Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

6 Serial yang Diadaptasi dari Game, Ada The WItcher hingga The Last of Us

Baca di App
Lihat Foto
IMDb
Poster serial The Last of Us, The Witcher, dan Halo yang diangkat dari game.
|
Editor: Amalia Purnama Sari

KOMPAS.com – Bermain game merupakan salah satu aktivitas yang digemari banyak orang. Bahkan ada sebagian orang yang menjadikan gamers (pemain gim) sebagai profesi serius.

Game menjadi salah satu industri hiburan dengan pertumbuhan sangat cepat, terlebih sejak munculnya pandemi Covid-19. Melansir Exploding Topics, jumlah gamers secara global diperkirakan mencapai 3,32 miliar dan jumlah game aktif mencapai 3,09 miliar.

Dengan jumlah fantastis itu, tidak mengherankan jika kini game diadaptasi ke medium atau bentuk lain, seperti film dan serial. Contoh film dan serial yang diadaptasi dari game adalah Resident Evil (2002), Silent Hill (2006), Prince of Persia: The Sands of Time (2010), Sonic The Hedgehog (2020), dan Uncharted (2022).

Dalam beberapa tahun ke depan, ada puluhan game yang sedang dalam proses diadaptasi menjadi film atau serial, seperti Pac-Man, Assassin’s Creed, Devil May Cry, hingga God of War.

Sembari menunggu beberapa film atau serial tersebut rilis, berikut enam serial adaptasi dari game yang menarik untuk disimak yang dihimpun Kompas.com dari berbagai sumber:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 5 Game RPG Mirip Genshin Impact

1. The Witcher (2019)

The Witcher diangkat dari game berjudul sama yang menceritakan Geralt of Rivia, seorang mutan pemburu monster profesional. Ia hidup pada abad pertengahan ketika raja, ratu, dan penyihir korup berkuasa.

Cerita berfokus kepada Geralt, Putri Mahkota Ciri dari Cintra, dan penyihir wanita Yennefer dari Vengerberg yang hidup dalam waktu berbeda-beda.

Penonton akan diajak menjelajahi peristiwa yang membentuk karakter mereka sepanjang musim pertama sebelum akhirnya bergabung menjadi satu timeline.

Geralt terhubung dengan Ciri karena Geralt tanpa sadar menuntut Ciri sebagai hadiah atas jasanya memerangi musuh. Meski sebenarnya tidak ingin, Geralt ingin menepati janjinya untuk menjaga Ciri.

Setelah keduanya bertemu, Geralt membantu Ciri melawan berbagai pengejarnya untuk mencegah sosok magis yang jahat.

Baca juga: Batal Perankan Superman, Henry Cavill Dipastikan Tak Kembali ke The Witcher

The Witcher masih akan berlanjut dalam musim ketiganya yang direncanakan rilis pada akhir 2023. Serial yang dibintangi Henry Cavill, Anya Chalotra, dan Freya Allan ini tayang di Netflix.

2. Resident Evil (2022)

Setelah sukses dengan lima sekuel Resident Evil yang dibintangi Milla Jovovich sebagai Alice, film adaptasi dari game dengan judul yang sama ini bakal dihadirkan dalam bentul serial.

Plot utama serial Resident Evil terbagi menjadi dua timeline, yaitu tahun 2022 dan 2036. Plot masa lalu membahas perjuangan saudara kembar Billie dan Jade, anak-anak Dr Albert Wesker yang dikandung melalui keadaan mencurigakan.

Hidup mereka berubah secara dramatis ketika Albert dianugerahi posisi eksekutif di Umbrella Corporation yang pernah mempekerjakannya. Mereka pun pindah ke New Raccoon City, kota buatan Umbrella Corp.

Setibanya di sana, Billie dan Jade menemukan rahasia gelap di balik asal-usul mereka dan sejarah gelap Umbrella Corp. Ternyata, ayah mereka mengoordinasikan tanggapan terhadap wabah senjata biologis yang disebut T-virus.

Baca juga: Daftar Pemenang Steam Awards 2021, Resident Evil Village Sabet Gelar Game of The Year

Garis waktu kemudian melompat ke tahun 2036. Pada saat ini, T-virus telah mereduksi peradaban manusia menjadi 300 juta pengungsi.

Manusia kini tinggal di negara-kota bertembok dan pemukiman lain. Sebab, manusia dikelilingi enam miliar zombie pemakan manusia yang dikenal sebagai Zeroes, orang yang tertular penyakit T-virus.

Organisasi paling kuat yang tersisa di bumi adalah Umbrella Corp dengan persenjataan militernya pun memburu Jade untuk tujuan misterius.

Resident Evil hadir di Netflix dalam delapan episodes yang penuh aksi menegangkan.

3. Halo (2022)

Halo mengajak penonton menjelajahi abad ke-26. Pada termin waktu ini, terjadi pertempuran antara umat manusia yang diwakili United Nations Space Command dan ancaman alien yang dikenal sebagai Kovenan.  

Baca juga: Sinopsis Resident Evil: Welcome to Raccoon City, Perjuangan Raccoon City Melawan Umbrella Corporation

Ketika sebuah artefak misterius berhasil dimiliki prajurit super Spartan, Master Chief (Pablo Schreiber), konflik antara dua makhluk ini semakin runcing.

Pasalnya, artefak tersebut merupakan salah satu benda suci bagi Kovenan. Sementara itu, bagi umat manusia, artefak tersebut bisa memberikan kekuatan.

Meski diadaptasi dari game Halo, cerita serial ini tidak mengikuti alur game secara utuh. Serial ini cenderung menonjolkan drama pada karakter-karakternya sembari menghibur penonton dengan aksi-aksi menegangkan.

Selain menampilkan karakter-karakter ikonik di game Halo, serial ini akan menyuguhkan pertempuran luar angkasa dengan visual masa depan yang memukau.

Serial ini dikembangkan Kyle Killen dan Steven Kane ke dalam sembilan episode dengan eksekutif produser terkenal Steven Spielberg. Paramount+ sebagai distributor resmi mengonfirmasi tengah memproduksi musim kedua Halo.

Baca juga: The Last of Us Part II Kumpulkan Penghargaan Terbanyak Sepanjang Sejarah Game

4. Mortal Kombat: Legacy (2011–2013)

Mortal Kombat adalah salah satu game legendaris yang rilis pada 1992 dengan cerita dan karakter unik. Game buatan Ed Boon dan John Tobias ini terkenal hadir dalam bentuk kabinet arkade sebelum bisa dimainkan lewat konsol game di rumah.

Bagi penggemar game asli, cerita Mortal Kombat: Legacy akan menarik karena menjadi prekuel dari game aslinya, sehingga menjelaskan latar belakang beberapa karakter yang sebelumnya tidak banyak diketahui.

Pada musim pertamanya, serial ini menunjukkan alasan mereka untuk berpartisipasi dalam turnamen Mortal Kombat yang menjadi dasar pada jalan cerita game pertama.

Mortal Kombat: Legacy mengisahkan dunia yang harmonis berubah saat penguasa dari Outworld memperluas daerah tiraninya.

Untuk menghalau pasukan dari Outworld, petarung-petarung terbaik dari bumi mengikuti turnamen Mortal Kombat guna menghindarkan bumi dari kekuasaan Outworld.

Baca juga: Serial The Last of Us: Sinopsis, Pemain, dan Fakta Menarik

Sementara itu, musim kedua serial ini menampilkan klimaks pada turnamen dan menghadirkan lebih banyak karakter terkenal, seperti Liu Kang, Kung Lao, Ermac, Kuai Lang, Stryker, Kitana, Mileena, Kenshi, Sub- Zero, dan  Raiden.

5. Street Fighter: Assassin's Fist (2014)

Salah satu game legendaris yang pertama kali muncul dalam bentuk permainan arkade adalah Street Fighter. Game dari Jepang ini diluncurkan pertama kali pada 1987 oleh Capcom.

Dengan penceritaan karakter pada game yang cenderung terbatas, penggemar bisa menyelami pembentukan karakter ikonik lewat serial ini, yakni Ryu dan Ken saat masih menjadi petarung tradisional di belantara pegunungan Jepang.

Mereka berdua berlatih di bawah guru mereka, yakni Goken. Orang ini merupakan praktisi terakhir dari gaya bertarung kuno yang dikenal sebagai Ansatsuken (Assassin's Fist).

Meski awalnya dikembangkan sebagai seni bela diri untuk membunuh, orang yang bisa menguasai Ansatsuken mampu memanipulasi energi chi/ki menjadi teknik khusus yang dapat menghancurkan sesuatu dengan lebih mematikan.

Baca juga: The Last of Us Part II Sudah Terjual 4 Juta Kopi, Kalahkan Spider-Man

Saat Ryu dan Ken belajar tentang masa lalu misterius Master Goken serta warisan tragis dan gelap dari gaya Ansatsuken, kedua sahabat itu menjadi saingan berat saat pelatihan dan berubah ke arah yang tidak diinginkan.

6. The Last of Us (2023)

The Last of Us diadaptasi dari game aksi-petualangan pascaapokaliptik yang dikembangkan Naughty Dog pada 2013. Kini, game populer ini akan diproduksi HBO ke dalam bentuk serial. 

Dibesut oleh Craig Mazin dan Neil Druckmann, The Last of Us akan tetap mengusung jalan cerita yang sama dengan game. Tim produksi tidak banyak melakukan perubahan agar serial memiliki tingkat orisinal yang sama dengan game-nya.

Serial ini menceritakan Joel (Pedro Pascal) dan Ellie (Bella Ramsey), dua orang yang selamat dari wabah jamur mematikan karena telah menghancurkan umat manusia.

Pada game pertama, The Last of Us mengikuti perjalanan Joel dan Ellie melintasi Amerika Serikat dalam upaya menemukan keamanan dan obat untuk infeksi tersebut.

Sepanjang jalan, mereka harus menghadapi penyintas yang bermusuhan, makhluk terinfeksi, dan pasukan militer.

Baca juga: 4 Hal Menarik tentang Serial The Last of Us, Ada Christine Hakim

Game kedua, The Last of Us Part II, memiliki setting waktu lima tahun setelah game pertama. Ellie memulai perjalanan balas dendam kepada merka yang telah menghancurkan hidupnya.

Game The Last of Us mengeksplorasi tema cinta, benci, balas dendam, dan konsekuensi dari kekerasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi