Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Alasan Spot Foto BTS di Beberapa Wilayah Korea Selatan Akan Perlahan Menghilang

Baca di App
Lihat Foto
Koreaboo
Spot Foto BTS di Korea Selatan
|
Editor: Rintan Puspita Sari

KOMPAS.com- Pahatan dan mural yang berhubungan dengan BTS di seluruh Korea diperkirakan akan menghilang secara bertahap.

Agensi BTS, HYBE dipastikan mengirimkan surat resmi kepada pemerintah daerah yang memasang pahatan BTS, menuntut penghapusannya karena pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Menurut outlet media Tenasia, kota Samcheok memutuskan untuk menghancurkan pahatan zona foto BTS dan tanda informasi di Pantai Maengbang.

Ini adalah tindakan yang diambil setelah HYBE mengirimkan surat resmi ke kota tersebut tahun lalu yang meminta penghapusan semua patung terkait BTS.

Baca juga: Produser dan Penulis Lagu BTS, NCT 127 dan Troye Sivan, Bram Inscore Meninggal Dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Agensi BTS mengirimkan dokumen resmi yang meminta pembongkaran dan berbunyi, ‘Ini bisa menjadi masalah hukum,'" kata perwakilan pejabat pemerintah setempat.

"Mereka mengatakan bahwa mereka melarang penggunaannya karena melanggar hak kekayaan intelektual," sambungnya.

Pemerintah kota melaporkan bahwa mereka mencoba bernegosiasi dengan HYBE, namun akhirnya gagal. Pada akhirnya, sumber daya wisata yang penting hilang.

"Kami mencoba bernegosiasi dengan HYBE, tetapi mereka mengatakan tidak akan berunding dengan mereka dan sejauh ini tidak ada preseden seperti itu, jadi kami tidak punya pilihan selain menghancurkannya," ujar perwakilan tersebut.

Baca juga: Closer Than This, Lagu Jimin BTS untuk ARMY Duduki Puncak iTunes di 90 Negara

Kota Samcheok bahkan dikabarkan telah berencana menghancurkan patung BTS dalam minggu ini.

Untuk diketahui, selama ini ada beberapa tempat dari lokasi syuting dan pemotretan BTS di Korea Selatan yang menjadi favorit penggemar untuk berfoto.

Seperti Pantai Maengbang di Samcheok terkenal sebagai lokasi syuting sampul lagu hit BTS "Butter", dan halte bus di Gangneung memiliki patung bernama "Spring Day Stop".

Mercusuar merah di Yeongdeok disebut "Mercusuar BTS" dan disukai oleh wisatawan. Desa Budaya Gamcheon di Busan terkenal dengan mural BTS-nya. Ada juga jalan mural V dan Suga di Daegu.

Beberapa pemerintah daerah mengeluhkan tindakan ini yang mereka anggap berlebihan.

Pemerintah setempat membuat patung dan mural untuk kepentingan umum bagi para penggemar yang mengunjungi tempat-tempat yang ditampilkan dalam jaket dan video musik BTS.

Namun bukan tanpa alasan HYBE meminta pemerintah setempat untuk menghancurkan tempat di mana kenangan BTS berada, ini karena hak merek dagang atau hak gambar BTS ditampilkan.

HYBE merasa jika mereka tidak menghentikan hal ini, penggunaan hak kekayaan intelektual BTS secara sembarangan oleh pemerintah daerah akan tidak dapat dicegah.

"Pada prinsipnya, kementerian, pemerintah daerah, lembaga publik, dll. tidak memberikan izin untuk pembangunan jalan, patung, atau produksi mural yang menggunakan hak kekayaan intelektual perusahaan kami, termasuk nama seniman kami," kata seorang pejabat dari HYBE.

"Kami mempertimbangkan fakta bahwa jika manajemen berkelanjutan menjadi sulit, itu tidak akan baik untuk citra artis," lanjutnya.

Jika benar Samcheok berencana membongkar patung BTS pada minggu ini, ada kemungkinan patung-patung di pemerintah daerah lain akan dibongkar secara berurutan di kemudian hari.

“Karena berkaitan erat dengan pariwisata lokal, termasuk menarik wisatawan asing, saya berharap ada kesepakatan mengenai syarat pengelolaan yang berkelanjutan," kata seorang pejabat dari pemerintah daerah yang memiliki lokasi wisata terkait BTS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Koreaboo, Tenasia
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi