Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Lagu “Natural Mystic” Bob Marley Sambut Iringan Jenazah Sinead O’Connor

Baca di App
Lihat Foto
Mobil jenazah Sinead O'Connor melewati ribuan orang di sepanjang jalan tepi laut Bray, Irlandia, Selasa (8/8/2023) waktu setempat.
Penulis: Andika Aditia
|
Editor: Andika Aditia


KOMPAS.com – Penyanyi Sinead O’Connor baru saja dimakamkan di Dublin, Irlandia pada Selasa (8/8/2023) pagi waktu setempat.

Sekitar 3.000 lebih orang memadati jalan sepanjang rute tepi laut di Bray, County Wicklow, pesisir selatan Dublin.

Sejak pukul 10.30 waktu setempat, ribuan orang yang terdiri dari masyarakat Irlandia dan penggemar memenuhi tepi jalan untuk memberi penghormatan terakhir kepada Sinead O’Connor.

Tawa, tangis, bunga, dan rasa bangga menjadi satu dalam antusiasme ribuan orang yang mengantar iringan jenazah Sinead O’Connor menuju lokasi pemakamannya.

Baca juga: Penyanyi Sinead O’Connor Akhirnya Dimakamkan di Irlandia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesuai dengan tradisi lama Irlandia, jenazah Sinead O’Connor pertama kali dibawa melewati rumah keluarga terakhirnya di Irlandia yang berada di Bray, County Wicklow.

Sembari menunggu iring-iringan jenazah Sinead O’Connor tiba, ribuan orang tampak menyanyikan lagu “Nothing Compares 2 U” yang telah melambungkan nama Sinead O’Connor di dunia.

Memasuki siang hari, ribuan orang yang hadir semakin antusias saat melihat rombongan iring-iringan jenazah Sinead O’Connor telah tiba di rumah yang pernah ditinggali Sinead O’Connor selama 15 tahun.

Rumah tersebut berada di kawasan tepi pantai Bray.

Dua sepeda motor voorijder berada di garda terdepan barisan iring-iringan jenazah Sinead O’Connor yang lalu di belakangnya menyusul mobil van VW Combi berkelir monokrom dengan bendera Rastafarian.

Tak lama berselang, sebuah mobil yang membawa jenazah Sinead O’Connor pun melaju perlahan melewati ribuan orang yang sudah menanti sejak pagi.

Saat mobil jenazah Sinead O’Connor melaju perlahan, lagu “Natural Mystic” milik Bob Marley pun diputar.

Sebagian orang dalam kerumunan itu turut menyanyikan lagu “Natural Mystic” sembari bertepuk tangan, di mana sebagian lainnya sembari mengepalkan tangan sebagai bentuk penghormatan.

Sebagian orang lainnya menangis sambil melemparkan bunga ke mobil jenazah yang membawa Sinead O’Connor.

Baca juga: Penggemar Beri Penghormatan Terakhir untuk Sinead OConnor di Lereng Bukit Irlandia Saat Pemakaman

Diketahui, menghadiri iring-iringan jenazah Sinead O’Connor ini sendiri merupakan undangan terbuka dari keluarga bagi yang ingin memberikan perpisahan terakhir.

Sementara, untuk pemakamannya, pihak keluarga memilih untuk melakukannya secara pribadi dan tak terbuka untuk publik.

Pemakaman Sinead O’Connor sendiri dipimpin Sheikh Umar Al-Qadri, seorang ulama dan kepala imam di Islamic Center of Ireland.

Terlihat Presiden Irlandia, Michael D. Higgins, bersama istrinya, Sabrina menghadiri pemakaman Sinead O’Connor.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa pagi, Michael D. Higgins menggambarkan "dampak mendalam" yang dimiliki Sinead O'Connor terhadap orang-orang Irlandia.

Berbicara tentang "kepahlawanannya yang luar biasa" dan rasa sakit yang ditimbulkannya, Michael D. Higgins menyebutkan: "Itulah sebabnya semua orang yang berusaha mengepalkan tangan dalam hidup mereka, menggabungkan dimensi yang berbeda dengan cara mereka sendiri, dapat merasa sangat bebas untuk mengekspresikan perasaan mereka. kesedihan atas kehilangannya.”

Baca juga: Pendengar Lagu Sinead O’Connor Justru Naik Ribuan Kali Lipat Setelah Ia Meninggal

Adapun, prosesi pemakaman Sinead O'Connor akan melewati Bray, sebuah kota tepi pantai di selatan Dublin, tempat dia pernah tinggal selama 15 tahun.

Iring-iringan jenazah akan dimulai di ujung Harbour Bar Strand Road dan berlanjut ke ujung lain Strand Road, dengan mengikuti upacara penguburan pribadi.

Jenazah Sinead O’Connor sendiri baru diserahkan kembali kepada keluarganya pada pekan lalu, setelah proses autopsi selesai dilakukan.

Pihak keluarga sendiri meminta privasi berkait penyebab meninggalnya Sinead O’Connor.

Kematian Sinead O'Connor pertama kali dilaporkan oleh The Irish Times.

Sebagai informasi, Sinead O’Connor mulai terkenal pada akhir 1980-an dengan album debutnya The Lion and the Cobra.

Sinead O'Connor menerobos industri musik pada tahun 1990 dengan hit nomor satunya berjudul "Nothing Compares 2 U", yang ditulis dan disusun oleh Prince.

Sebelum kematiannya, dia telah merilis 10 album, terakhir tahun 2014 dengan tajuk I'm Not Bossy, I'm the Boss.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi