Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Indra dan Andika Tetap Dapat Royalti meski Tak Bersama Peterpan Lagi, Ariel Noah: Itu Solusi Label

Baca di App
Lihat Foto
Grup band Peterpan yang kini bernama NOAH
|
Editor: Rintan Puspita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat terjadi perpecahan dalam band Peterpan di tahun 2006, dua anggota yang tak lagi memakai nama Peterpan saat itu, Andika dan Indra disebut Ariel NOAH, masih mendapatkan royalti. 

Ariel yang dulu merupakan vokalis band Peterpan, mengatakan keputusan tersebut menjadi solusi terbaik yang ditawarkan oleh label waktu itu.  

"Pada saat itu ya udah enggak apa-apa, yang empat (Ariel, Uki, Lukman, Reza) ini yang menanggung sisa kontrak Peterpan," ucap Ariel dikutip dari YouTube Ferdy Element.

"Kalau kita pas lagi manggung pakai nama Peterpan, sebagian pemasukan, istilahnya royalti namanya tetap kita kasih ke Indra, ke Andika. Itu salah satu solusi label," jelasnya.

Baca juga: Soal Tak Pakai Nama Peterpan Lagi, Ariel Noah: Memang Tidak Ditakdirkan Punya Kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk diketahui, saat terjadi perpecahan, Peterpan sebenarnya masih memiliki beberapa kontrak yang mengharuskan mereka tetap bekerja dengan nama tersebut.

Pihak label juga telah berusaha mencari jalan keluar agar band tetap utuh.

"Skenario terbaik di label, band tetap utuh, label waktu itu (menawarkan) 'gimana kalau sampai selesai album ini aja?'" ujar Ariel.

"Memang kita berempat (Ariel, Uki, Reza dan Lukman) kayak 'enggak deh, udah cukup, enggak kuat, capek,'" sambungnya.

Karena itu, Ariel dan tiga personel lainnya tak mempersoalkan siapa yang akan memakai nama Peterpan sampai kontrak selesai. Mereka hanya ingin bisa bekerja dengan tenang. 

Baca juga: Andika Sebut Peterpan Tak Fun Lagi, Ariel Noah: Memang

Sebagai solusi, label kemudian menawarkan empat anggota yang ada tetap menggunakan nama Peterpan sampai kontrak selesai, dan mereka akan memberikan royalti pada Andika dan Indra yang sudah tidak lagi di Peterpan. 

"Enggak ketemu jalan keluar, akhirnya label menawarkan Peterpan akan kita pakai sampai kontrak abis," kata Ariel.

"Siapapun yang memegang nama Peterpan, berkewajiban untuk menyelesaikan kontrak dan akan membayarkan right nama itu ke seluruhnya," lanjut Ariel.

Meskipun setuju dengan saran dari label dan semua berjalan sebagaimana mestinya, sebenarnya Ariel merasa pembagian royalti atas nama Peterpan itu sebagai hal yang cukup lucu.

Secara pribadi, Ariel merasa nama itu bukan milik mereka, karena pemilik nama Peterpan sebenarnya adalah Walt Disney.

"Sebenarnya saat itu gue masih kayak, masalah nama Peterpan itu sebenarnya agak lucu," ujar Ariel.

"Menurut gue pribadi memang nama Peterpan itu bukan milik kita. Kita enggak punya hak untuk bilang Peterpan punya kita, karena memang bukan original dari kita, Peterpan punya Walt Disney," sambung Ariel.

Akhirnya setelah kontrak mereka selesai, Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David meninggalkan nama Peterpan dan resmi memakai nama NOAH mulai tahun 2012 yang masih digunakan sampai saat ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi