Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Ringo Starr Tanggapi Rumor John Lennon Tak Bernyanyi di Lagu Terbaru The Beatles “Now and Then”

Baca di App
Lihat Foto
REUTERS/JOHN STILLWELL/POOL
Drummer grup band legendaris The Beatles, Ringo Starr, mendapatkan penghargaan MBE (Member of the Order of the British Empire) dari kerajaan Inggris. Lencana kehormatan tersebut diberikan langsung oleh Pangeran William yang bergelar The Duke of Cambridge di Istana Buckingham, London, Selasa (20/3/2018) waktu setempat. 
Penulis: Andika Aditia
|
Editor: Andika Aditia

KOMPAS.com – Drummer The Beatles Ringo Starr menanggapi “rumor buruk” soal suara asli John Lennon tidak ditampilkan dalam singel terbaru The Beatles berjudul “Now and Then”.

Diketahui, pada awal November 2023, Ringo Starr dan Paul McCartney merilis lagu “Now And Then” – lagu terakhir The Beatles yang menampilkan keempat anggota aslinya, termasuk John Lennon dan George Harrison di dalamnya.

Lagu “Now And Then” berasal dari demo tape yang direkam mendiang John Lennon dan diselesaikan dengan bantuan AI atau kecerdasan buatan – yang mengangkat vokal penulis lagu dari rekaman awal dan memungkinkan anggota yang masih hidup untuk bekerja dengan mereka.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Now and Then - The Beatles

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ringo Starr sebelumnya mengatakan, menurutnya proyek tersebut “indah” dan mengakui bahwa mengerjakan singel tersebut “seperti mendapatkan kembali John Lennon”.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan AARP, Ringo Starr meluangkan waktu sejenak untuk menghilangkan rumor tentang pembuatan lagu “Now And Then”.

“Ada rumor buruk bahwa itu bukan John, tapi AI, omong kosong apa pun yang dikatakan orang. Paul dan saya tidak akan melakukan itu. Itu adalah lagu yang indah dan cara yang bagus untuk akhirnya menutup pintu itu,” kata Ringo Starr.

Baca juga: Now and Then, Lagu Terakhir The Beatles Akhirnya Dirilis

Ringo Starr yang kini berusia 83 tahun tersebut menegaskan kembali komentar sebelumnya yang dia buat kepada Variety.

“Ini bukan karena AI. Bukannya kami berpura-pura. Itu sebenarnya suara John Lennon, suara dan permainan bass Paul McCartney, George [Harrison] pada gitar ritem dan saya pada drum,” kata Ringo Starr menegaskan.

Sebagai informasi, The Beatles menduduki puncak tangga lagu lewat “Now And Then”, sebuah prestasi terbaru yang diraih enam dekade setelah mereka mendapatkan Nomor Satu pertama mereka.

Baca juga: Paul McCartney Sebut Kehadiran Yoko Ono di Tengah The Beatles adalah Gangguan

Prestasi ini berarti Paul McCartney dan rekannya. kini memiliki periode terlama antara singel nomor satu pertama dan terakhir seorang artis – dengan singel pertamanya berjudul “From Me to You” yang dirilis pada Mei 1963, yang berarti 60 tahun lalu.

Ringo Starr mengatakan itu adalah “hari yang indah” ketika band ini mencapai tonggak sejarah tersebut.

Di tempat lain, Ringo Starr baru-baru ini merefleksikan kesuksesan The Beatles.

Baca juga: Paul McCartney Libatkan AI untuk Hadirkan Suara John Lennon dalam Lagu Terakhir The Beatles

Ringo Starr mengaku sempat memprediksi The Beatles tidak akan bertahan lama, namun nyatanya berbalik.

“Tidak ada di antara kami yang mengira ini akan berlangsung seminggu!” katanya dalam sebuah wawancara dengan The Sunday Times.

“Paul akan menulis, saya akan membuka salon, George akan mendapatkan garasi. Tapi itu terus berlanjut dan kemudian berakhir. Dan pada saat yang tepat, menurutku. Tapi, tahukah Anda, hal itu tidak menghentikan kami untuk bermain satu sama lain,” tambah Ringo Starr.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi