Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Momo Nyanyikan Lagu "Selalu Salah" Tanpa Geisha, Roby Geisha: Saya Mulai Meragukan Etika Bisnis Musik Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI
Gitaris band Geisha, Roby berpose usai wawancara di Kantor Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta (20/5/2017). Geisha berbagi cerita tentang single pertama mereka dengan judul ''Cinta Itu Kamu'' dari album terbarunya.
|
Editor: Rintan Puspita Sari

JAKARTA, KOMPAS.com- Mengetahui mantan vokalisnya, Momo menyanyikan lagu "Selalu Salah" secara solo, pencipta lagu tersebut yang juga gitaris grup band Geisha, Roby mempertanyakan etika bisnis di industri musik Indonesia. 

Roby menegaskan, berdasarkan kontrak yang ada, lagu-lagu Geisha hanya boleh dikomersilkan dengan formasi band Geisha.

"Semua lagu @geishaindonesia hanya boleh di gunakan secara komersil oleh formasi Band Geisha yang secara resmi mempunyai kontrak exclusive dengan pihak Label dan disepakati bisnisnya bersama atas nama Group," tulis Roby di akun @roby_geisha.

"Sehingga tidak di perkenankan untuk di komersilkan secara personal untuk mengambil keuntungan pribadi," lanjutnya.

Baca juga: Geisha Ganti Vokalis Tanpa Beritahu Momo, Widi Vierratale: Sekarang Mereka Jadi Apa?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagai pemilik hak eksklusif lagu tersebut, Roby juga mengatakan dalam hal ini dia bukan melarang Momo menyanyikan lagu tersebut.

Namun, lagu-lagu Geisha hanya bisa dinyanyikan Momo bersama band Geisha, bukan dalam format solo.

"Dan saya Roby Satria sebagai pemilik hak eksklusive atas lagu tersebut tidak melarang dan memperkenankan momo untuk membawakan lagu geisha selama di komersilkan bersama sama Group Band Geisha," tulisnya.

Roby kemudian mempertanyakan oknum yang diduga telah mengambil keuntungan pribadi dengan menggunakan lagu mereka.

Baca juga: Geisha Tak Tutup Kemungkinan Bakal Kolaborasi dengan Momo

"Setelah kita melihat video ini sepertinya ada pihak yang secara sengaja, leluasa dan tidak profesional memberikan ruang untuk keuntungan pribadi pihak pihak tertentu," tulis Roby.

"Sampai saya mulai meragukan etika bisnis musik indonesia ini bekerja," lanjutnya.

Di akhir unggahannya yang menyertakan video penampilan solo Momo dengan lagu Geisha itu, Roby meminta pendapat dari netizen.

"Menurut kalian siapa saja oknum yang mengambil keuntungan pribadi dalam hal ini? Saya juga bingung, bertanya tanya dan enggak tau jawabannya. Bantu cari bareng bareng ya," tulisnya.

"Netizen pengen liat momo manggung sendiri atau dengan Geisha?" tanya Roby kemudian mengakhiri unggahannya.

Melihat unggahan yang dibagikan Roby, Jumat (12/1/2024) itu sejumlah netizen tampak memberikan komentar mereka atas masalah tersebut.

"Kalau menurutku enggak adil untuk band Geisha kalau harus nurutin Momo pribadi yang kapan mau vacuum kapan mau kembali semau dia," tulis @avririyati.

"Kalau kata Ahmad Dhani: kan lucu, udah enggak di band nya tapi manggung solo menggunakan lagu mantan bandnya," tulis @joenathan_ds.

"Ketemu duduk bareng bang, di bicarakan...rame" seru. Biar band rame kaya jaman dulu," tulis @dahniaar__.

Roby juga terlihat membalas komentar netizen yang membahas tentang performing rights dan seharusnya Roby tak mempersoalkan Momo menyanyikan lagu milik Geisha secara solo.

"Bagi saya etika yang utama. Apalagi ini lagu karya band, kalau di jadikan keuntungan pribadi dan tanpa izin ini kurang bijak," tulis Roby.

"Sedangkan kita dengan formasi yang baru memberikan hak founder sampai saat ini dari setiap offair Geisha. Di sisi yg lain lagunya di nyanyikan tanpa izin. Industri ini memang sudah tdk relevan dengan pelaku seninya," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi