Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Kehadiran Raline Shah di Cannes Film Festival 2023 yang Mencuri Perhatian

Baca di App
Lihat Foto
Repro bidik layar via Instagram
Raline Shah di Cannes Film Festival 2023
Penulis: Cynthia Lova
|
Editor: Tri Susanto Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Raline Shah menghadiri Cannes Film Festival 2023, Perancis.

Raline Shah hadir saat red carpet untuk pemutaran perdana film yang disutradarai Martin Scorsese berjudul Killers of The Flower Moon pada Sabtu (20/5/2023) waktu setempat.

Kehadiran Raline Shah mencuri perhatian publik dengan dua pakaian menawan yang dikenakannya.

Baca juga: Makna Kebaya Biru Raline Shah di Cannes Film Festival 2023

Ini bukan kali pertama Raline Shah hadir di Cannes Film Festival menarik perhatian. Tahun lalu Raline Shah juga hadir di Cannes Film Festival.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com merangkum pesona Raline Shah hingga alasannya rutin ke Cannes Film Festival.

Gaun yang menarik perhatian

Saat menghadiri Cannes Film Festival 2023 untuk pemutaran perdana film Killers of the Flower Moon, Raline Shah mengenakan gaun off shoulder panjang berwarna biru tua.

Baca juga: Pakai Gaun dan Kebaya Biru, Raline Shah Hadiri Cannes Film Festival 2023

Mulai dari media Vogue Italia hingga Vogue Hong Kong memberikan perhatian terhadap pakaian yang dikenakan Raline.

Curi perhatian dengan kebaya dan batik

Selain gaun berwarna biru, Raline Shah juga menggunakan pakaian kebaya berwarna biru dengan rok batik yang menawan.

Pakaian tersebut digunakan untuk pemutaran premiere film Fireband (2023) karya Karim Aïnouz. Raline juga terlihat menggunakan perhiasan mulai dari kalung hingga cincin berwarna senada yang terlihat mewah.

"Hari ini aku menggunakan kebaya aku dan (kain) batik buat premiere film yang kedua," kata Raline Shah dikutip dari Instagram story @ralineshah.

Baca juga: Ketika Cipung Lebih Memilih Raline Shah ketimbang Nagita Slavina

Raline mengaku sangat bangga bisa menggunakan kebaya yang merupakan pakaian nasional Indonesia untuk berjalan di red carpet.

Penampilannya tersebut juga membuat warganet memuji kecantikan dan keanggunannya. Bahkan, banyak yang memuji Raline yang tak sungkan mengenalkan kebaya dan batik di acara sebesar Cannes Film Festival.

Makna kebaya

Bahkan, tak sedikit yang penasaran dengan makna kebaya yang dikenakan Raline Shah saat itu.

Rumah mode Maison Baaz Couture yang merancang kebaya ini menjelaskan bahwa Raline meminta dibuatkan kebaya dengan sentuhan moderen untuk mengenalkan budaya Indonesia.

Terinspirasi dari kecantikan Raline, rumah mode tersebut akhirnya mengambil inspirasi dari tokoh wayang kulit tradisional Dewi Citrawati.

Baca juga: Ulang Tahun ke-38, Raline Shah: Senang Memiliki Satu Sama Lain

Dewi Citrawati digambarkan sebagai sosok wanita yang sabar, setia, pantang menyerah, dan pribadi yang lemah lembut dan kecantikannya membuatnya diincar oleh para raja.

Sementara, warna biru tengah malam tersebut melambangkan kepercayaan dan kesetiaan.

Lalu, di bagian kereta kebaya dibuat bentuk menyerupai "Gunungan Wayang" yang berbentuk kerucut atau menunjuk ke atas melambangkan kehidupan manusia.

"Semakin tinggi ilmu dan semakin tua usia, semakin mengerucut (Golong Gilig) manunggaling jiwa, rasa, cipta, karsa, dan karya dalam hidup kita, semakin dekat dengan Pencipta kita," kata rumah mode tersebut.

Alasan hadiri Cannes Film Festival

Raline Shah menghadiri Cannes Film Festival 2023 sebagai undangan sejumlah pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini.

Salah satunya, Raline mewakili Chopard, brand perhiasan Swiss yang menjadi salah satu sponsor Cannes Film Festival 2023 dan merek fashion Bvlgari.

Selain itu, aktris 5 cm ini juga mendapatkan undangan sebagai pekerja seni Artist International Group, manajemen artis yang berbasis di Los Angeles yang menaungi dia sejak beberapa tahun lalu.

Baca juga: Raline Shah Ungkap Awal Keterlibatan Jadi Narator Film Eating Our Way To Extinction Versi Indonesia

Manajemen yang dipimpin oleh David Unger itu juga membawahi lebih dari 200 pekerja seni dunia termasuk Michelle Yeoh dan Siwon Choi.

Tak heran jika Artist International Group kerap diundang dalam berbagai acara bergengsi kelas dunia termasuk Cannes Film Festival.

Raline terpilih untuk menghadiri Cannes dan mewakili manajemen ini bersama banyak talenta lainnya.

"Bagi saya, Cannes Film Festival adalah sebuah ajang yang tak hanya memberikan keriaan festival saja, tapi juga penting untuk profesional di bidang film seperti saya," katanya soal alasannya kembali ke karpet merah Cannes.

"Menjadi bagian dari Cannes merupakan kegembiraan yang luar biasa bagi saya,” tutur Raline.

Kiprah perempuan 38 tahun ini sebagai filantropis juga menjadi salah satu alasan dengan adanya amfAR Gala Cannes 2023 yang merupakan kegiatan tahunan Cannes untuk meningkatkan kesadaran akan HIV/AIDS sekaligus membantu penggalangan dana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi