Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

10 Film dan Serial Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2023

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Netflix
Aktris Dian Sastrowardoyo sebagai Dasiyah di serial Gadis Kretek yang akan tayang di Netflix pada 2 November 2023.
Penulis: Cynthia Lova
|
Editor: Dian Maharani

JAKARTA, KOMPAS.com- Memasuki penghujung tahun, Google merilis Years in Search 2023.

Menurut data Years in Search di Indonesia, terdapat deretan film maupun serial yang paling banyak dicari di Google  sepanjang 2023.

Berikut ini berikut 10 judul film dan serial televisi yang paling banyak dicari di Google sepanjang 2023:

1. Serial Gadis Kretek

Serial Gadis Kretek menempati posisi pertama serial yang paling banyak dicari sepanjang 2023 di Google Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis Kretek adalah serial web Indonesia tahun 2023 produksi BASE Entertainment dan Fourcolours Films.

Baca juga: Ratih Kumala Salut Arya Saloka Bisa Lepas Karakter Aldebaran di Serial Gadis Kretek

Serial yang ditayangkan di Netflix ini diadaptasi dari novel berjudul sama dengan disutradarai Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, serta diperankan oleh Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Arya Saloka, dan Putri Marino.

Gadis Kretek memiliki 5 episode yang mengisahkan tokoh Dasiyah atau Jeng Yah (Dian Sastro) yang gemar dan ahli meracik rokok kretek agar memiliki cita rasa yang nikmat.

Kemudian ia bertemu dengan Soeraja (Ario Bayu) seorang pengusaha rokok kretek. Keduanya pun terlibat kisah cinta namun berakhir kandas dan keduanya berpisah karena situasi politik pada saat itu.

Hingga bertahun-tahun kemudian, suatu hari Soeraja tersebut yang telah berkeluarga meminta anak anaknya mencarikan Jeng Yah, mantan pacarnya.

Ketiga anak tersebut mencari Jeng Yah ke pelosok Jawa. Dalam pencariannya tersebut banyak hal terungkap serta rahasia-rahasia keluarga di balik usaha kretek tersebut.

2. Film Petualangan Sherina

Film Petualangan Sherina 2 adalah film komedi musikal laga petualangan Indonesia tahun 2023 yang disutradarai oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana.

Film tersebut adalah sekuel dari Petualangan Sherina (2000). Sherina Munaf dan Derby Romero kembali berperan sebagai pemeran utama dengan ensembel pemeran baru di antaranya Ardit Erwandha, Chandra Satria, Randy Danistha, Kelly Tandiono, Quinn Salman, dan Isyana Sarasvati.

Film Petualangan Sherina 2 ini tayang pada 28 September 2023 di bioskop. Sama dengan film pertamanya yang mengusung isu lingkungan, film ini menceritakan tentang pelepasliaran orang utan di Kalimantan.

Film Petualangan Sherina 2 sudah ditonton 2.413.933 orang di bioskop.

3. Serial One Piece Live Action

Serial One Piece Live Action diadaptasi dari manga dan anime terkenal, One Piece yang ditayankan di Netflix pada Kamis, 31 Agustus 2023.

One Piece Live Action tayang dalam 8 episode.

One Piece Live Action mencakup alur utama dari awal manga saga East Blue hingga Arlong Park.

Serial ini memperlihatkan bagaimana Luffy mengumpulkan para kru bajak laut topi jeraminya, dalam upaya mereka mencari harta karun tersembunyi milik bajak laut terkenal Gol D Roger. Tentunya, live action One Piece ini dimodifikasi sedemikian rupa, tetapi tetap mengikuti alur manga bikinan Eiichiro Oda.

Serial pertama dari live action One Piece ini mencakup cerita mulai dari arc Romance Dawn hingga Loguetown.

4. Film Barbie

Film Barbie tayang di bioskop Indonesia pada 19 Juli 2023. Film Barbie ini disutradarai oleh Greta Gerwig.

Tokoh Barbie di film ini akan diperankan oleh sejumlah aktor dan aktris ternama. Beberapa di antaranya seperti Margot Robbie, Dua Lipa, Hari Nef, Emma Mackey, Ryan Gosling, John Cena, dan Simu Liu.

Film Barbie menceritakan tentang kehidupan para Barbie di Barbie Land dengan keunikan karakternya masing-masing. Di tempat tersebut, para perempuan dipanggil Barbie, sementara laki-laki dipanggil Ken.

Barbie dengan peran utama Margot Robbie dan Ken dengan peran utama Ryan Gosling menjalani kehidupannya di Barbie Land dengan penuh kebahagiaan dan berwarna hingga tampak sempurna.

Namun, kehidupan Barbie berubah setelah kakinya yang datar berubah menjadi tidak lagi berjinjit. Ia bahkan sudah tidak memiliki kemampuan untuk terbang lagi saat keluar rumah.

Alhasil Barbie ditemani oleh Ken pergi ke dunia nyata. Namun, ternyata dunia nyata bukan tempat seperti yang mereka idam-idamkan. Dunia nyata ternyata lebih buruk dari Barbie Land.

5. Serial Induk Gajah

Induk Gajah adalah serial dengan genre drama komedi yang diproduksi oleh MD Pictures. Serial yang disutradarai oleh Muhadkly Acho ini terinspirasi dari novel karya Ira Gita Sembiring yang berjudul sama.

Serial ini dibintangi oleh Marshanda, Tika Panggabean, dan Dimas Anggara sebagai pemeran utamanya.

Selain itu, ada nama-nama lain, seperti Mikha Tambayong, Rendy Kjaernett, Dickie Difie, Kezia Caroline, Andri Mashadi, Lolox, Paulus Simangunsong, dan masih banyak pemain hebat lainnya.

Serial ini sempat viral di media sosial karena banyak yang tertarik dengan cerita dan karakter unik yang ditampilkan di dalam serial ini.

Selain itu, serial ini juga menjadi momentum kembalinya Marshanda ke dunia seni peran.

Serial Induk Gajah menceritakan tentang kisah perjodohan dan hubungan orang tua dengan anaknya.

Serial ini ditayangkan di Prime Video dan episode perdananya rilis pada 23 Maret 2023.

6. Film Sewu Dino

Sewu Dino adalah film horor yang dirilis di bioskop pada 19 April.

Sewu Dion disutradarai oleh Kimo Stamboel berdasarkan cerita viral berjudul sama karya SimpleMan.

Film yang ditayangkan di bioskop Indonesia pada 19 April 2023 ini dibintangi oleh Mikha Tambayong, Gisellma Firmansyah, Rio Dewanto, Marthino Lio, Givina Lukita Dewi, Agla Artalidia, Pritt Timothy, dan Karina Suwandi.

Sewu Dino mengisahkan tentang Sri dan teman-temannya untuk menyelesaikan ritual karena adanya santet.

7. Film Budi Pekerti

Budi Pekerti adalah film drama Indonesia tahun 2023 yang disutradarai dan ditulis oleh Wregas Bhanuteja. Film ini produksi Rekata Studio serta Kaninga Pictures yang dibintangi oleh Sha Ine Febriyanti, Dwi Sasono, Prilly Latuconsina, dan Angga Yunanda.

Budi Pekerti tayang perdana di Festival Film Internasional Toronto pada 9 September 2023.

Selain itu, film ini juga terpilih sebagai official selection di SXSW Sydney 2023 Screen Festival yang akan berlangsung pada 15—22 Oktober 2023 di Sydney, Australia.

Film ini juga terpilih menjadi film pembuka di Jakarta Film Week (JFW) 2023 pada 25—29 Oktober 2023.

Film yang dirilis tahun 2023 ini pun memenangkan penghargaan dari Festival Film Indonesia 2023 dengan Pemeran Pendukung Utama Wanita Terbaik (Sha Ine Febriyantu) dan juga Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Prilly Latuconsina).

8. The Last of Us Serial

The Last of Us adalah serial televisi asal Amerika yang tayang pada awal 2023. Serial ini mengambil tema post-apocalyptic dan ceritanya diadaptasi dari sebuah video game yang rilis pada 2013 lalu. Pedro Pascal, Bella Ramsey, dan Nick Offerman didapuk menjadi pemeran utamanya.

Ada juga bintang Indonesia yang main dalam serial The Last of us yang menarik perhatian publik yakni aktor senior Yayu Unru dan aktris senior Christine Hakim.

The Last of Us mengisahkan tentang kejadian 20 tahun setelah peradaban modern dihancurkan. Joel disewa untuk menyelundupkan Ellie, seorang gadis berusia 14 tahun, untuk keluar dari zona karantina. Mereka berdua harus melintasi Amerika Serikat dan bergantung kepada satu sama lain untuk bertahan hidup.

9. Film Oppenheimer

Oppenheimer adalah film biopik thriller yang menceritakan tentang bapak bom atom, J. Robert Oppenheimer. Film itu diangkat dari buku karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin yang berjudul American Prometheus.

Film Oppenheimer disutradarai oleh Christopher Nolan dengan menggandeng Cillian Murphy sebagai bintang utama.

Film Oppenheimer ini tayang di bioskop pada 19 Juli 2023.


10. Film dokumenter Ice Cold

Film dokumenter kriminal berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso dirilis di Netflix pada 29 September 2023.

Film ini diangkat dari kasus kematian Wayan Mirna Salihin yang tewas usai meminum kopi di salah satu mall di Jakarta sempat membuat heboh publik pada 2016 lalu.

Dari hasil penyelidikan, sahabat korban Jessica Kumala Wongso kemudian menjadi tersangka utama dan divonis 20 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Film dokumenter kriminal ini memuat wawancara langsung dan eksklusif dengan Jessica Wongso serta narasumber terkait, seperti ayah dan saudara kembar Mirna, pengacara Jessica, hingga jurnalis yang mendalami kasus tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi