Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Sebaiknya Olahraga Menjelang Berbuka Atau Setelah Berbuka Puasa?

Lihat Foto
joyt
Ilustrasi berlari

KOMPAS.com - Salah satu hal yang direkomendasikan untuk tetap dilakuan selama berpuasa adalah melakukan kegiatan olahraga.

Rasa haus memang akan selalu menghampiri ketika tengah berolahraga. Pasalnya, tubuh kehilangan banyak cairan saat melakukan aktivitas fisik. Namun jangan jadikan hal itu alasan, kita tetap bisa olahraga di bulan puasa kok.

Meski begitu kita harus pintar-pintar memilih olahraga yang tepat sehingga tidak merugikan diri sendiri. Salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah memilih waktu dan tempat yang tepat untuk berolahraga.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga? Olahraga di bulan puasa, sebaiknya setelah buka atau justru sebelum buka puasa?

Dikutip dalam laman Islamicity, olahraga saat puasa akan menyebabkan kenaikan yang signifikan pada hormon kortisol (hormon stres), terlebih jika dilakukan dalam intensitas tinggi.

Selain itu, olahraga yang dilakukan dalam keadaan dehidrasi juga bisa menurunkan daya tahan tubuh secara drastis.

Jadi, olahraga setelah buka puasa disebut sebagai waktu terbaik. Hal ini dikarenakan tubuh sudah mendapatkan asupan energi kembali dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka.

Baca juga: Tak Perlu Puasa Olahraga di Bulan Ramadhan

Sedangkan menurut dr. Michael Triangto, SpKO, menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat puasa tergantung pada tujuan olahraga itu sendiri. Itu sebabnya, kita perlu menetapkan terlebih dahulu apa tujuan dari melakukan olahraga tersebut.

Jika tujuan berolahraga untuk kesehatan dan penyegaran, maka olahraga jangan dilakukan di sore hari.

Pasalnya jika olahraga dilakuan sore atau malam hari, maka kita tidak akan mendapatkan efek kesegaran karena udara sudah tercampur dengan polusi udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman
Editor: Wisnubrata
Sumber: Hello Sehat
TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua


Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi