Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

4 Rekomendasi Film Box Office Korsel, Ada The Point Men dan The Night Owl

Baca di App
Lihat Foto
Dok. MyDramalist
Film Korea The Roundup (2022)
|
Editor: Mikhael Gewati


KOMPAS.com – Industri film di Korea Selatan (Korsel) terkenal dengan drama Korea (drakor)-nya. Padahal, negeri gingseng ini juga memproduksi banyak film dengan berbagai genre yang dinikmati para penonton di seluruh dunia.

Sama seperti drakor, film Korsel juga memiliki alur cerita dan efek yang menarik. Adanya penampilan aktor dan aktris dengan akting menawan turut memberikan daya tarik film-film Korsel.

Korean Film Biz Zone (KOBIZ) mencatat, selama 2022, terdapat sejumlah judul film yang memiliki peminat cukup tinggi. Beberapa film ini bahkan masuk dalam daftar box office atau mendapatkan penghasilan melebihi biaya produksi dalam kurun waktu beberapa hari saja.

Penasaran apa saja daftarnya? Simak ulasan yang dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber berikut ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Deretan Film Korea yang Akan Tayang di Netflix pada 2023

1. The Roundup (2022)

Film besutan sutradara Lee Sang Young ini berhasil menjadi salah satu film yang masuk ke dalam daftar box office. Film yang dirilis pada 1 Juni 2022 ini berhasil menggaet total 11,6 juta penonton dan mengumpulkan lebih dari 102,8 juta dollar Amerika Serika (AS).

Bahkan, di hari pertama penayangannya, film yang merupakan sekuel dari The Outlaws tersebut berhasil menjaring 467.000 penonton.

The Roundup menceritakan kisah Ma Suk Do (Ma Dong Seok), detektif kriminal yang memburu para pembunuh buron.

Empat tahun kemudian setelah pembunuh paling berbahaya Jang Chen ditangkap, Ma Suk Do memutuskan untuk pergi ke Vietnam.

Ma Suk Do bersama dengan timnya kembali mendapatkan misi untuk membawa tersangka yang kabur ke Vietnam untuk kembali ke Korsel.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Film Korea Jung_E, Tayang 20 Januari di Netflix

Namun, setibanya di Vietnam, Ma Suk Do justru menemukan kasus pembunuhan baru yang melibatkan pembunuhan turis selama bertahun-tahun.

Ma Suk Do pun harus bekerja ekstra keras untuk bisa menemukan siapa dalang dibalik pembunuhan tersebut.

The Roundup bisa disaksikan melalui platform streaming online Viu dan Vidio.

2. Hunt (2022)

Hunt merupakan film debut bagi aktor sekaligus sutradara Lee Jung Jae. Dalam film ini, Jung Jae sekaligus berperan sebagai pemeran utama.

Selain Lee Jung Jae, Hunt juga memborong sederet aktor dan aktris kenamaan Korsel lainnya, seperti Jung Woo Sung, Jeon Hye Jin, dan Heo Sung Tae.

Deretan nama populer itu berhasil membawa Hunt masuk ke dalam jajaran film box office Korsel. Hunt tercatat berhasil mengumpulkan 3 juta penonton selama penayangannya pada Agustus 2022.

Baca juga: 6 Rekomendasi Film Korea tentang Ayah dan Anak, Cocok Ditonton bersama Keluarga

Selain itu, Hunt berhasil melakukan pemutaran perdana pada Festival Film Cannes 2022. Film ini juga mendapatkan penghargaan pada Toronto International Film Festival (TIFF).

Premis Hunt berfokus pada kehidupan dua Agen Intelijen Nasional (NIS) pada 1980, yakni Park Pyong Ho (Lee Jung Jae) dan Kim Jung Do (Jung Woo Sung).

Keduanya mendapatkan tugas untuk mengungkap mata-mata Korea Utara (Korut) yang dikenal dengan nama Donglim.

Dalam tugasnya tersebut, Pyong Ho dan Jung Do justru menemukan suatu kebenaran yang mengejutkan dan membuat keduanya harus terlibat baku tembak yang tak direncanakan.

Di tengah situasi super tegang, Pyong Ho dan Jung Do menyadari bahwa rencana Donglim yang sesungguhnya adalah membunuh presiden Korsel yang tengah berkuasa.

Baca juga: 4 Rekomendasi Drama Korea tentang Guru

3. The Night Owl (2022)

Film bergenre thriller dan saeguk ini berhasil masuk jajaran box office Korsel pada 2022. The Night Owl berhasil memperoleh pendapatan tertinggi, yakni sebesar 23,6 juta dollar AS atau sekitar Rp 370,1 miliar.

Sejak hari pertama penayangannya di bioskop pada November 2022, film yang dibintangi oleh Ryu Jun Yeol, Yoo Hae Jin, Choi Moo Sung, dan Kim Sung Cheol ini berhasil meraih 3 juta penonton.

The Night Owl berkisah tentang Cheon Kyung Soo (Ryu Jun Yeol), ahli akupuntur yang memiliki keterbatasan penglihatan saat siang hari. Meski demikian, penglihatan Kyung Soo kembali normal saat malam hari.

Baca juga: 4 Rekomendasi Drakor Adaptasi Webtoon yang Rilis Tahun 2023

Keadaan khusus itu membuatnya menjadi sosok yang istimewa. Ia pun sering dipanggil keluar masuk istana untuk menjalankan misi khusus.

Suatu hari, Putra Mahkota Sohyeon (Kim Sung Cheol) kembali ke Korea setelah delapan tahun disandera oleh Dinasti Qing. Kepulangan putra mahkota itu justru menimbulkan rasa kekhawatiran di hati sang ayah, Raja Injo (Yoo Hae Jin).

Pada suatu malam, Kyung Soo tanpa sengaja menyaksikan kematian Putra Mahkota Sohyeon. Kejadian ini membuat Raja Injo menjadi gila.

Kyung Soo pun berusaha untuk mengungkap misteri kematian Putra Mahkota Sohyeon. Sayangnya, aksi ini membuka banyak rahasia dan konspirasi baru yang mengancam nyawa Kyung Soo.

Baca juga: Drakor Terbaik tentang Time Travel, dari Zaman Kerajaan hingga Masa Depan

4. The Point Men (2023)

Tidak hanya populer di berbagai judul drama Korea, Hyun Bin menjajal kemampuannya dalam bermain peran di film layar lebar.

Meski populer dalam dunia drakor, Hyun Bin rupanya telah membintangi banyak judul film, mulai dari Rampant (2018), Confidential Assignment 2: International (2022), hingga yang terbaru, The Point Men.

Pada film ini, Hyun Bin beradu akting dengan Hwang Jung Min. Kolaborasi keduanya berhasil menjadikan The Point Men sebagai salah satu box office Korsel.

Menurut Dewan Film Korea, The Point Men berhasil meraih total 1.023.232 penonton sejak ditayangkan pada 24 Januari 2023. Film ini pun akan segera diputar di AS dan Kanada.

The Point Men merupakan film yang diangkat dari kejadian nyata. Kisahnya menyoroti kasus 23 orang Korsel yang disandera kelompok militant Taliban di Afganistan.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Film Korea 6/45, Lottery Landing on You

Pemerintah Korsel lantas mengutus Jeong Jae Ho (Hwang Jung Min), pejabat Kementerian Luar Negeri yang ahli bernegosiasi. Jae Ho diminta untuk berkompromi dengan pemerintah Afganistan guna membebaskan 23 warga Korsel yang menjadi sandera.

Sayangnya, usaha Jae Ho tidak membuahkan hasil yang berarti. Ia pun meminta bantuan agen khusus di Timur Tengah bernama Park Dae Shik (Hyun Bin). Keduanya bekerja sama untuk mencapai wilayah kekuasaan Taliban.

Itulah empat rekomendasi film Korea yang berhasil meraih jumlah penonton tertinggi selama masa penayangannya di bioskop. Jadi, film mana yang masuk ke dalam daftar favorit Anda?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi