Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Selama 20 Tahun Diikuti Sasaeng, Kim Jaejong: Mari Kita Akhiri di Sini

Baca di App
Lihat Foto
KOREA.net/KOREA CULTURE AND INFORMATION SERVICE (KOCIS)/JEON HAN
Penampilan Kim Jaejoong JYJ di Korea President Park Arirang Concert 30 pada 27 Oktober 2013 di Nokjiwon Garden, Sheong Wa Dae, Seoul, Korea Selatan.
|
Editor: Rintan Puspita Sari

KOMPAS.com- Sudah 20 tahun berlalu, penyanyi Kim Jaejoong menegur lagi sasaeng yang masih terus menguntitnya.

Jaejoong telah mengalami banyak insiden dengan sasaeng selama dua dekade di industri hiburan, termasuk saat masih berpromosi sebagai anggota TVXQ.

Melalui Instagram-nya secara terbuka Kim Jaejoong mengecam sasaeng dan layanan taksi sasaeng tertentu di Korea yang mendorong dan membantu perilaku tidak pantas yang melanggar dan melanggar hak artis atas privasi dan keselamatan mereka.

"Saya masih ingat dengan jelas kata-kata menakutkan, 'Jika Jaejoong menikah, kami pasti akan mengunjungi tempat pernikahan.' Saya harap Anda akan dihukum karena terus mengawasi," tulisnya.

Baca juga: Jadikan Covid-19 Lelucon April Mop, Kim Jaejoong Diselidiki KCDC

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sudah 20 tahun. Mari kita akhiri ini," sambungnya.

Jaejoong kemudian mengungkap kebiasaannya yang bahkan berkembang dengan sendirinya karena bertahun-tahun terus diikuti sasaeng.

"Sudah lama sejak saya jadi punya kebiasaan melihat ke belakang sambil makan dan saat berjalan," tulis penyanyi yang kerap disebut blueprint idol pria SM Entertainment itu. 

"Saya sibuk melarikan diri. Bukankah sudah waktunya kamu melepaskanku?" ujarnya.

Setelah mengumpulkan rekaman kotak hitam dari enam kendaraan yang terlibat, Jaejoong mengungkapkan bahwa dia mengambil langkah hukum terhadap mereka.

Baca juga: Beli Unit Apartemen Baru, Kim Jaejoong dan Seo Kang Joon Jadi Tetangga

"Zaman telah berubah. Saya memperoleh rekaman kotak hitam dari keenam kendaraan dan berencana untuk mengumpulkan lebih banyak lagi," tulis Jaejoong.

"Hukum akan menangani Anda yang melanggar kehidupan pribadi orang lain dan menemukan kesenangan dalam menimbulkan penderitaan," tulisnya.

Sasaeng atau “sasaeng fan” adalah istilah slang Korea yang dibentuk dari kombinasi “pribadi” dan “kehidupan” dan mewakili seseorang yang ketertarikannya pada idola tertentu menjadi obsesif dan berbahaya bagi sang idola.

Perilaku sasaeng diantaranya seperti menguntit, membeli atau menjual informasi pribadi idola, melecehkan idola dan keluarga serta teman-temannya.

Dia mengakhiri Instagram Storiesnya dengan membagikan kartu nama yang digunakan layanan taksi sasaeng untuk menarik penggemar internasional dengan janji melihat bintang favorit mereka “di kehidupan nyata.”

"Apakah Anda masih terjebak melihat bintang favorit Anda di layar TV? Anda juga bisa melihatnya di kehidupan nyata! Lihatlah tur kami," demikian tertulis dalam kartu nama tersebut. 

Mengomentari kartu nama tersebut, Jaejong menyebut mereka bahkan lebih buruk dari sasaeng itu sendiri. 

“Inilah tepatnya mengapa kalian, pengemudi taksi sasaeng, lebih buruk daripada sasaeng yang mengendarainya," tulis Jaejoong. 

Pengakuan Jaejoong itu membuat terkejut sejumlah penggemarnya. 

"20 tahun diintai? Gila sekali, mereka adalah wanita dewasa," tulis netizen Korea. 

"Kupikir Sasaeng menghilang tapi mereka muncul kembali?" tulis yang lain.

"Kalau 20 tahun, itu cukup lama bagi seorang anak untuk menjadi dewasa," tulis netizen lain. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Allkpop, Koreaboo
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi