Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Sudah Lupakan Royalti yang Tak Tercatat, Ahmad Dhani: Yang Penting LMKN Mau Berbenah

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Revi C Rantung
Ahmad Dhani saat ditemui di CGV FX Sudirman, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/4/2023).
Penulis: Andika Aditia
|
Editor: Andika Aditia

KOMPAS.com – Musisi Ahmad Dhani mengaku sudah melupakan persoalan royalti yang tidak masuk kepadanya.

Meski sempat gusar dengan sistem kolektif royalti di lembaga royalti yang terkesan jadul, Ahmad Dhani optimis karena lembaga royalti, salah satunya LMKN mau berbenah untuk memperbaiki sistem yang belum maksimal tersebut.

“Ya saya lihat LMKN tadi mau berbenah, ya okelah, dengan mereka membuat sistem online sebuah kemajuanlah,” ucap Ahmad Dhani seperti dikutip dari kanal YouTube klikinfoid, Rabu (18/10/2023).

Baca juga: Beda Perlakuan Ahmad Dhani terhadap Once Mekel dan Ari Lasso soal Lagu Dewa 19

Ahmad Dhani menyebut hak royalti miliknya yang tak tercatat sudah ia lupakan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang terpenting, kata Ahmad Dhani, sistem atau regulasi diperbaiki untuk melindungi hak pencipta lagu atau komposer ke depannya.

“Meski enggak ada laporan dari 2010 kita lupakan sajalah, yang penting ke depannya adalah perdebatan ini sudah selesai, perdebatan ini akhirnya jadi menguntungkan buat pengarang lagu, karena LMKN kan sejatinya kan dibuat untuk melindungi pengarang lagu,” ucap Ahmad Dhani.

Baca juga: Ungkap Hubungannya dengan Once Saat Ini, Ahmad Dhani: Once Itu untuk Berteman Enak, tapi Berbisnis Tidak

Ahmad Dhani mengaku juga turut mendapatkan pesan amanah dari beberapa musisi senior berkait memperjuangkan aturan yang menguntungkan dan melindungi pencipta lagu.

Selain itu, Ahmad Dhani juga meminta Once tak perlu marah jika nantinya revisi Undang Undang berkait royalti dan hak cipta tak lagi menguntungkan penyanyi, tetapi lebih kepada pencipta lagu.

“Dan saya dititipi sama Mas Indra Lesmana kepada saya untuk terlibat dalam pembuatan UU, jadi nanti Once enggak boleh marah, karena nanti ke depan enggak ada lagi, jadi enggak ada lagi dualisme UU,” ucap Ahmad Dhani.

Baca juga: Ari Lasso Tetap Diperbolehkan Bawa Lagu Dewa 19, Ahmad Dhani: Kalau Once, Ilmu Perkalian Pembagiannya Kurang Bagus

Atas beberapa perselisihan yang sempat terjadi, Ahmad Dhani menyebut, ke depan dirinya akan tetap bersikap tegas terhadap hal-hal yang berkaitan dengan intellectual property atau kekayaan intelektual miliknya atau Dewa 19.

Ahmad Dhani tak akan lagi memberi kelonggaran kepada pihak-pihak yang membawakan karya lagu Dewa 19 untuk komersial.

Baca juga: Cerita Awal Suka Lagu Kla Project, Ahmad Dhani: Itu Jadi Acuan Kita

“Enggak, saya sudah enggak mau, ini masalah brand, Dewanya kan masih ada, Dewanya masih ada dan berkegiatan, saya dan Andra ownernya masih ada, dan misalnya saya enggak bisa melarang EO nanti bakal ada konser Ari Lasso dan Once menyanyikan lagu Dewa 19 tapi bandnya bukan Dewa kan itu nanti bagaimana kalau saya enggak bisa melarang, jadi ini bukan pertikaian pribadi,” tutur Ahmad Dhani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi