Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Sebelum Larang Band T’Koes Bawakan Lagu Koes Plus, Sari Sudah Diskusi dengan Yok Koeswoyo

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Cynthia Lova
Jumpa pers keluarga besar Koes Plus di Haji Nawi, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023).
Penulis: Cynthia Lova
|
Editor: Andika Aditia

JAKARTA, KOMPAS.com - Keluarga besar band Koes Plus melarang band T’Koes untuk membawakan lagu-lagu Koes Plus.

Hal itu diungkap anak-anak dari personel Koes Plus, yakni David Koeswoyo mewakili kel Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, dan Sari Koeswoyo mewakili Yok Koeswoyo pada Jumat (22/9/2023).

Saat juma pers, Sari Koeswoyo mengatakan, ia sudah berdiskusi dengan ayahnya, Yok Koeswoyo sebelum mengumumkan bahwa keluarga besar Koes Plus melarang band T’Koes membawakan lagu-lagu Koes Plus.

Baca juga: Apakah TKoes Band Ada Hubungan Keluarga dengan Koes Plus?

“Kami juga tidak semerta merta langsung kalau kita mau memberikan maklumat, tapi kami diskusi juga dengan the last man standing-nya Koes Plus, yaitu Yok Koeswoyo, situasianya seperti apa,” ujar Sari di daerah Haji Nawi, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Dan bukan berarti beliau tidak mendengar dan tidak mengetahui,” lanjut Sari.

Kata Sari, setelah berdiskusi, ayahnya menyetujui tindakan anak-anak band Koes Plus untuk melarang band T’Koes membawakan lagu-lagu Koes Plus.

Baca juga: Profil TKoes Band, Grup Musik yang Dilarang Nyanyikan Lagu Koes Plus

“Pada akhirnya beliau mengatakan 'ya sudah, saya mengerti sikap kalian, silahkan dilanjutkan, silahkan dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku,” ucap Sari.

Sari Koeswoyo mengatakan, keluarga besar baru sekarang melarang band T’Koes untuk membawakan lagu-lagu band Koes Plus karena kesibukan masing-masing.

Awalnya, keluarga besar Koes Plus tidak menghiraukan band T’Koes dan pelestari lainnya menyanyikan lagu-lagu Koes Plus.

Baca juga: Sudah Buka Suara, T’Koes Ingin Masalah dengan Keluarga Koes Plus Selesai Baik-baik

“Kami menghargai keputusan beliau-beliau bahwa pelestari bebas menggunakan lagu-lagu Koes Plus dinyanyikan kapan saja agar mereka dapat berkah,” ujar Sari.

“Mereka bisa gedein anak-anaknya sekolah atau universitas dan mungkin beberapa ada yang jadi dokter segala. Kami menghargai keputusan orangtua kami, lagu-lagu Koes Plus monggo dipakai untuk cari berkah untuk keluarga pelestari,” lanjut Sari.

Namun, seiring berjalannya waktu, keluarga besar Koes Plus menilai band T’Koes ini melakukan tindakan yang membuat keluarga besar Koes Plus merasa sakit hati.

Baca juga: Terima Larangan dari Keluarga, T’Koes Sepakat Tak Bawakan Lagu Koes Plus Lagi

Tindakan yang membuat keluarga sakit hati bermula usai menculnya sebuah video, Agusta Dwi Susanto Marzall yang juga merupakan pendiri T'Koes sedang berbincang dengan seorang purnawirawan perwira TNI AL.

Dalam video tersebut, ada pernyataan bahwa anak-anak dari personel Koes Plus dianggap tidak jelas.

Yang membuat keluarga besar Koes Plus itu sakit hati rupanya pernyataan tersebut tak disanggah oleh Agusta.

Baca juga: Dugaan T’Koes soal Penyebab Dilarang Bawakan Lagu-lagu Koes Plus

“Tapi berjalannya waktu banyak yang jadi terkenal, ada beberapa yang sudah terkenal tidak melupakan siapa mereka dan mereka tidak melupakan keluarga kami bersilaturahmi dan lain sebagai ya. Dan tidak pernah ada yang menyatakaan bahwa mereka jauh lebih terkenal dari Koes Plusnya sendiri,” ujar Sari.

“Jadi salah satunya yang membuat kami merasa terusik adalah ucapan-ucapan memang mungkin bukan dari dianya langsung yang mengatakan ‘wah anak-anaknya Koes Plus tersinggung dan iri karena kalah terkenal.’ Ya saya ketawa ya gimana,” tutur Sari.

Ada pun, band T’Koes dikenal sebagai grup musik tribute pembawa lagu lawas, khususnya lagu milik Koes Plus. Namun, band T’Koes sendiri tak memiliki hubungan keluarga dengan keluarga besar Koes Plus.

Baca juga: Terima Larangan dari Keluarga, T’Koes Sepakat Tak Bawakan Lagu Koes Plus Lagi

Sebagai informasi, Koes Plus adalah band legendaris yang didirikan pada tahun 1968. Koes Plus sendiri sebelumnya bernama Koes Bersaudara. Pergantian nama dari Koes Bersaudara menjadi Koes Plus terjadi setelah Nomo Koeswoyo hengkang dan posisinya digantikan oleh Murry sebagai drummer.

Begitu banyak lagu hit dan masih eksis sampai sekarang yang diciptakan Koes Plus. Di antaranya “Kolam Susu,” “Andaikan Kau Datang,” “Bujangan,” “Buat Apa Susah,” “Why Do You Love Me,” dan masih banyak lainnya. Saat ini, personel Koes Plus yang tersisa hanya Yok Koeswoyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi