Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Peluang Lolos ke Senayan Kecil meski Sudah Habis Miliaran, Anisa Bahar: Untungnya Uang Sendiri, kalau yang Pinjam Mungkin Stres

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA
Penyanyi dangdut Annisa Bahar saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (29/3/2019).
Penulis: Andika Aditia
|
Editor: Andika Aditia


KOMPAS.com – Pedangdut Anisa Bahar mengaku tak merasa beban usai peluang lolos ke Senayan sebagai anggota DPR kecil meski sudah habiskan uang miliaran rupiah.

Menurut Anisa Bahar, dirinya masih merasa lepas lantaran maju jadi caleg karena murni menggunakan uang sendiri, tak meminjam sana-sini.

Selain itu, Anisa Bahar menyebut, uang yang ia keluarkan selama kampanye juga memang digunakan untuk kebaikan masyarakat, bukan untuk politik uang alias serangan fajar.

Baca juga: Banyak Artis Maju Jadi Caleg, Anisa Bahar: Secara Popularitas Bagus, tapi Elektabilitas Belum Tentu

“Karena aku enggak merasa ada beban karena aku enggak ada beli suara, itu satu,” ucap Anisa Bahar seperti dikutip dari kanal YouTube TransTV, Jumat (1/3/2024).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Kedua karena aku memang murni uang sendiri enggak ada pinjam-pinjam,” imbuh Anisa Bahar.

Anisa Bahar berpendapat, potret caleg yang gagal terpilih lalu menjadi tertekan mungkin lantaran dana yang dikeluarkan selama kampanye bukanlah dana sendiri, melainkan dana hasil pinjaman atau semacamnya.

Baca juga: Habiskan Uang Miliaran Saat Jadi Caleg, Anisa Bahar: Aku Enggak Menyesal

Anisa Bahar tak memungkiri, meski tak merinci, tetapi ia mengetahui memang ada beberapa caleg yang rela meminjam uang sampai menggadaikan aset untuk digunakan selama masa kampanye.

Anisa Bahar melihat, akan menjadi beban apabila gagal menjadi anggota dewan lalu setelahnya harus menyelesaikan urusan utang.

“Ada yang sampai gadaikan rumah, pinjam sana-sini, mungkin yang stres yang seperti itu, memang ada yang maju caleg uangnya pinjam-pinjam,” ucap Anisa Bahar.

Baca juga: Perolehan Sementara Anisa Bahar dan Siti KDI, Pedangdut yang Berebut Suara di Dapil Jawa Tengah IX

Diketahui, Anisa Bahar juga menjadi salah satu artis yang maju jadi caleg dalam pemilu 2024.

Anisa Bahar maju jadi caleg DPR RI dari Partai Nasdem melalui dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal.

Ada pun, per hari Jumat (1/3/2024), berdasarkan data real count KPU, Anisa Bahar memperoleh suara sementara sebanyak 2.373 dari data masuk 73,17 persen.

Baca juga: 10 Caleg Artis Perolehan Suara Tertinggi yang Berpotensi Lolos ke DPR

Peluang Anisa Bahar untuk lolos ke Senayan terbilang kecil jika melihat dari perolehan suara dan jumlah kursi DPR dari dapil Jawa Tengah IX.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi