Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Rayakan JAFF 2022, Bioskop Online Gelar Road Show ke Medan Sajikan Diskusi dan Pemutaran Film

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Bioskop Online-JAFF
Salah satu kegiatan dalam Road to JAFF di Medan.
Penulis: Cynthia Lova
|
Editor: Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) kembali diselenggarakan tahun 2023 ini untuk yang ke-18 kalinya.

Didukung oleh Bioskop Online, JAFF 18 diselenggarakan pada 25 November hingga 2 Desember 2023.

Menyambut pergelaran tersebut, Bioskop Online dan JAFF menggelar road show di empat kota yaitu Medan, Palembang, Makassar, dan Semarang.

Kota Medan membuka roadshow JAFF dan Bioskop Online ini yang akan diselenggarakan tepatnya di Tengah People & Place, Medan yang telah diselenggarakan pada Sabtu, 21 Oktober 2023 lalu.

Roadshow ini dibuat untuk menjadi wadah bagi para pencinta film, pembuat film, dan praktisi industri kreatif di seluruh Indonesia untuk berkumpul, berbagi pengalaman, serta mendiskusikan isu-isu terkini dalam perfilman.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapannya, di setiap sesi roadshow ini dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang industri perfilman.

Tema-tema yang diangkat pun yang banyak diminati oleh para praktisi perfilman. Seperti di sesi pertama yang mengangkat tema "Film Marketing & Distribution" dibawakan oleh Ivan Makhsara sebagai Head of Content Bioskop Online.

“Tujuan dari sesi ini adalah untuk berbagi pengetahuan tentang konsep dan praktik terkini dalam bidang distribusi-promosi film. Semoga sesi ini akan memberikan wawasan berharga dan peluang untuk berkenalan dengan para ahli dalam berbagai aspek produksi dan promosi film,” kata Ivan.

Dalam sesi ini, Ivan memberi tips cara promosi yang tepat atau memilih saluran yang tepat sebagai wadah dari karya-karya sineas.

“Bioskop Online sebagai Rumah Sinema Indonesia juga mendukung sineas yang terus berkarya terkait distribusi dan promosi dengan film-film yang sudah kami kurasi,” ucap Ivan.

Sementara di sesi kedua, yang diisi oleh Ifa Isfansyah selaku produser dan sutradara, mengangkat tema "Film Producing 101: From Script to Screen and Beyond".

Dalam sesi kedua ini, Ifa banyak memberikan pemahaman tentang peran seorang produser dalam menyajikan sebuah karya film.

Ifa mengatakan, produksi adalah pikiran atau ide yang kreatif untuk suatu project film.

“Memang yang akan kita bicarakan adalah sesuatu yang sifatnya administrasi atau manajemen. Ini berapa kali syuting? Ini budget-nya berapa? Ini proyeksi pemasukannya berapa? Ini teknisnya untuk seperti apa? Tapi semua jawaban-jawaban atas pertanyaan yang sifatnya administrasi tadi itu pertimbangannya pertimbangan kreatif,” kata Ifa.

Pada sesi ketiga ada pemutaran film Counter Coy garapan Muamar Husin dan Kucumbu Tubuh Indahku garapan Garin Nugroho.

Garin juga membuka sesi tanya jawab bersama Ifa Isfansyah selaku produser film Kucumbu Tubuh Indahku dan Muamar Husin Kombet.

Sebagai acara pembuka rangkaian roadshow di beberapa kota, banyak sekali peserta yang menunjukkan antusiasnya.

Hal ini membuat penyelenggara berkomitmen untuk terus melanjutkan roadshow dan berbagi energi positif untuk para pegiat film.

“Hari ini animonya sangat luar biasa. Pegiat film menjadi lebih percaya diri untuk melanjutkan karya mereka, dan memahami bagaimana industri film bekerja, dari produksi hingga promosi. Saya sebagai salah satu pegiat film daerah merasa acara ini sangat membantu kami yang ada di daerah,” kata Muamar Husin “Kombet” selaku sutradara film Counter Coy.

Bioskop Online berharap melalui roadshow ini, Bioskop Online dan JAFF dapat terus bekerja sama dengan para pembuat film dan pegiat perfilman di berbagai kota di Indonesia.

Bioskop Online juga berharap untuk membuka potensi kerja sama dengan pihak-pihak lokal untuk mengembangkan ekosistem perfilman di daerah terkait.

Roadshow 4 kota ini adalah awal pembuka dari serangkaian kegiatan kolaborasi Bioskop Online dengan Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF18).

Selain roadshow, nantinya ada content screening film pilihan JAFF yang bisa dinikmati di Bioskop Online.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi