang perjalanan waktu.

Tae-Sul bertekat mengungkap misteri pembunuhan kakaknya, tetapi ditarik ke dalam permainan berbahaya yang melibatkan organisasi misterius dan teknologi pengubah masa depan.

Saat tiba di masa depan, dunia didominasi geng dan kelompok militer. Untuk bertahan hidup dan mewujudkan misinya, Tae Sul dibantu Gang Seo Hae (Park Shin-Hye), seorang pejuang yang kembali ke masa lalu untuk membantu Tae-Sul.

Sisyphus: The Myth memiliki nuansa yang hampir mirip dengan Terminator. Kisah perjalanan waktu Tae Sul dan Seo Hee turut diwarnai dengan humor dan laga keren. Ceritanya juga seru karena mengeksplorasi tentang takdir, identitas, dan sifat waktu.

Baca juga: 20 Rekomendasi Drakor Lucu dan Romantis, Bikin Tertawa Sekaligus Berbunga-bunga

Drama ini dibesut Jin Hyuk, sutradara yang menggarap drakor populer Dr. Stranger dan Master's Sun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Screen Rant
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi