Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 April 1849, Walter Hunt Mendapatkan Paten Peniti

Kompas.com - 10/04/2019, 15:22 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peniti merupakan salah satu benda kecil yang banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Biasanya, alat ini digunakan untuk melekatkan pakaian, jilbab, hingga membantu untuk kepentingan mendesak lainnya.

Terlepas dari bentuknya, peran peniti ternyata besar dalam kehidupan manusia. Pada abad ke-14 SM, peniti sudah digunakan untuk mengaitkan pakaian sejak peradaban Mycenaean.

Peniti pada masa itu berbeda dengan zaman sekarang. Pada masa itu, bentuknya yang terkesan kaku memiliki aneka macam hiasan yang melekat dan banyak disebut sebagai "fibulae".

Berawal dari situlah akhirnya peniti modern mulai ditemukan. Pada 10 April 1849, akhirnya peniti mendapatkan paten resmi. Penemunya adalah orang berkebangsaan Amerika Serikat bernama Walter Hunt.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Pembalut, Semula Diciptakan untuk Para Pria

Tak sengaja

Walter Huntwikipedia Walter Hunt

Walter Hunt lahir pada 1796 di Lewis County, New York, AS. Dia meninggalkan sekolah formal di usia remaja dan menjadi seorang petani sederhana.

Keingintahuan dia untuk mengutak-atik barang atau mesin menjadikannya diperbantukan di pabrik tekstil terdekat. Dia membantu perbaikan mesin dan pemintal benang yang digunakan.

Berawal membantu perbaikan, hingga dia membuat alat pemintal benang sendiri. Dia kemudian mencari investor untuk mendukung penemuannya, namun rencananya tak selalu mulus.

Berutang adalah solusi terakhir Walter Hunt untuk menjalani hidup. Ketika dia dihadapkan bagaimana cara untuk membayar utang, dia akhirnya dengan spontan mengambil kawat kecil dan melilitnya.

Tanpa disengaja, berkat mencoba memikirkan pembayaran utang dia bisa menemukan sekarang benda yang dikenal sebagai peniti. Dia menambahkan bentuk melingkar di bagian bawah untuk berfungsi sebagai pegas agar mudah digunakan.

Peniti buatan Hunt digulung dan menjadi pegas di bagian ujung dan ujung satunya berbentuk lancip. Itulah peniti pertama buatan Hunt yang memiliki sisi pegas yang dirancang untuk menjaga jari-jari seorang yang menggunakan cukup aman.

Setelah mendapatkan paten, dia kemudian menjual hak patennya kepada seseorang yang menjadi sumber utangnya, sebesar 400 dollar AS.

Baca juga: 14 Maret 1899, Zeppelin Dapat Paten dan Jadi Pelopor Transportasi Udara

Paten peniti Huntmuseumofeverydaylife Paten peniti Hunt

Selain menemukan peniti modern, dia juga berhasil membuat dan mengembangkan mesin jahit pertama di AS. Ketika itu, dia menggunakan jarum runcing untuk jahitannya.

Selain itu, dia juga berhasil mengembangkan rautan pisau, bel trem, klakson mobil, kerah kemeja kertas, dan pulpen. Namun, penemuan dan patennya selalu ia jual kepada seseorang.

Alasan yang kuat adalah karena Hunt tak baik dalam segi perekonomian dan mengelola keuangan. Selain itu, dia juga menanggap bahwa hanya membutuhkan uang untuk menghidupi keluarganya dengan cepat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com