Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Punya Lubang Kecil di Atas Daun Telinga? Simak Penjelasan Ini

Lihat Foto
Business Insider
Sebagian kecil manusia dilahirkan dengan lubang kecil di atas daun telinga, lubang apakah itu?

KOMPAS.com - Pernahkah kita bercermin dan memperhatikan daun telinga kita? Adakah lubang kecil di bagian atas daun telinga Kamu?

Ya, sebagian kecil dari manusia di dunia memang dilahirkan dengan lubang kecil, yang nyaris tak terlihat di bagian atas daun telinga. 

Mereka tentu bukan manusia ikan, apalagi alien. Sebab, memang ada sebagian manusia yang dilahirkan dengan lubang kecil yang disebut preauricular sinus.

Baca juga: 5 Gejala Infeksi Sinus yang Penting Diketahui

Seperti dilansir laman Mirror.co.uk, di Inggris, manusia dengan lubang kecil di atas daun telinga semacam ini jumlahnya kurang dari satu persen populasi di sana.

Sementara, di Amerika Serikat, temuan semacam ini justru lebih rendah lagi.

Namun di Asia dan sebagian Afrika, diperkirakan ditemukan 4-10 persen manusia yang dilahirkan dengan preauricular sinus.

Lantas apa sebenarnya lubang kecil itu?

Sederhananya, malformasi tersebut bisa dianggap semacam lesung pipi yang terpapar di sekitar telinga luar -khususnya, di titik pertemuan antara "wajah" dan tulang rawan telinga.

Baca juga: Snug Piercings, Tren Tindik Telinga Tembus Tulang Rawan, Berani?

Preauricular sinus secara teknis adalah "cacat" kelahiran turun temurun yang pertama kali didokumentasikan oleh seorang ilmuwan bernama Van Heusinger pada tahun 1864.

Biasanya, titik tersebut ditemukan pada salah satu sisi telinga saja, namun nyaris 50 persen pemilik preauricular sinus memiliki titik di kedua ujung daun telinganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman
Editor: Glori K. Wadrianto
TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua


Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi