Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ed Sheeran Sedih Tak Bisa Hadiri Pemakaman Nenek karena Sidang Gugatan Lagu "Thinking Out Loud"

Baca di App
Lihat Foto
AFP/JOHN LAMPARSKI
Penyanyi Ed Sheeran tiba di gedung pengadilan federal di New York City untuk menghadiri sidang gugatan pelanggaran hak cipta, pada 25 April 2023.
|
Editor: Kistyarini

KOMPAS.com - Penyanyi Ed Sheeran mengaku menyesal melewatkan beberapa momen berharga bersama keluarganya karena harus mengikuti persidangan perkara pelanggaran hak cipta di pengadilan federal New York, AS.

Sebelumnya, lagu hit Sheeran yang dirilis tahun 2014, "Thinking Out Loud", dituduh menjiplak karya klasik Marvin Gaye "Let's Get It On" (1973).

Ed Sheeran pun harus berada di AS selama beberapa waktu belakangan untuk menghadapi gugatan tersebut.

"Saya hanya seorang pria dengan gitar yang suka menulis lagu untuk dinikmati orang," kata Sheeran dilansir Enews, Jumat (5/5/2023).

Baca juga: Ed Sheeran Menang, Lagu Thinking Out Loud Dinyatakan Tidak Menjiplak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya tidak akan pernah membiarkan diri saya menjadi beban bagi siapa pun. Harus berada di New York untuk persidangan ini berarti saya merindukan kebersamaan dengan keluarga saya di pemakaman nenek saya di Irlandia. Saya tidak akan mendapatkan momen itu kembali," lanjutnya.

Hakim di New York telah menyatakan "Thinking Out Loud" tidak memiliki kesamaan yang mencolok dengan lagu Marvin Gaye "Let's Get It On".

Putusan itu tertuang dalam sidang di pengadilan federal New York, AS, Kamis (4/5/2023) waktu setempat.

"Saya jelas sangat senang dengan hasil kasus ini, dan sepertinya saya tidak harus pensiun dari pekerjaan saya," ucap Sheeran.

Baca juga: Ed Sheeran Berhenti Bermusik jika Dinyatakan Bersalah Menjiplak Lagu

Ed Sheeran mengaku heran melihat gugatan tak berdasar terhadap lagunya bisa naik perkara di pengadilan.

"Pada saat yang sama, saya sangat frustrasi karena klaim tak berdasar seperti ini diizinkan masuk ke pengadilan," lanjutnya.

Sekali lagi, Sheeran menjelaskan bahwa lagunya sama sekali tak menjiplak "Let's Get It On".

"Kami telah menghabiskan delapan tahun berbicara tentang dua lagu dengan lirik yang sangat berbeda, melodi dan empat akor yang juga berbeda dan digunakan oleh penulis lagu setiap hari, di seluruh dunia," ungkap Sheeran.

"Kunci ini digunakan untuk membuat musik jauh sebelum 'Let's Get It On' ditulis. Itu adalah 'alfabet' penulis lagu, alat yang memang harus kami gunakan," tutur Sheeran.

Sementara, menurut NBC News, penggugat Sheeran menolak untuk buka suara di luar gedung pengadilan setelah putusan itu dijatuhkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi