Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Bentuk Sekolah Kesetaraan Bebas Biaya, Andien Aisyah Ungkap Cerita Awal Mulanya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUS
Penyanyi Andien bersama rekan artis, Tara Budiman (kiri) dan Baim Wong (kanan) saat peresmian sekolah kesetaraan yang ia rintis bersama Yayasan Nara Kreatif, Sekolah Anak Percaya di Kampung Pemulung Joglo, Jakarta Barat, Kamis (6/4/2023).
|
Editor: Tri Susanto Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak September 2022 hingga awal April 2023, penyanyi Andien Aisyah telah membentuk dua sekolah kesetaraan bebas biaya bernama Sekolah Anak Percaya hasil rintisan bersama Yayasan Nara Kreatif.

Andien menceritakan awal mula ia tergerak membentuk sekolah tersebut bahkan dengan dana pribadi.

Selama beberapa tahun belakangan, kata Andien, ia prihatin pada berbagai isu sosial.

Baca juga: Andien Aisyah Bentuk Sekolah Anak Percaya dengan Dana Pribadi

"Tapi kadang-kadang aku juga berpikir ingin melakukan sesuatu yang lebih sustain (bertahan lama) sebenarnya," kata Andien, ditemui di Kampung Pemulung Joglo, Jakarta Barat, Kamis (6/4/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski aktif memberikan bantuan pendidikan seperti menyumbangkan buku, alat tulis, atau sepatu ia merasa itu hanya berdampak pada saat itu saja.

Setelah menimbang-nimbang, Andien memilih membentuk Sekolah Anak Percaya.

Baca juga: Kebahagiaan Andien Aisyah Lihat Tiko Wisuda di Sekolahnya

"Aku akhirnya memilih jalan ini karena aku percaya dari pendidikan ini, orang-orang yang berada khususnya di area pemulung ini bisa keluar dari lingkaran yang mungkin selama ini mereka berkutat di situ saja," ucap Andien.

Andien menuturkan, dari kunjungannya selama ini, ia mendengar cita-cita anak-anak di kampung pemulung sekadar menjadi seperti ibu ayah mereka. Hanya yang terlihat di depan mereka.

Andien pun berpikir bahwa mereka butuh diasah secara ilmu dan kesempatan.

Baca juga: Cara Menerapkan Gaya Hidup Berkelanjutan ala Andien Aisyah

"Jadi apa goals makronya? Adalah kayak kesempatan untuk mereka, pekerjaan yang layak supaya, mereka bisa keluar dari lingkaran yang mereka rasa mereka tidak bisa keluar dari situ," jelas Andien.

Dua Sekolah Anak Percaya tersebut berlokasi di Kampung Pemulung Pondok Kopi, Jakarta Timur, dan yang baru diresmikan di Kampung Pemulung Joglo, Jakarta Barat.

Sekolah Anak Percaya bukan berupa bangunan yang didirkan secara khusus melainkan memanfaatkan tempat yang ada di sekitar perkampungan untuk belajar.

Yang utama dari Sekolah Anak Percaya adalah memberikan beasiswa pengajaran kepada siapapun tak terbatas usia untuk belajar lalu mengikuti ujian kesetaraan sekolah (paket A, B, C).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi