Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

5 Rekomendasi Drakor Genre Makjang, Bisa Bikin Emosi Tingkat Tinggi

Baca di App
Lihat Foto
Dok. MyDramalist
Drama Korea The World of the Married (2020)
|
Editor: Amalia Purnama Sari

KOMPAS.com – Drama korea (drakor) memiliki genre yang beragam. Salah satu genre yang populer adalah makjang.

Baik alur dan plot cerita di genre makjang biasanya mempunyai intrik tertentu yang menguji kesabaran penonton. Ceritanya dibuat sedemikian rupa sehingga membuat penonton menjadi emosi tingkat tinggi atau meledak-ledak.

Variasi ceritanya pun banyak, mulai dari percintaan, politik, intrik rumah tangga, karier, hingga aksi-aksi balas dendam.

Mengutip Asia Society, drakor genre makjang kerap mendapat celaan dari kritikus dan media karena alur cerita yang tidak realistis atau tidak masuk akal. Contohnya saja adalah karakter protagonis yang tiba-tiba bisa hidup kembali ketika ingin melakukan aksi balas dendam.

Namun di luar kontroversinya itu, drakor makjang justru menjadi salah satu genre yang kerap memperoleh rating tertinggi selama masa penayangannya. Beberapa contoh drakor makjang yang sukses di pasaran adalah The Penthouse: War in Life dan The World of The Married.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi Anda yang penasaran dengan genre ini, Kompas.com merangkum lima drakor makjang terbaik yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Selain The Glory, Berikut 5 Drakor Bertema Balas Dendam yang Seru

1. The World of The Married (2020)

Drakor yang tayang pada Maret 2020 ini berhasil viral di media sosial (medsos). Berkat kepopulerannya, drakor ini berhasil meraih rating tertinggi 28,4 persen selama masa penayangannya.

Drakor yang diadaptasi dari serial televisi asal Inggris, Doctor Foster ini bercerita tentang kehidupan seorang dokter perempuan bernama Ji Sun Woo (Kim Hee Ae).

Ji Sun Woo dikenal sebagai sosok wanita sempurna dengan karier yang begitu cemerlang sebagai direktur di rumah sakit (RS) bergengsi di Korea Selatan (Korsel).

Suaminya yang bernama Lee Tae Oh (Park Hae Joon) dikenal sebagai sutradara terkenal yang mengawali kariernya atas bantuan sang istri. Keduanya dikaruniai seorang putra bernama Lee Joon Young (Jin Seo Jun).

Sayangnya, kehidupan yang sempurna itu tidak bertahan lama. Sebab, Sun Woo menaruh curiga kepada sang suami yang berselingkuh setelah menemukan sebuah lipstik tertinggal di dalam mobil.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Drakor Taxi Driver 2, Rainbow Taxi Bersatu Kembali

Perselingkuhan itu lambat laun mulai terungkap setelah suaminya kembali dari perjalanan bisnis ke China.

Pernikahan yang sempurna itu harus runtuh dalam satu hari ketika ia mengetahui bahwa Tae Oh benar-benar berselingkuh dengan perempuan muda bernama Yeo Da Kyeong (Han So Hee).

Tak hanya dikhianati sang suami, Sun Woo juga dikhianati teman-teman di sekelilingnya yang ikut andil dalam menyimpan rahasia perselingkuhan tersebut.

Lantas, apakah pernikahan Sun Woo dan Tae Oh akan bertahan selamanya? Akankah Tae Oh justru memilih untuk hidup bersama Da Kyeong?

Drakor The World of The Married dapat disaksikan di platform nonton online Netflix dan Viu.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Drakor The Glory part 2 dan Jadwal Tayang

2. The Penthouses: War in Life Season 1-3 (2020-2021)

Drama yang diperankan oleh jajaran aktris senior, mulai dari Lee Ji Ah, Kim So Yeon dan Eugene ini sukses mencuri perhatian pecinta drakor di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Bagaimana tidak, drakor makjang ini membuat para penontonnya dibuat pusing sekaligus emosi di setiap episodenya.

Berkat alur ceritanya itu, The Penthouse: War in Life berhasil meraih rating tinggi hingga 28,8 persen dan menduduki peringkat ke-8 dalam daftar 50 drakor paling banyak ditonton versi Nielsen Korea.

The Penthouse: War in Life bercerita tentang kehidupan keluarga kelas atas di Korsel yang memiliki apartemen mewah dengan 100 lantai. Tak disangka, penghuni apartemen ini memiliki cerita kelamnya masing-masing dan diliputi ambisi yang menggebu.

Baca juga: 5 Drakor Kontroversial, Ada yang Sampai Batal Tayang

Shim Su Ryeon (Lee Ji Ah) merupakan perempuan keturunan konglomerat dan menikah dengan Joo Dan Tae (Uhm Ki Joon), seorang pebisnis real estate dan pemilik apartemen 100 lantai bernama Hera Palace .

Di apartemen itu, Su Ryeon bertetangga dengan pasangan ambisius bernama Cheon Seo Jin (Kim So Yeon) dan Ha Yoon Cheol (Yoon Jong Hoon).

Di balik kehidupan mewah mereka di apartemen itu, ada Oh Yoon Hee (Eugene) yang justru datang dari keluarga miskin. Ia memiliki hubungan yang kurang baik dengan Seo Jin sejak masa SMA. Keduanya bersaing ketat untuk memenangkan lomba menyanyi dan cinta dari Yoon Cheol.

Yoon Hee bekerja keras agar bisa menyekolahkan anak perempuannya di sekolah yang sama dengan anak Seo Jin. Dia berusaha membuat anaknya merebut kebahagian anak Seo Jin.

Di sisi lain, kehidupan mewah Su Ryeon juga jauh dari kata harmonis. Tak disangka, ada kisah kelam yang melibatkan dirinya dengan sang suami dan seluruh penghuni apartemen.

Kisah kelam itu bermula dari ditemukannya kematian misterius seorang gadis bernama Min Seol Ah (Jo Soo Min) saat berlangsungnya pesta di Hera Palace.

Alhasil, seluruh penghuni Hera Palace berusaha untuk menutupi kejadian tersebut dan terus mencari siapa dalang dibalik pembunuhan itu.

Lalu bagaimanakah akhir dari konflik panjang para penghuni Hera Palace? Anda dapat menyaksikan The Penthouses: War in Life pada platform nonton online Viu.

Baca juga: 4 Rekomendasi Film dan Drakor Terbaru yang Dibintangi Song Joong Ki

3. Mine (2021)

Memiliki cerita menarik dan alur yang bikin penasaran, membuat drakor yang satu ini dibanjiri oleh peminat drakor.

Tak heran kalau drakor yang dibintangi Lee Bo Young ini mendapat rating penayangan tertinggi keenam dalam sejarah drakor akhir pekan tvN, yaitu dengan angka rata-rata nasional 6,6 persen dan 7,9 persen di area Seoul.

Drakor ini bercerita tentang dua wanita yang menjadi menantu dari keluarga chaebol ternama, yakni Hyowon Grup.

Ada Seo Hi Soo (Lee Bo Young) yang merupakan seorang aktris ternama. Ia menikahi putra kedua dari keluarga konglomerat Hyowon Grup, Han Ji Yong (Lee Hyun Wook) dan membuatnya harus pensiun dari dunia peran.

Hi Soo pun berjuang keras menyesuaikan diri agar bisa berbaur dengan keluarga konglomeratnya itu. Ia pun menjadi sosok istri sempurna di mata orang-orang sekitar.

Tak hanya itu, Hi Soo dan Ji Young terlihat bak pasangan romantis dan harmonis. Ia bahkan menjadi sosok ibu sambung yang sempurna bagi anak Ji Young, Han Ja Joon (Hung Hyeon Jun).

Baca juga: Seperti Twilight, 5 Drakor Ini Angkat Kisah Romantis Vampir dengan Manusia

Sayangnya, kehidupan keluarga yang harmonis itu harus terganggu dengan kehadiran orang ketiga, yakni Kang Ja Kyeong (Ok Ja Yeon) yang bekerja menjadi guru privat bagi anaknya.

Sementara itu, Jung Seo Hyun (Kim Seo Hyung) menikah dengan putra pertama dari keluarga chaebol yang sama, Han Jin Ho (Park Hyuk Kwon).

Lahir dari keluarga yang sama kayanya, Seo hyun dapat bersikap elegan dan cerdas, menyesuaikan peraturan di keluarga Hyowon. Namun, berbeda dengan Hi Soo, hubungan pasangan ini tidak terlihat harmonis.

Tak disangka, anak dari Seo Hyun dan Jin Ho yang bernama Han Soo Hyuk (Cha Hak Yeon) memiliki hubungan terlarang dengan asisten rumah tangga Kim Yu Yeon (Jeong E Suh).

Di luar harta yang berlimpah, keluarga Hyowon justru dihinggapi berbagai permasalahan. Mulai dari perebutan harta antaranak, perebutan kekuasaan yang tak pernah usai, hingga hadirnya cinta terlarang.

Hingga membuat Hi Soo dan Seo Hyun berusaha bangkit dan membalaskan sakit hatinya untuk merebut kembali apa yang menjadi hak mereka.

Mampukah Hi Soo dan Seo Hyun dapat merebut kembali hak mereka dan mendobrak stigma tentang keluarga konglomerat di Korsel? Anda dapat menyaksikan drakor Mine melalui platform nonton online Netflix.

Baca juga: 5 Drakor dengan Cerita Ringan, Cocok Ditonton Saat Santai dan Liburan

4. Eve (2022)

Bagi para penggemar Seo Yea Ji dan Park Byung Eun, jangan lupa untuk menonton drakor yang mengusung gaya romansa melodrama berjudul Eve.

Menurut Nielsen Korea, Eve berhasil mencatat rating tinggi dengan nilai nasional rata-rata sebesar 4,1 persen.

Drakor yang dibintangi oleh beberapa aktor ternama itu mengisahkan tentang cerita balas dendam yang dialami oleh Lee La El.

Eve bercerita tentang gugatan perceraian keluarga chaebol sebesar 2 triliun won yang mengejutkan satu negara.

Kisahnya berfokus pada karakter Lee La El (Seo Yea Ji), anak perempuan yang punya ayah jenius dan ibu cantik. Ia merupakan wanita yang lemah lembut.

Baca juga: Wajib Ditonton, 4 Rekomendasi Drakor Bertema Sageuk Terbaru

Namun, karakternya berubah setelah peristiwa pembunuhan sang ayah. Ia pun menyusun misi balas dendam selama 13 tahun.

Salah satu misinya adalah menjatuhkan CEO LY Group Kang Yoon Kyum (Park Byung Eun). Yoon Kyum diduga menjadi salah satu dalang di balik kematian orangtua La El.

Dalam misinya tersebut, La El bertemu dengan Seo Eun Pyung (Lee Sang Yeob), anggota termuda dari Majelis Nasional yang diam-diam menaruh hati pada La El.

Sayangnya, pembalasan dendam itu tidak berjalan dengan mulus, La El justru jatuh cinta pada lawannya, Yoon Kyum. Bahkan Yoon Kyum juga turut menaruh hati kepada La El.

Apakah La El dapat membalaskan dendam atas kematian kedua orang tuanya atau justru semakin jatuh cinta kepada Yoon Kyum? Drakor Eve dapat ditonton melalui platform nonton online Viu.

Baca juga: Drakor Terbaik tentang Time Travel, dari Zaman Kerajaan hingga Masa Depan

5. Pandora: Beneath the Paradise (2023)

Usai menunjukkan keahliannya pada drama The Penthouse, Lee Ji Ah dipercaya kembali menjadi pemeran utama wanita pada drakor baru yang rilis pada Sabtu (11/3/2023).

Drakor dengan judul Pandora: Beneath the Paradise ini disutradarai oleh Choi Young Hoon dengan mengusung genre makjang, action, dan thriller.

Menurut Nielsen Korea, episode pertama drakor ini berhasil meraih rating nasional tinggi, yakni sebesar 4,9 persen. bahkan, pada episode keduanya, Pandora: Beneath the Paradise berhasil menambah pencapaian ratingnya menjadi 5,7 persen.

Pandora:Beneath the Paradise bercerita mengenai perempuan bernama Hong Tae Ra (Lee Ji Ah) yang memiliki kehidupan begitu sempurna bersama sang suami, Pyo Jae Hyon (Lee Sang Yoon) dan anaknya.

Diketahui, Jae Hyon mencalonkan diri menjadi presiden dan semenjak itu Tae Ra menjadi ibu negara serta disorot oleh publik.

Baca juga: 5 Drakor Lee Jong Suk dengan Rating Tinggi, Ada Big Mouth dan W: Two Worlds

Tae Ra memiliki sahabat bernama Go Hae Soo (Jang Hee Jin). Keduanya terlihat begitu akrab hingga kerap disebut seperti kakak beradik.

Sayangnya, Hong Tae Ra harus kehilangan ingatan tentang masa lalunya setelah mengalami suatu kecelakaan.

Suatu ketika, ingatan Tae Ra kembali dan ia mulai menyadari bahwa kehidupannya yang sempurna ini semuanya hanya rekayasa. Bahkan, Tae Ra mencurigai Hae Soo sebagai seorang pembunuh bernama Oh Young.

Tae Ra pun memiliki rencana untuk membalaskan dendamnya kepada orang-orang pada masa lalunya dengan memanfaatkan jabatan suaminya sebagai presiden.

Apakah Hong Tae Ra dapat membalaskan dendamnya dan mengungkap rahasia besar dibalik masa lalunya? Pandora: Beneath the Paradise dapat disaksikan setiap Sabtu dan Minggu pukul 21.20 Korean Standard Time (KST) atau 19.20 WIB di televisi Korsel tvN dan platform nonton online Disney+ Hotstar.

Itulah lima rekomendasi drakor makjang pilihan Kompas.com yang bisa membuat penonton emosi tingkat tinggi. Jadi, mana yang masuk dalam daftar tontonan Anda?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi