Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Cerita Peselam Termuda Ikut Pemecahan Rekor Dunia

Lihat Foto
KOMPAS.com/Nabilla Tashandra
Penyelam cilik, Shinta Nur Faradilla (14) yang ikut dalam aksi pemecahan rekor selam Guiness Book of Record di Manado, Sabtu (3/8/2019).
|
Editor: Bestari Kumala Dewi

MANADO, KOMPAS.com - Memiliki ayah seorang penyelam profesional dan ibu yang juga seorang penyelam memotivasi Shinta Ayu Nur Faradilla (14) untuk mengikuti jejak kedua orangtuanya.

Hari ini, Sabtu (3/8/2019), Shinta akan ikut dalam aksi pemecahan rekor selam Guinness World Records di Pantai Manado, Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara yang melibatkan ribuan penyelam.

Meski jadi peserta termuda, namun Shinta tak merasa minder. Ia bahkan tak melakukan persiapan khusus untuk aksi selam, Sabtu pagi.

"Latihan saja, jaga kesehatan, walaupun masih agak batuk pilek," kata siswi kelas 9 SMPN 4 Kendari itu.

Baca juga: Perempuan Kanada Bukukan Rekor Dunia Plank 4 Jam 20 Menit

Setahun lalu, Shinta mulai belajar menyelam. Beberapa lokasi menyelam di kawasan Sulawesi Tenggara yang sering dijajalnya antara lain Pulau Bokori, Wakatobi, dan Pulau Hari.

Salah satu pengalaman yang diingatnya ketika menyelam adalah melihat ikan hiu berukuran cukup besar melintas dalam jarak beberapa meter di depannya.

Meski begitu, Shinta mengaku tidak merasa takut karena sang ayah selalu mengingatkannya untuk tidak panik di bawah air.

"Kalau di darat mungkin ngebayanginnya takut, tapi pas sudah di laut tetap santai sih," ujar putri ketiga dari tiga bersaudara itu.

Shinta, yang sudah mengantongi sertifikasi menyelam dari Scuba School International (SSI) itu, mengaku kelak ingin berpetualang ke titik-titik menyelam lainnya di tempat lain.

"Bali, misalnya, pokoknya pengen ke tempat-tempat yang spot menyelamnya bagus," ujarnya.

Baca juga: Rutinitas Latihan Pemegang Rekor Ultra Marathon Michael Wardian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Tag

Artikel Terkait

Kompas.com Play

Lihat Semua

Video Pilihan


Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi