Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi China Selamatkan 1.100 Perempuan yang Hendak "Dijual" sebagai Istri

Kompas.com - 21/06/2019, 19:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Kepolisian China mengklaim telah menyelamatkan hingga lebih dari 1.100 perempuan, sebagian besar dari Asia Tenggara, yang hendak "dijual" sebagai istri, pada tahun lalu.

Sebanyak 17 anak-anak juga telah diselamatkan dalam sejumlah operasi gabungan antara kepolisian China dengan Myanmar, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Thailand, antara bulan Juli hingga Desember.

"Lebih dari 1.300 tersangka, termasuk 260 orang asing, ditahan dalam penggerebekan atas dugaan penculikan dan menjual orang, serta penipuan pernikahan," kata Kementerian Keamanan Publik dalam pernyataannya, Kamis (20/6/2019).

Disampaikan juru bicara Kementerian Keamanan Publik, Guo Lin, dalam beberapa tahun terakhir, pelaku kriminal domestik maupun asing, telah berkolusi untuk memikat perempuan dari negara-negara tetangga ke China dengan menjanjikan pekerjaan atau pernikahan.

"Beberapa wanita bahkan dibawa paksa dan diculik untuk kemudian dijual sebagai istri," kata Lin, dikutip AFP, Jumat (21/6/2019).

Baca juga: Kisah Pilu Para Perempuan Pakistan yang Dijual ke China

Pemberlakukan kebijakan satu anak yang telah berlangsung selama satu dekade di China, serta adanya preferensi bahwa anak laki-laki lebih baik, telah menyebabkan berkurangnya jumlah penduduk wanita di China.

Sementara di negara-negara tetangga, para wanita muda yang didorong oleh kemiskinan dan harapan mendapat penghidupan yang lebih baik, dengan mudah tergoda untuk pekerja atau menikah di China.

Namun beberapa menjadi mangsa para pelaku penipuan perkawinan yang membuat wanita-wanita itu berisiko mengalami pelecehan, penahanan di bawah UU Imigrasi China, atau dipaksa bekerja dalam prostitusi.

Dalam satu kasus di provinsi Anhui, China tengah, polisi mengungkapkan telah menemukan 11 perempuan Vietnam dengan visa turis kedaluwarsa yang berada di rumah persembunyian milik sebuah "agen perkawinan".

Dikatakan jika agen tersebut menawarkan perempuan-perempuan itu kepada pria China kaya untuk dijadikan istri dengan bayaran antara 3.000 hingga 10.000 yuan (sekitar Rp 6-20 juta).

Polisi mengatakan, dalam beberapa kasus turut melibatkan agen tenaga kerja abal-abal, yang memikat perempuan dengan janji bekerja di China, namun pada akhirnya justru dijual untuk pernikahan paksa.

Baca juga: Pembelot Korut Ini Kisahkan Pengalaman Dijual Jadi Budak Seks di China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com