Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Perolehan Suara Caleg Artis yang Bertarung di Dapil Neraka, Ahmad Dhani sampai Once Mekel

Baca di App
Lihat Foto
Sejumlah artis yang jadi caleg DPR RI pemilu 2024. Melly Goeslaw (kiri atas), Ahmad Dhani (kanan atas), Once Mekel (kiri bawah), Uya Kuya (kanan bawah).
Penulis: Andika Aditia
|
Editor: Andika Aditia

KOMPAS.com – Puluhan artis Tanah Air menghiasi bursa caleg dalam pemilu 2024.

Seperti pemilu-pemilu sebelumnya, caleg dari kalangan artis memang selalu ramai dan menarik perhatian konstituen.

Deretan artis ini ada yang dianggap hanya menjadi pendulang suara partai, tetapi ada juga yang memang serius terjun dan bertarung dalam arena politik untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Bahkan, tak sedikit pula dari artis tersebut bertarung di dapil yang memiliki peluang lolos sulit atau biasa disebut dapil neraka.

Baca juga: Perolehan Sementara Suara Andika Kangen Band dan Peluang Lolos ke Senayan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapil neraka sendiri adalah adalah sebutan dari sebuah daerah pemilihan (dapil) yang diperebutkan oleh banyak calon anggota legislatif dan mempertemukan sejumlah tokoh besar.

Berikut adalah daftar artis yang bertarung di dapil neraka:

Dapil neraka DKI Jakarta

Di Provinsi DKI Jakarta terdapat satu dapil yang sering disebut sebagai dapil neraka, dapil itu adalah DKI Jakarta II yang meliputi daerah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri.

Penyanyi Elfonda Mekel alias Once bertarung di dapil ini dengan maju dari PDI Perjuangan.

Sejauh ini, Once Mekel telah meraih suara sebanyak 26.039. Once menjadi caleg dengan suara tertinggi dari enam caleg PDI Perjuangan lainnya di dapil DKI Jakarta II.

Selain Once, ada juga nama Uya Kuya dan Lula Kamal, yang mana kedua nama tersebut sama-sama maju jadi caleg dari PAN.

Baca juga: Komeng Jadi Caleg DPD RI dengan Suara Tertinggi, Iwan Fals: Negeriku Tambah Lucu

Uya Kuya sejauh ini meraih suara sebanyak 38.557, menjadi yang tertinggi dari enam caleg PAN lainnya di dapil yang sama.

Lalu, Lula Kamal menyusul setelahnya dengan raihan 15.039 suara.

KPU sendiri menyediakan jatah tujuh kursi untuk menjadi anggota DPR-RI dari dapil DKI Jakarta II.

Dapil neraka Jawa Barat

Dapil Jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi sering disebut sebagai dapil neraka karena berisikan nama-nama pesohor yang tak main-main dalam menarik suara.

Di dapil Jawa Barat I terdapat nama-nama beken seperti Melly Goeslaw, Nurul Arifin, Farhan, dan Nico Siahaan.

Melly Goeslaw maju jadi caleg DPR RI dari Partai Gerindra. Sejauh ini, Melly Goeslaw telah meraup suara sebanyak 26.112, menjadi yang tertinggi dari caleg Gerindra lainnya di dapil yang sama.

Baca juga: Daftar Artis yang Raih Suara Terbanyak Sementara di Dapilnya pada Pileg 2024

Lalu, artis senior Nurul Arifin maju dari Partai Golkar dan telah meraup suara sebanyak 22.557.

Nurul Arifin menjadi caleg dengan suara terbanyak kedua dari Golkar, yang mana posisi pertama diisi oleh Atalia Praratya yang merupakan istri mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kemudian, ada presenter Nico Siahaan yang maju dari PDI Perjuangan. Nico Siahaan menjadi caleg dari PDI Perjuangan dengan suara tertinggi di dapil ini dengan meraup 18.985 suara.

Ada juga nama presenter kawakan Muhammad Farhan yang maju dari Partai Nasdem. Farhan juga menjadi caleg dari Nasdem dengan suara tertinggi di dapil Jawa Barat I dengan raihan 19.281 suara.

Ada pun, daerah pemilihan Jawa Barat I diwakili oleh tujuh anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Dapil neraka Banten

Untuk Provinsi Banten, terdapat satu dapil yang disebut dapil neraka, yakni dapil Banten III.

Dapil Banten III meliputi wilayah Tangerang Raya, terdiri dari Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Baca juga: Intip Perolehan Suara Aldi Taher, Caleg yang Suka Pakai Atribut Partai Lain

Di dapil Banten III, ada caleg dari kalangan artis, yakni Rano Karno, eks Gubernur Banten 2015-2017 sekaligus petahana yang maju dari PDI Perjuangan dan artis peran Virnie Ismail.

Rano Karno meraup 27.080 suara yang membuatnya menjadi caleg tertinggi ketiga di dapil Banten III, yang mana posisi pertama diisi mantan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi dengan 55.081 suara dan posisi kedua diisi petinggi PKS, Habib Idrus Salim Aljufri dengan 32.999 suara.

Virnie Ismail yang pernah menjadi pemain Extravaganza maju dari PAN. Sejauh ini, Virnie Ismail meraih 3.856 suara.

Dapil neraka Jawa Timur

Dapil Jawa Timur I juga disebut-sebut menjadi "Dapil Neraka".

Dapil ini mencakup wilayah Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya. Setidaknya ada jatah 10 kursi di DPR RI untuk dapil Jawa Timur I.

Nama-nama artis yang menghiasi dapil Jawa Timur I ada Ahmad Dhani, Arzeti Bilbina, Chef Arnold, dan Angela Tanoesoedibjo.

Ahmad Dhani maju dari Partai Gerindra dan telah meraup 41.155 suara, tertinggi kedua dari sepuluh caleg Gerindra yang maju di dapil Jawa Timur I.

Arzeti Bilbina maju jadi caleg dari PKB, sejauh ini Arzeti telah meraup 27.635 suara, menjadi yang tertinggi dari sembilan caleg PKB lainnya yang maju di dapil Jawa Timur I.

Baca juga: Terlihat Jarang Kampanye, Komeng: Biar Surprise Tiba-tiba Ada Saya di Surat Suara

Ahmad Dhani sendiri menjadi caleg tertinggi ketiga dari seluruh caleg yang maju di dapil Jawa Timur I. Sementara, Arzeti menjadi caleg suara tertinggi keenam di dapil ini.

Sebagai informasi, seluruh perolehan suara tersebut dikumpulkan dari data real count resmi KPU per hari Senin (19/2/2024) malam.

Data tersebut masih bisa berubah, dan peluang artis yang maju tersebut untuk lolos ke Senayan juga masih tentatif sembari menunggu hasil resmi rekapitulasi suara dari KPU.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi