Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Dibintangi Michelle Ziudith, Film Puang Bos Angkat Kisah Proses Pembuatan Kapal Pinisi

Baca di App
Lihat Foto
DOK MMFilm by @hendra.teja.
Para pemain film Puang Bos, salah satunya artis peran Michelle Ziudith menggelar syukuran sebelum proses produksi film dilakukan.
|
Editor: Tri Susanto Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Film drama komedi berjudul Puang Bos dari rumah produksi Megti Media Film digarap dua sutradara Adink Liwutang dan Rusmin Nuryadin.

Proses syuting akan dimulai pada 5 Februari 2024 di bawah naungan rumah produksi asal Makassar, AIM production sebagai supporting production.

Film yang mengangkat kearifan budaya lokal ini akan mengedukasi penontonnya dengan mengupas tuntas sejarah proses pembuatan Kapal Pinisi yang telah dijadikan warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Baca juga: Sinopsis Film xXx: Return of Xander Cage, Vin Diesel dan Deepika Padukone Beraksi Bersama

Di film ini nantinya akan digambarkan detail bagaimana bahan baku kapal phinisi seperti pemilihan kayu yang tepat, yakni kayu dari pohon na'nasa atau pohon gofasa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apalagi saat ini bahan kayu ini mulai langkah karena minimnya penanaman kembali jenis pohon tersebut. Juga akan membahas bagaimana keberlangsungan dan regenerasi pembuat kapal di tanah beru.

Film perdana garapan MMFilm (Megti Media Film) ini dibalut dengan cerita drama dan komedi, juga membawa hangatnya kisah keluarga yang dekat dengan masyarakat Indonesia khususnya di Sulawesi.

Baca juga: Daftar Pemain dan Sinopsis Film Kupu Kupu Kertas

Tantangan dalam film ini adalah membawa aktor Nasional yaitu Michelle Ziudith, Ibrahim Risyad, Pritt Timothy, Gilbert Patiruhu, Zoe Levana, Mongol Stres, dan Arif Brata.

Michelle Ziudith mengaku senang bisa bergabung dalam produksi film Puang Bos yang mengangkat kearifan lokal sekaligus kebudayaan tentang kapal pinisi yang sudah menjadi warisan UNESCO.

"Ini pertama kalinya saya berperan sebagai orang Bulukumba. Sangat chalenging dan menarik karena ada culture yang harus dibiasakan juga," kata Ziudith dalam keterangan tertulis, Selasa (6/2/2024).

Baca juga: Sinopsis Film Underworld: Evolution, Perjuangan Kate Beckinsale Melarikan Diri dari Vampir

"Semoga kerja keras kita semua dan tim dapat diapresiasi seluruh masyarakat dan karya ini dapat dinikmati dengan baik. Jangan lupa untuk nonton Puang Bos dan mendukung perfilman Indonesia," sambung dia.

Meggy Tribuana dari MMFilm mengatakan, film ini diharapkan dapat semakin memupuk kepedulian dan kecintaan pada warisan budaya Indonesia.

Produksi ini akan dilakukan di Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba Sulawesi yang dapat mengeksplore tempat-tempat indah di Indonesia, sehingga bisa meningkatkan minat pariwisata di daerah sekitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi